أَهْلًا وَسَهْلًا MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM أُمِّيّ Peni Nopitasari,S.Pd.I Pendidikan Agama Islam: 22 JU;LI 2019 MATERI AJAR 1 MINGGU PAI KLS II

Senin, 22 Juli 2019

22 JU;LI 2019 MATERI AJAR 1 MINGGU PAI KLS II

MATERI AJAR

MATA PELAJARAN            : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KELAS/SEMESTER            : II/SATU
ALOKASI WAKTU               : PERTEMUAN KE 2
TAHUN PELAJARAN          :2019/2020
TANGGAL                            : 22 S/D 26 JULI 2019
GURU                                   : Peni Nopitasari,S.Pd.I
TEMA                                    : KETELADANAN NABI MUHAMMAD SAW

Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
v Sebelum memulai pelajaran, guru mengajak peserta didik untuk bernyanyi bersama yang ada pada buku siswa, guru juga bisa mengajak peserta didik menyanyikan lagu KEJUJURAN NABI MUHAMMAD SAW dan lagu lain yang sesuai dengan tema pelajaran.
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran

Apersepsi
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya. Mengetahui tujuan dari pembelajaran ini yaitu :
Peserta didik mampu:
  •  Berperilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari
  • Menyebutkan sikap jujur Nabi Muhammad saw dengan benar
  •  Menunjukkan sikap jujur dengan benar

Nabi Muhammad saw. teladan bagi seluruh umat manusia.
Nabi Muhammad saw. terkenal jujur
dalam setiap perkataan dan perbuatannya.
Dengan kejujurannya, beliau mendapat gelar al-Amīn.
Sejak kecil, Nabi Muhammad saw memiliki sifat jujur. Beliau dikenal sebagai pedagang yang jujur, juga sebagai pemimpin yang jujur.
Nabi Muhammad saw. menyuruh kita
selalu bersikap jujur.
Jujur kepada Allah, kepada diri sendiri,  kepada orang tua, guru, dan semua orang .


1)     Peserta didik mengamati gambar/ilustrasi berseri tentang sikap jujur di lingkungan sekolah di dalam buku teks dan guru memberikan petunjuk secara teknis proses observasi.
2)   Peserta didik diberi kesempatan untuk menanya tentang hal yang telah  diamatinya.  Apabila  peserta  didik  mengalami  kesulitan, guru memberikan bimbingan dan panduan (stimulus) agar mereka mencari tahu dengan cara menanya.
3)    Pertanyaan peserta didik yang diharapkan tidak saja apa atau siapa, tetapi mengapa dan bagaimana.
4)      Pertanyaan peserta didik diinventarisir guru.
5) Selanjutnya secara individu maupun berkelompok diadakan diskusi untuk menanggapi dan menjawab beberapa pertanyaan.
6)      Proses  mendapatkan  tanggapan  dan  jawaban  atau  pelaksanaan
diskusi difasilitasi oleh guru sehingga berjalan dengan sistematis.
7)      Peserta didik mengemukakan pendapat tentang gambar tersebut.
8)   Selanjutnya  guru  memberi  penjelasan  tentang  maksud  gambar: Siswa-siswa yang sedang bermain menemukan uang di halaman sekolah.  Penemuan  uang  tersebut  dilaporkan  kepada guru. Kemudian  guru  mengumumkan  siapakah  yang  merasa  telah kehilangan uang.
9)      Peserta  didik  menyimak  penjelasan  guru  tentang  kisah  singkat  keteladanan Nabi Muhammad saw terkait sikap jujur.
10)  Dari  hasil  menyimak  kisah  tersebut,  peserta  didik  diberikan kesempatan untuk bertanya baik secara individu maupun secara berkelompok.
11) Peserta didik membuat rumusan dengan mengaitkan keteladanan Nabi Muhammad saw., sikap/perilaku jujur dengan kehidupan nyata sehari-hari (kontekstual).
12) Menyampaikan  hasil  diskusi  baik  secara  individu  maupun perwakilan kelompok dan menyampaikan kesimpulan.
13)  Selanjutnya ulangi langkah nomor 3 s.d. nomor 9 (observasi dengan cara menyimak)
14)  Pada rubrik “Sikapku”, guru meminta peserta didik bersama-sama mengucapkan “aku selalu berkata dan berbuat jujur”
15)  Peserta didik bernyanyi baris per baris lagu tentang aku anak jujur, dibimbing oleh guru.
16)  Pada rubrik   “Ayo Kerjakan” Latihan ! (TES LISAN)
a) Peserta didik secara sendiri-sendiri/berpasangan dengan teman sebangku/kelompok  mengamati  dan  menceritakan  gambar tersebut
b)  Menentukan sikap yang harus dilaksanakan
17) Pada rubrik “Insya Allah Aku Bisa” guru membimbing peserta didik untuk memberikan tanda (√) pada rubrik ‘ya’ atau ‘tidak’. Rubrik ini bertujuan untuk memberi kesempatan kepada peserta didik menilai diri sendiri. Namun penilaian itu akan menjadi bahan pengecekan baik oleh guru atau orang tua (rubrik interaksi guru dan orangtua)


Kegiatan Penutup


Peserta didik :
  • Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru 
  • Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru :   
  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek Dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
  • Memberikan penghargaan sebuah nilai yang terbaik kepada menghafal dan hafal dengan baik
  •  Mengagendakan pekerjaan rumah
  • Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutny







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jum'at Materi Ajar Praktek Agama kelas 3

  Hari/Tanggal   :   Jum'at 22 November  2024 Tema                 :    Praktek Wudhu Kelas                 :    3 Tujuan Pembelajaran :...