MATERI
AJAR
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KELAS/SEMESTER : II/SATU
ALOKASI WAKTU : PERTEMUAN KE 2
TAHUN PELAJARAN :2019/2020
TANGGAL : 22 S/D 26 JULI 2019
GURU : Peni Nopitasari,S.Pd.I
TEMA : KETELADANAN NABI MUHAMMAD SAW
Kegiatan
Pendahuluan
Guru
:
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam
pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
v Sebelum memulai pelajaran, guru
mengajak peserta didik untuk bernyanyi bersama
yang ada pada buku siswa, guru juga bisa mengajak peserta didik menyanyikan lagu KEJUJURAN NABI MUHAMMAD SAW dan lagu lain yang sesuai
dengan tema pelajaran.
v Memeriksa kehadiran peserta didik
sebagai sikap disiplin fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran
Apersepsi
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran
yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya. Mengetahui tujuan dari pembelajaran ini yaitu :
Peserta
didik mampu:
- Berperilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari
- Menyebutkan sikap jujur Nabi Muhammad saw dengan benar
- Menunjukkan sikap jujur dengan benar
Nabi
Muhammad saw. teladan bagi seluruh umat manusia.
Nabi Muhammad saw. terkenal jujur
dalam setiap perkataan dan perbuatannya.
Dengan kejujurannya, beliau mendapat gelar
al-Amīn.
Sejak kecil, Nabi Muhammad saw memiliki sifat jujur. Beliau
dikenal sebagai pedagang yang jujur, juga sebagai pemimpin yang jujur.
Nabi Muhammad saw.
menyuruh kita
selalu
bersikap jujur.
Jujur kepada Allah, kepada diri sendiri, kepada orang tua, guru, dan semua orang .
1) Peserta
didik mengamati gambar/ilustrasi berseri tentang sikap jujur di lingkungan sekolah
di dalam buku teks dan guru memberikan petunjuk
secara teknis proses observasi.
2) Peserta didik diberi
kesempatan untuk menanya tentang hal yang telah diamatinya.
Apabila peserta didik
mengalami kesulitan, guru memberikan bimbingan dan panduan (stimulus)
agar mereka mencari tahu dengan cara
menanya.
3) Pertanyaan peserta
didik yang diharapkan tidak saja apa atau siapa, tetapi mengapa dan bagaimana.
4) Pertanyaan
peserta didik diinventarisir guru.
5) Selanjutnya
secara individu maupun berkelompok diadakan diskusi untuk
menanggapi dan menjawab beberapa pertanyaan.
6) Proses mendapatkan
tanggapan dan jawaban
atau pelaksanaan
diskusi difasilitasi oleh guru sehingga berjalan dengan sistematis.
diskusi difasilitasi oleh guru sehingga berjalan dengan sistematis.
7)
Peserta didik mengemukakan pendapat tentang
gambar tersebut.
8) Selanjutnya
guru memberi penjelasan
tentang maksud gambar: Siswa-siswa
yang sedang bermain menemukan uang di halaman sekolah. Penemuan
uang tersebut dilaporkan
kepada guru.
Kemudian guru mengumumkan
siapakah yang merasa
telah kehilangan uang.
9)
Peserta didik menyimak
penjelasan guru tentang
kisah singkat keteladanan Nabi Muhammad saw terkait
sikap jujur.
10) Dari hasil
menyimak kisah tersebut,
peserta didik diberikan kesempatan untuk bertanya baik
secara individu maupun secara berkelompok.
11) Peserta
didik membuat rumusan dengan mengaitkan keteladanan Nabi
Muhammad saw., sikap/perilaku
jujur dengan kehidupan nyata sehari-hari (kontekstual).
12) Menyampaikan hasil
diskusi baik secara
individu maupun perwakilan
kelompok dan menyampaikan kesimpulan.
13) Selanjutnya
ulangi langkah nomor 3 s.d. nomor 9 (observasi dengan cara menyimak)
14) Pada
rubrik “Sikapku”, guru meminta peserta didik bersama-sama mengucapkan
“aku selalu berkata dan berbuat jujur”
15) Peserta didik bernyanyi baris per baris lagu
tentang aku anak jujur, dibimbing oleh guru.
16) Pada
rubrik “Ayo Kerjakan” Latihan ! (TES LISAN)
a) Peserta didik secara
sendiri-sendiri/berpasangan dengan teman sebangku/kelompok mengamati
dan menceritakan gambar tersebut
b)
Menentukan sikap yang harus dilaksanakan
17) Pada rubrik “Insya Allah Aku Bisa” guru
membimbing peserta didik untuk memberikan tanda (√) pada rubrik ‘ya’ atau
‘tidak’. Rubrik ini bertujuan untuk memberi kesempatan kepada peserta didik
menilai diri sendiri. Namun penilaian itu akan menjadi
bahan pengecekan baik oleh
guru atau orang tua (rubrik interaksi guru dan orangtua)
Kegiatan
Penutup
Peserta didik :
- Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru
- Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan projek Dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan sebuah nilai yang terbaik kepada menghafal dan hafal dengan baik
- Mengagendakan pekerjaan rumah
- Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutny
Tidak ada komentar:
Posting Komentar