أَهْلًا وَسَهْلًا MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM أُمِّيّ Peni Nopitasari,S.Pd.I Pendidikan Agama Islam: 22 JULI 2019 MATERI AJAR PAI 1 MINGGU KLS V

Senin, 22 Juli 2019

22 JULI 2019 MATERI AJAR PAI 1 MINGGU KLS V


MATERI AJAR

MATA PELAJARAN          : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KELAS/SEMESTER          : V/SATU
TAHUN PELAJARAN       : 2019/2020
TANGGAL                          : (22-26 JULI 2019)
ALOKASI WAKTU           : PERTEMUAN KE 2
GURU                                  : Peni Nopitasari,S.Pd.I
TEMA                               : AYO BELAJAR Q.S AT-TIN


Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
v  Sebelum memulai pelajaran, guru mengajak peserta didik untuk bernyanyi bersama yang ada pada buku siswa, guru juga bisa mengajak peserta didik menyanyikan lagu lain yang sesuai dengan tema pelajaran.
v  Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.

Apersepsi
v  Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,
-          Membaca Surah at-Tin
-          Menghafal Surah at-Tin
v  Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v  Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v  Apabila materi/tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
-          Menulis Surah at-Tin
-          Menghafal Surah At-Tin
v  Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung dengan          TUJUAN PEMBELAJARAN  Peserta didik diharapkan dapat :
·      Membaca Q.S.at-Tin dan dengan tartil.
·      Menulis kalimat-kalimat dalam Q.S.at-Tin 
·      Menunjukkan hafalan Q.S.at-Tin 
·      Mengetahui makna Q.S.at-Tin dan dengan benar
·      Mencontohkan perilaku saling mengingatkan dalam hal kebajikan sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.at-Tin dan Memiliki sikap saling mengingatkan dalam kebajikan sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.at-Tin.

Pemberian Acuan
v  Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
v  Pembagian kelompok belajar
vMenjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
 Aktivitas
-          Menulis Surah at-Tin
Perhatikan contoh berikut!
Contoh kalimat basmalah dan kata wattini pada surah at-Tin.
SALINLAH DENGAN INDAH !



Cermati Ibu Gurumu PRAKTEK MEMBACA KEDEPAN KELAS !
Bacalah berulang-ulang  sampai lancar!
Bacalah surah  at-Tin dengan tartil!

Cara mudah menghafal,
Mulailah dari ayat pertama, bacalah berulang-ulang sampai hafal. Lanjutkan ayat kedua dengan cara yang sama sampai hafal kemudian ayat ketiga dengan cara yang sama sampai hafal.
Untuk memantapkan hafalan tiga ayat tersebut ulangilah seraya meminta kepada ayah atau ibu untuk menyimak hafalanmu ayat satu,dua,dan tiga sampai mahir. Begitu juga ayat ke tiga Lanjutkan ayat keempat dengan cara yang sama sampai hafal kemudian ayat kelima dengan cara yang sama sampai hafal. Dan juga ayat ke enam Lanjutkan ayat ketujuh dengan cara yang sama sampai hafal kemudian ayat delapan dengan cara yang sama sampai hafal.Untuk memantapkan hafalan ayat tersebut ulangilah seraya meminta kepada ayah atau ibu untuk menyimak hafalanmu ayat satu,dua,dan tiga, empat lima enam sampai tujuh dan delapan sampai mahir. Bersabarlah mengulangi kembali sampai ayat terakhir harus bagus dan mantap baik hafalan maupun panjang pendeknya. Dengan demikian, sudah siap untuk di uji di depan bapak atau ibu guru maupun teman-teman

Kegiatan Penutup
Peserta didik :
·      Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
·       Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru :
·  Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
·      Memberikan penghargaan sebuah nilai yang terbaik kepada menghafal dan hafal dengan baik
·      Mengagendakan pekerjaan rumah.
·        Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jum'at Materi Ajar Praktek Agama kelas 3

  Hari/Tanggal   :   Jum'at 22 November  2024 Tema                 :    Praktek Wudhu Kelas                 :    3 Tujuan Pembelajaran :...