MATERI
AJAR
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KELAS/SEMESTER : V/SATU
TAHUN PELAJARAN : 2019/2020
TANGGAL : (22-26
JULI 2019)
ALOKASI WAKTU : PERTEMUAN KE 2
GURU : Peni Nopitasari,S.Pd.I
Kegiatan
Pendahuluan
Guru
:
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam
pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
v Sebelum memulai pelajaran, guru
mengajak peserta didik untuk bernyanyi bersama
yang ada pada buku siswa, guru juga bisa mengajak peserta didik menyanyikan lagu lain yang sesuai
dengan tema pelajaran.
v Memeriksa kehadiran peserta didik
sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis
peserta didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran.
Apersepsi
v
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran
yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,
-
Membaca
Surah at-Tin
-
Menghafal
Surah at-Tin
v Mengingatkan kembali materi
prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada
keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan gambaran tentang
manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai
dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
-
Menulis
Surah at-Tin
-
Menghafal
Surah At-Tin
v Menyampaikan tujuan pembelajaran
pada pertemuan yang berlangsung dengan TUJUAN PEMBELAJARAN Peserta didik
diharapkan dapat :
· Membaca
Q.S.at-Tin dan dengan tartil.
· Menulis
kalimat-kalimat dalam Q.S.at-Tin
· Menunjukkan
hafalan Q.S.at-Tin
· Mengetahui
makna Q.S.at-Tin dan dengan benar
· Mencontohkan
perilaku saling mengingatkan dalam hal kebajikan sebagai implementasi dari
pemahaman Q.S.at-Tin dan Memiliki sikap saling mengingatkan dalam kebajikan
sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.at-Tin.
Pemberian
Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
v Memberitahukan tentang kompetensi
inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
v Pembagian kelompok belajar
vMenjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
Aktivitas
-
Menulis
Surah at-Tin
Perhatikan
contoh berikut!
Contoh kalimat basmalah dan kata wattini pada surah
at-Tin.SALINLAH DENGAN INDAH !
Cermati Ibu Gurumu PRAKTEK MEMBACA KEDEPAN KELAS !
Bacalah berulang-ulang sampai lancar!
Bacalah surah at-Tin dengan tartil!
Cara mudah menghafal,
Mulailah
dari ayat pertama, bacalah berulang-ulang sampai hafal. Lanjutkan ayat kedua
dengan cara yang sama sampai hafal kemudian ayat ketiga dengan cara yang sama
sampai hafal.
Untuk memantapkan hafalan tiga ayat tersebut
ulangilah seraya meminta kepada ayah atau ibu untuk menyimak hafalanmu ayat
satu,dua,dan tiga sampai mahir. Begitu juga ayat ke tiga Lanjutkan ayat keempat dengan cara yang sama sampai hafal kemudian ayat kelima dengan cara yang sama sampai hafal. Dan juga ayat ke enam Lanjutkan ayat ketujuh dengan cara yang sama sampai hafal kemudian ayat delapan dengan cara yang sama sampai hafal.Untuk memantapkan hafalan ayat tersebut ulangilah seraya meminta kepada ayah atau ibu untuk menyimak hafalanmu ayat satu,dua,dan tiga, empat lima enam sampai tujuh dan delapan sampai mahir. Bersabarlah mengulangi kembali sampai ayat
terakhir harus bagus dan mantap baik hafalan maupun panjang pendeknya. Dengan
demikian, sudah siap untuk di uji di depan bapak atau ibu guru maupun
teman-teman
Kegiatan
Penutup
Peserta didik :
· Membuat
rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
·
Melakukan
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru :
· Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar
diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,
untuk penilaian projek.
·
Memberikan
penghargaan sebuah nilai yang terbaik kepada menghafal
dan hafal dengan baik
·
Mengagendakan
pekerjaan rumah.
· Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar