أَهْلًا وَسَهْلًا MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM أُمِّيّ Peni Nopitasari,S.Pd.I Pendidikan Agama Islam: MATERI AJAR PAI KLS V TGL 29 AGUSTUS SD 2 AGUSTUS 2019

Senin, 29 Juli 2019

MATERI AJAR PAI KLS V TGL 29 AGUSTUS SD 2 AGUSTUS 2019

MATERI AJAR

MATA PELAJARAN          : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KELAS/SEMESTER           : V/SATU
TAHUN PELAJARAN        : 2019/2020
TANGGAL                            : (29 JULI sd2 Agustus-2019)
ALOKASI WAKTU             : PERTEMUAN KE 3
GURU                                    : Peni Nopitasari,S.Pd.I
TEMA                                    : AYO BELAJAR Q.S AT-TIN


Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
Ø  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
Ø  Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
Ø  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
Ø  Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,
·         Membaca Surah at-Tin
·         Menghafal Surah at-Tin
Ø  Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
Ø  Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
Ø  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
Ø  Apabila materi/tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
·         Menulis Surah at-Tin
·         Menghafal Surah At-Tin
Ø  Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung dengan TUJUAN PEMBELAJARAN  Peserta didik diharapkan dapat :
·         Membaca Q.S.at-Tin dan dengan tartil.
·         Menulis kalimat-kalimat dalam Q.S.at-Tin 
·         Menunjukkan hafalan Q.S.at-Tin 
·         Mengetahui makna Q.S.at-Tin dan dengan benar
·         Mencontohkan perilaku saling mengingatkan dalam hal kebajikan sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.at-Tin dan Memiliki sikap saling mengingatkan dalam kebajikan sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.at-Tin.
Pemberian Acuan
Ø  Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
Ø  Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
Ø  Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
v  Mengamati
Peserta didik diminta untuk mengamati lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
Kandungan Surah at-Tin
Gambar 1.4 Gunung Sinai, tempat Nabi Musa a.s. pertama kali menerima wahyu


Kandungan Surah at-Tin
-        Ayat Pertama : Buah tin dan zaitun merupakan kinayah (ungkapan) tentang Damaskus (tempat diutusnya Nabi Nuh as) dan Baitul Maqdis (tempat diutusnya Nabi Isa as). Tin adalah buah yang enak dan lembut juga serta cepat di cerna. Zaitun adalah buah yang banyak keistimewaan karena kandungan minyaknya yang berlimpah sehingga dapat dipergunakan didaerah yang kurang memiliki minyak.
-        Ayat Kedua : Bukit Sinai yaitu sebuah gunung (bukit) tempat Allah berbicara langsung kepada Nabi Musa as.
-        Ayat Ketiga : Yang dimaksud dengan negeri yang aman adalah Kota Mekkah. Allah bersumpah dengan tiga tempat tersebut sebagai isyarat perintah untuk mengetahui dan mempercayai turunnya wahyu Allah kepada para Ulul ‘Azmi dari kalangan Rasul
-        Ayat Keempat  : Manusia diciptakan sebagai makhluk yang paling baik diantara makhluk lainnya, baik secara jasmaniah maupun rohaniah. Ia dapat berdiri tegak, berbicara, berilmu, mengatur lagi bijak. Hal itu disebabkan manusia dibekali dengan akal pikiran dan hati yang dapat berfungsi dengan baik. Sehingga memungkinkan bagi manusia untuk menjadi khalifah di muka bumi ini.
-        Ayat Kelima : Manusia akan berubah menjadi makhluk yang hina dan rendah derajatnya di hadapan Allah apabila ia tidak bersyukur, selalu bermaksiat, dan tidak mentaati perintah Allah SWT. Tempat kembalinya adalah neraka yang menyengsarakan.
-          Keenam : Manusia yang akan selamat dari kehinaan adalah orang yang beriman dengan sungguh-sungguh dan membuktikannya dengan ibadah dan amal shaleh. Mereka akan mendapatkanpahala yang tidak ada putus-putusnya, yaitu balasan surga dengan segala kenikmatannya dan kekal di dalamnya.

-          Ayat Ketujuh : Melalui Rasulullah sebagai pembawa risalah dan uswatun hasanah, kita menjadi tahu tentang ajaran Islam. Kita tidak boleh mendustakan ajaran yang dibawa oleh beliau, karena mendustakan ajarannya berarti sama saja mendustakan Allah dan balasannya adalah neraka.
-          Ayat Kedelapan : Allah adalah hakim yang paling adil, manusia akan mendapatkan balasan sesuai dengan apa yang telah diusahakannya salama hidup di dunia. Jika baik amalnya maka akan dibalas dengan kebaikan pula yaitu surga dan ridho-Nya, dan jika buruk amalnya maka akan mendapat balasan yang buruk pula yaitu neraka dan murka-Nya
Tugas Tertulis
  1. Saat Allah Swt berbicara langsung dengan Nabi Musa a.s yaitu…..
  2. Dikisahkan dalam Q.S At-Tin Mekah adalah negeri yang…..
  3. Manusia di ciptakan Allah Swt, dalam bentuk yang sebaik-baiknya karena itu manusia di perintahkan untuk ……
  4.  Dari ke 114 surah dalam Al-Qur’an Q.S At-Tin berada di urutan ke ….
  5. Lafal Q.S At-Tin ayat ke 6 adalah….
  6.   Kita harus selalu berbuat kebaikan agar selamat ….dan…..
  7. Kepada siapa surat At-Tin di wahyukan oleh Allah Swt…
  8.    Dalam Q.S At-Tin ada 4 hal yang di sebutkan sebagai dasar firman Allah Swt yaitu…
  9. Hakim yang seadil-adil nya. Jelaskan maksud kalimat tersebut …
  10. Apa balasan orang-orang yang mendustakan hari pembalasan….

Kegiatan Penutup
Peserta didik :
·      Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
·      Menyalin Q.S At-Tin dengan tulisan arab yang rapih
·      Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru :
·      Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
·      Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
· Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
·      Mengagendakan pekerjaan rumah.
·      Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jum'at Materi Ajar Praktek Agama kelas 3

  Hari/Tanggal   :   Jum'at 22 November  2024 Tema                 :    Praktek Wudhu Kelas                 :    3 Tujuan Pembelajaran :...