أَهْلًا وَسَهْلًا MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM أُمِّيّ Peni Nopitasari,S.Pd.I Pendidikan Agama Islam: SENIN 4 NOVEMBER MATERI AJAR KELAS 2D

Senin, 04 November 2019

SENIN 4 NOVEMBER MATERI AJAR KELAS 2D

MATERI AJAR

MATA PELAJARAN          : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KELAS/SEMESTER           : II/SATU
ALOKASI WAKTU            : PERTEMUAN KE 3
TAHUN PELAJARAN        : 2019/2020
TANGGAL                            : 4 NOVEMBER 2019
GURU                                    : Peni Nopitasari,S.Pd.I
TEMA                                    : PERILAKU TERPUJI 
                                                    ULANGAN HARIAN KE 1

Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
1) Pembelajaran dimulai dengan guru mengucapkan salam dan berdoabersama.
2) Memeriksa kehadiran, kerapihan berpakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
3) Menyapa peserta didik dengan ramah.
4) Menyampaikan tujuan pembelajaran
Apersepsi
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya. 

Tujuan Pembelajaran       
     Melalui tanya jawab, diskusi dan bermain peran, peserta didik mampu:  
1.      Menyebutkan arti tolong menolong dengan tepat
2.      Menyebutkan sikap manusia bila ada orang yang mengalami kesulitan dengan tepat
3.      Menjelaskan dua contoh tolong menolong dengan benar
4.      Menunjukkan dua contoh sikap tolong menolong dengan tepat
5.      Memperagakan satu contoh sikap tolong menolong dengan benar
Materi Pembelajaran
     Menolong artinya membantu orang lain yang berada dalam kesulitan. Jika kita melihat orang lain dalam kesulitan atau kesusahan kita siap menolongnya. Jika ada orang minta tolong, kita juga harus menolongnya. Memberikan bantuan dan pertolongan adalah perbuatan yang mulia. Kita harus memiliki sikap tolong menolong dalam kebaikan dan takwa.
Metode Pembelajaran
Tanya Jawab, Diskusi, Bermain Peran
 Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.      Media:
   Multimedia Interaktif dan gambar
2.      Alat:
  Laptop, LCD, Layar, Kertas
3.      Sumber Belajar
   Buku PAI dan Budi Pekerti Kls II SD/MI, Penulis: Achmad Hasim dan  M. Kholid Fathoni, Kemdikbud, Jakarta, 2016.
Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan
1.      Pembelajaran dimulai dengan guru mengucapkan salam dan berdoa bersama.
2.      Guru memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi dan tempat duduk anak disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
3.      Guru menyapa peserta didik dengan memperkenalkan diri kepada peserta didik.
4.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
5.      Beberapa alternatif media/alat peraga/alat bantu bisa berupa ilustrasi gambar atau tayangan visual (film) yang relevan dapat digunakan dalam proses pembelajaran. alternatif model/strategi/metode pembelajaran yang digunakan di antaranya (1) ceramah interaktif (menceritakan dan menjelaskan kisah melalui gambar atau tayangan visual/film yang bersifat kontekstual kekinian), (2) diskusi dalam bentuk the educational-diagnosis meeting artinya peserta didik berbincang mengenai pelajaran di kelas dengan maksud saling mengoreksi pemahaman mereka atas pelajaran/materi yang diterimanya agar masing-masing memperoleh pemahaman yang benar dan dilengkapi dengan lembar pengamatan dalam pelaksanaan diskusi.
Kegiatan Inti
1.      Peserta didik membentuk kelompok untuk mendiskusikan pengalaman yang berkaitan dengan pengalaman tolong menolong. Guru memberikan petunjuk secara teknis proses diskusi.
2.      Setiap peserta didik diberi kesempatan untuk mengutarakan, menanya, atau mengomentari hal yang sedang didiskusikan. Apabila mengalami kesulitan guru memberikan bimbingan dan panduan (stimulus) agar peserta didik mencari tahu dan dapat menyimpulkan.
3.      Pertanyaan peserta didik diharapkan tidak saja apa atau siapa, tetapi mengapa dan bagaimana.
4.      Diskusi peserta didik mengarah kepada pemahaman terhadap nilai kebaikan yang terdapat di dalam topic diskusi.
5.      Proses mendapatkan tanggapan dan jawaban atau pelaksanaan diskusi difasilitasi oleh guru sehingga berjalan dengan baik.
6.      Salah satu peserta didik atau perwakilan kelompok diminta untuk menyimpullkan hasil diskusi pada masingmasing kelompok.
7.      Guru memberikan ulasan akhlak yang terkait dengan masing-masing topik diskusi.
8.      Peserta didik menyimak penjelasan guru, lalu diberikan kesempatan untuk bertanya baik secara individu maupun secara berkelompok.
9.      Pada rubrik “Kegiatanku” peserta didik dibuat menjadi beberapa kelompok dalam satu kelompok saling berpasangan, selanjutnya menyampaikan pengalaman berkaitan dengan sikap tolong menolong. Kelompok lain menyimak dan memberi tanggapan.
10.  Pada rubrik “Sikapku”, peserta didik menyatakan kesiapannya untuk menjadi manusia penolong.
11.  Pada rubrik “Ayo Kerjakan”, peserta didik diminta mengamati gambar yang tersedia untuk memberikan komentar dan pemahaman terkait dengan pentingnya ajaran tolong-menolong.
12.  Pada rubrik “Insya Allah Aku Bisa” guru membimbing peserta didik untuk memberikan tanda (√) pada rubrik ‘ya’atau ‘tidak’.
13.  Pada rubrik “Ayo Berlatih”, dua atau tiga anak disuruh memberikan contoh:
-       sikap peduli kepada orang lain yang tertimpa masalah, dan
sikap tahu apa yang harus dilakukan dalam rangka menolong teman itu.

LATIHAN SOAL

1.      Sebutkan 3 contoh sikap hormat kepada orang tua!
2.       Sebutkan 3 contoh sikap hormat kepada bapak ibu guru!
3.      Mengapa kita harus bersikap sopan dan santun kepada orang tua kita?
4.      Sebutkan 3 contoh sikap hormat kepada para tetangga!
5.      Berilah 3 contoh manfaat bersikap sopan dan santun kepada orang lain!
6.      Anak yang sopan maka bicaranya selalu dengan kata-kata yang ….
7.      Orang yang sopan kata-katanya selalu berusaha tidak  ………  hati orang lain.
8.      Berbicara yang kotor akan mendapatkan …
9.      Jika berkunjung ke rumah teman, pertama-tama kita harus mengucapkan.
10.   Jika ada tetangga kita yang sedang terkena musibah, maka sikap kita sebaiknya …
 

Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru 
  • Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru :   
·           Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek Dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
·           Memberikan penghargaan sebuah nilai yang terbaik kepada menghafal dan hafal dengan baik
·             Mengagendakan pekerjaan rumah
·            Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya

SEMOGA ANAK SHOLEH SHOLEHAH UMI KELAS IID BISA MENGERJAKAN ULANGAN HARIAN DENGAN BAIK ^__^
TETAP SELALU BELAJAR DAN JANGAN LUPA BERDOA YAA *__*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jum'at Materi Ajar Praktek Agama kelas 3

  Hari/Tanggal   :   Jum'at 22 November  2024 Tema                 :    Praktek Wudhu Kelas                 :    3 Tujuan Pembelajaran :...