MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KELAS/SEMESTER : V/SATU
TAHUN PELAJARAN : 2019/2020
TANGGAL : 5 NOVEMBER 2019
ALOKASI WAKTU
: PERTEMUAN KE 3
GURU
: Peni Nopitasari,S.Pd.I
TEMA
: PRILAKU ANAK SHOLIH
(SIKAP MENGHARGAI)
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran mengamati, nanya, mengeksplorasi, menganalisis dan mengkomunikasikan
peserta didik diharapkan dapat
No
|
Kompetensi Inti
|
1
|
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
|
2
|
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya
|
3
|
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
4
|
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam
sudut pandang/teori
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong-royong
Integritas
Materi Pembelajaran
1.
Fakta:
ª Menghargai
pendirian orang lain
ª Menghargai
keyakinan orang lain
ª Menghargai
pendapat orang lain
2.
Konsep
ª Allah
Swt. Menciptakan manusia itu berbagai macam bentuik dan warna
ª Demikian
pula kehidupan manusia, ada kaya dan ada miskin
3.
Prinsip
ª Mempraktikkan sikap saling menghargai
sesama manusia
4.
Prosedur
ª Mengetahui makna saling menghargai sesama manusia
Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan : Scientific
Learning
2.
Model Pembelajaran : Discovery
Learning (Pembelajaran Penemuan)
Media
Pembelajaran
1.
Media LCD projector,
2.
Laptop,
3.
Bahan Tayang
Sumber
Belajar
1.
Buku Mata Pelajaran Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 5 Kurikulum 2013
2.
Modul/bahan ajar,
3.
Internet,
4.
Sumber lain yang relevan
Kegiatan
Pendahuluan
Guru
:
Orientasi
v
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan
berdoa untuk memulai pembelajaran
v
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap
disiplin
v
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan
sebelumnya,
o
Indahnya
Saling Menghargai
v
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan
bertanya.
v
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan
pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari
pelajaran yang akan dipelajari.
v
Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai
dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
o
Indahnya
Saling Menghargai
v
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan
yang berlangsung
v
Mengajukan pertanyaan.
Pemberian
Acuan
v
Memberitahukan
materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v
Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi
dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang
berlangsung
v
Pembagian kelompok belajar v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran
Mengamati
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
o
Indahnya
Saling Menghargai
dengan cara :
v
Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan
gambar/foto/tabel berikut ini
o
Indahnya
Saling Menghargai
·
Gambar
3.9 Tujuh orang siswa sedang belajar kelompok
v
Mengamati
lembar
kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta
didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan:
v
Membaca (dilakukan di rumah sebelum
kegiatan pembelajaran berlangsung), materi dari buku paket atau buku-buku
penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
o
Indahnya
Saling Menghargai
v
Mendengar
pemberian
materi oleh guru yang berkaitan dengan
o
Indahnya
Saling Menghargai
v
Menyimak,
penjelasan
pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global tentang materi
pelajaran mengenai :
o
Indahnya
Saling Menghargai
untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari
informasi.
Mengumpulkan
informasi
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan
untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v
Mengamati
obyek/kejadian,
v
Membaca sumber lain
selain buku teks,
mengunjungi
laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel
tentang
o
Indahnya
Saling Menghargai
v
Mengumpulkan
informasi
Mengumpulkan
data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusimasalah terkait
materi pokok yaitu
o
Indahnya
Saling Menghargai
·
Menghargai pendirian orang lain
§ Di dalam agama Islam terdapat
sedikit perbedaan dalam beribadah. Misalnya dalam ibadah salat subuh, ada yang
melakukan doa qunūt dan ada yang tidak melakukannya. Semua itu tergantung pada
pendirian masing-masing. Pendirian inilah yang harus kita hargai, karena semua
ada tuntunannya
·
Menghargai keyakinan orang lain
§ Di pagi hari Minggu mereka selalu
bermain bola dengan teman-temannya yang lain. aNamun pada suatu pagi Stevanus
menghampiri Ahmad dan minta maaf karena tidak dapat bermain bersamanya. Ayah
Stevanus mengajaknya pergi ke Gereja. Ahmad tidak mempersoalkannya, dan menghargai sikap Stevanus untuk pergi ke
Gereja bersama ayahnya.
·
Menghargai pendapat orang lain
§ Ahmad sebagai pimpinan diskusi
cukup bijaksana. Semua pendapat dihargai dan dihimpunnya secara tertulis.
Kemudian ia mengajak teman-teman sekelompoknya merangkum berbagai pendapat
tersebut.
v
Aktivitas
o
Indahnya
Saling Menghargai
v
Mempraktikan
v
Mendiskusikan
v
Saling tukar informasi
tentang :
o
Indahnya
Saling Menghargai
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari
kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat
dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode
ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja
yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan,
menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan
mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan
kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Mengkomunikasikan
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v
Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan
berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis,
mengungkapkan pendapat dengan sopan
v
Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara
klasikal tentang :
o
Indahnya
Saling Menghargai
v
Mengemukakan
pendapat atas presentasi yang
dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v
Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta
didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v
Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang
baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
o
Indahnya
Saling Menghargai
v
Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v
Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru
melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada
buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara
individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
Mengasosiasikan
Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan
koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang:
v
Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari
hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan
kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v
Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
o
Indahnya
Saling Menghargai
v
Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada
pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang
memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras,
kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif
dalam membuktikan :
Indahnya
Saling MenghargaiLATIHAN SOAL
1.
Apakah yang dimaksud dengan sikap
Jujur ?
2.
Berikan 3 contoh sikap jujur yang kamu
ketahui!
3.
Jelaskan pendapat kamu tentang,
Bagaimana bersikap amanah itu?
4.
Bagaimana contoh perilaku hormat dan
patuh kepada orangtua?
5.
Tuliskan doa untuk kedua orang tua
mu beserta
arti ?
6.
Tuliskan penjelasan dari Q.S
Al-Lukman :14 ?
7.
Berikan 3 contoh cara menghormati guru di
sekolah!
8.
Berikan 2contoh perilaku santun di
keluargamu?
9.
Berikan contoh cara santun kepada
teman!
10.
Temanmu tidak menghargaimu. Bagaimana
sikapmu kepadanya?
1.
Teknik Penilaian
a.
Penilaian
Kompetensi Pengetahuan
1)
Tes Tertulis
a)
Pilihan ganda
b)
Uraian/esai
2)
Tes Lisan
b.
Penilaian Kompetensi
Keterampilan
1)
Proyek, pengamatan, wawancara’
ª Mempelajari buku teks dan sumber
lain tentang materi pokok
ª Menyimak tayangan/demo tentang
materi pokok
ª Menyelesaikan tugas yang
berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2)
Portofolio / unjuk kerja
ª Laporan tertulis individu/
kelompok
3)
Produk,
2.
Instrumen Penilaian
a.
Pertemuan Pertama (Terlampir)
3.
Pembelajaran Remedial
dan Pengayaan
a.
Remedial
v Remedial
dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada
peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian :
remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai
Kompetensi Dasar
v Guru
memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria
Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum
mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.
ª Peserta didik yang belum
menguasai materi akan dijelaskan kembali oleh guru materi Guru akan melakukan
penilaian kembali dengan soal yang sejenis. Remedial dilaksanakan pada waktu
dan hari tertentu yang disesuaikan contoh: pada saat jam belajar, apabila masih
ada waktu, atau di luar jam pelajaran (30 menit setelah jam pelajaran selesai).
b.
Pengayaan
v Pengayaan
diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran
yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau
mencapai Kompetensi Dasar.
v Pengayaan
dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta
didik.
v Direncanakan
berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih
luas misalnya
ª Peserta didik yang sudah
menguasai materi mengerjakan soal pengayaan yang telah disiapkan
oleh guru berupa
pertanyaan-pertanyaan pilihan
ganda dalam buku panduan guru. Guru mencatat dan memberikan tambahan nilai bagi
peserta didik yang berhasil dalam pengayaan.
Kegiatan Penutup
Peserta
didik :
- Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
- Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru
:
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
- Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar