أَهْلًا وَسَهْلًا MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM أُمِّيّ Peni Nopitasari,S.Pd.I Pendidikan Agama Islam: SENIN, 23 SEPTEMBER 2019 MATERI AJAR KELAS V B,VC

Senin, 23 September 2019

SENIN, 23 SEPTEMBER 2019 MATERI AJAR KELAS V B,VC


MATERI AJAR

MATA PELAJARAN          : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KELAS/SEMESTER           : V/SATU
TAHUN PELAJARAN        : 2019/2020
TANGGAL                            : 23 September 2019
ALOKASI WAKTU             : PERTEMUAN KE 2
GURU                                    : Peni Nopitasari,S.Pd.I
TEMA                                    : Mengenal Kitab Suci Melalui Rosul-Nya


 Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran

v  Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v  Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,
-          Perintah Beriman Kepada Kitab-kitab Allah Swt.
v  Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v  Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v  Apabila materi/tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik,Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran   mengamati, menanya, mengeksplorasi, menganalisis dan mengkomunikasikan peserta didik diharapkan dapat:
·         Mencermati nama-nama Kitab Allah dan para rasul
·         Memahami makna adanya kitab-kitab suci melalui rasul-rasul-Nya
·         Memahami makna diturunkannya kitab-kitab suci melalui rasul-rasul-Nya sebagai implementasi rukun iman
·         Memahami makna implementasi rukun iman
·          
Karakter siswa yang diharapkan :             Religius
                                                                         Nasionalis
                                                                        Mandiri
                                                                        Gotong-royong
                                                                        Integritas
Pemberian Acuan
v  Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu
AKTIVITAS

MENGULANG MATERI PADA TIAP SUB BAB,

MEMBAHAS SOAL2 KISI YANG KEMUNGKINAN KELUAR PADA UTS.

A.     Materi Pembelajaran
1.      Fakta:
ª  Kitab Taurat diturunkan kepada Nabi Musa a.s.
ª  Kitab Zabur diturunkan kepada Nabi Dāwūd a.s.
ª  Kitab Injil diturunkan kepada Nabi isā a.s.
ª  Kitab al-Qur’ān mulai diturunkan kepada Nabi Muhammad saw
ª  Al-Qur’ān terdiri dari 114 surah, terbagi dalam 30 juz dan 6666 ayat. al-Qur’āndiwahyukan selama 22 tahun 2 bulan dan 22 hari.
2.      Konsep
ª  al-Qur’ān menyempurnakan seluruh hukum-hukum Allah Swt. yang terdapat dalam kitab-kitab yang diturunkan sebelumnya.
3.      Prinsip
ª  Ia diturunkan untuk seluruh umat manusia sebagai rahmat bagi semesta alam atau disebut juga Rahmatan lil‘Ālam³n.
4.      Prosedur
ª  Menjelaskan makna diturunkannya kitab-kitab suci melalui rasul-rasul-Nya sebagai implementasi rukun iman

Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
Mengamati
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
-          Nama-nama Kitab Allah Swt.
-          Kitab Allah Swt. Membawa  Ajaran Terpuji
dengan cara :
v  Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini
-          Nama-nama Kitab Allah Swt.
-          Kitab Allah Swt. Membawa  Ajaran Terpuji
·         Gambar 2.4 Gambar anak sedang melakukan ibadah salat




·         Gambar 2.5 Gambar sedang berdoa kepada Allah Swt. Dengan mengangkat tangan

·         Gambar 2.6 Gambar anak saling bersalaman sesama

·         Gambar 2.7 Gambar anak sedang menolong teman yang terjatuh dari sepeda

·         Gambar 2.8 Gambar anak sedang memberikan makanan kepada ayam di halaman rumah


·         Gambar 2.9 Gambar anak sedang merawat tanaman dalam pot di halaman rumah

·         Gambar 2.10 Gambar anak laki-laki sedang memotong kuku

·         Gambar 2.11 Gambar anak perempuan sedang berhias mau berangkat sekolah

v  Mengamati
Ajaran terpuji kepada Sang Pencipta Allah Swt. Perhatikan ilustrasi gambar berikut!
§  Gambar 2.4 Gambar anak sedang melakukan ibadah salat
§  Gambar 2.5 Gambar sedang berdoa kepada Allah Swt. Dengan mengangkat tangan
Ajaran terpuji kepada sesama manusia.  Perhatikan ilustrasi gambar berikut!
§  Gambar 2.6 Gambar anak saling bersalaman sesama
§  Gambar 2.7 Gambar anak sedang menolong teman yang terjatuh dari sepeda
Ajaran terpuji kepada hewan, dan tumbuhan. Perhatikan ilustrasi gambar berikut!
§  Gambar 2.8 Gambar anak sedang memberikan makanan kepada ayam di halaman rumah
§  Gambar 2.9 Gambar anak sedang merawat tanaman dalam pot di halaman rumah
Ajaran terpuji kepada diri sendiri. Perhatikan ilustrasi gambar berikut!
§  Gambar 2.10 Gambar anak laki-laki sedang memotong kuku
§  Gambar 2.11 Gambar anak perempuan sedang berhias mau berangkat sekolah

v  Mengamati
lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan:
v  Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung), materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
-          Perintah Beriman Kepada Kitab-kitab Allah Swt

-          Nama-nama Kitab Allah Swt.
1.      Kitab Taurat diturunkan kepada Nabi Musa a.s. kurang lebih pada abad 12 SM (sebelum masehi) di daerah Israil dan Mesir. Kitab Taurat menggunakan bahasa Ibrani
2.      Kitab Zabur diturunkan kepada Nabi Dāwūd a.s. Ketika beliau menduduki tahta sebagai raja Bani Israil pada abad 10 SM di tanah Kanaan
3.      Kitab Injil diturunkan kepada Nabi isā a.s. pada sekitar abad 1 Masehi di daerah Yerussalem. Dalam bahasa Yunani Injil berarti kabar selamat, pelajaran yang baru atau kabar gembira.
4.      Kitab al-Qur’an mulai diturunkan kepada Nabi Muhammad saw. pada abad 6 Masehi di Mekah. Peristiwa turunnya ayat al-Qur’ān atau  dikenal dengan Nuzulul Quran, terjadi pertama kali ketika Nabi Muhammad menyendiri di Gua Hira, Mekah. Turunnya al-Qur’ān menandai awal diangkatnya Muhammad saw. sebagai Rasulullah (utusan Allah). Usia beliau saat itu genap 40 tahun.
5.      Al-Qur’ān terdiri dari 114 surah, terbagi dalam 30 juz dan 6666 ayat. al-Qur’ān diwahyukan selama 22 tahun 2 bulan dan 22 hari.
6.      Al-Qur’ān menyempurnakan seluruh hukum-hukum Allah Swt. yang terdapat dalam kitab-kitab yang diturunkan sebelumnya. Ia diturunkan untuk seluruh umat manusia sebagai rahmat bagi semesta alam atau disebut juga Rahmatan lil‘Ālam³n.
7.      Kitab Allah Swt. Membawa  Ajaran Terpuji
8.      Kitab Allah Swt. adalah petunjuk dalam kehidupan. Petunjuk kepada  manusia untuk berperilaku. Misalnya berperilaku kepada Allah Swt., berperilaku kepada sesama manusia, berperilaku kepada hewan, tumbuhan, dan alam semesta. Bahkan berperilaku untuk diri sendiri, misalnya selalu bersih, makan-minum dengan teratur, dan tidak boleh menyiksa diri.
Menanya
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v  Mengajukan pertanyaan tentang :
-          Perintah Beriman Kepada Kitab-kitab Allah Swt.
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :
Jika tidak beriman kepada kitab-kitab itu, maka orang itu tergolong orang yang?
v  Mengumpulkan informasi
Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu
-          Perintah Beriman Kepada Kitab-kitab Allah Swt.
·         Allah Swt. menyuruh manusia beriman kepada kitab al-Qur’ān dan kepada kitab-kitab yang diturunkan kepada para rasul sebelumnya. Jika tidak beriman kepada kitab-kitab itu, maka orang itu tergolong orang yang sesat.

Mengkomunikasikan
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
-          Perintah Beriman Kepada Kitab-kitab Allah Swt.
v  Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v  Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
-          Perintah Beriman Kepada Kitab-kitab Allah Swt.
-          Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
-          Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
Mengasosiasikan
Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang:
v  Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v  Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
-          Perintah Beriman Kepada Kitab-kitab Allah Swt.
v  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
Perintah Beriman Kepada Kitab-kitab Allah Swt.
Menanya
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v  Mengajukan pertanyaan tentang :
-          Nama-nama Kitab Allah Swt.
-          Kitab Allah Swt. Membawa  Ajaran Terpuji
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :
Kitab apa yg diturunkan kepada Nabi Muhammad?

MENGERJAKAN SOAL0SOAL YANG BERKAITAN DENGAN SUB BAB !
BERILAH TANDA SILANG (X) PADA HURUF A, B, C ATAU D PADA JAWABAN YANG BENAR!

1. Iman kepada kitab-kitab suci yang Allah turunkan termasuk rukun iman urutan yang ....
a. Pertama  
b. Kedua   
c. Ketiga  
d. Keempat

2. Jumlah kitab suci yang wajib kita imani berjumlah ....
a. 1   
b. 2    
c. 3   
d. 4

3. Kitab suci diturunkan kepada manusia yang disampaikan melalui ....
a. Seorang Nabi  
b. Sebangsa Jin  
c. Sebangsa Setan  
d. Para wali

4. Kitab suci diturunkan kepada manusia untuk dijadikan sebagai ....
a. Pedoman hidup 
b. Hiburan   
c. Mukjizat  
d. Pelindung

5. Kitab suci yang pertama diturunkan kepada manusia adalah ....

a. Al-Qur’an  
b. Taurat   
c. Injil   
d. Suhuf

6. Kitab Injil diturunkan kepada Nabi ....
a. Musa AS  
b. Muhammad SAW  
c. Isa AS  
d. Sulaiman AS

7. Nabi Musa diberikan kitab suci yaitu ....
a. Taurat   
b. Suhuf   
c. Injil   
d. Al-Qur’an

8. Kitab Taurat diturunkan di daerah ....
a. Persia   
b. Mesir   
c. Saudi arabia 
d. Palestina

9. Kota tempat diturunkannya Al-Qur’an adalah ....
a. Yerussalem dan Mekah    
b. Damaskus dan Madinah    
c. Bagdad dan Persia
d. Mekah dan Madinah


10. Pokok ajaran kitab Zabur, berisi tentang ....
a. Zikir, nasihat dan hikmah    
b. Nasihat, perdagangan dan peperangan  
c. Zikir, cerita nabi dan perdagangan
d. Nikmat surga dan siksa neraka

11. Semua kitab suci yang Allah turunkan mengajarkan ....
a. Perintah Salat 
b. Syariat islam  
c. Keesaaan Allah  
d. Haji

12. Kitab suci yang diturunkan kepada Nabi Daud AS adalah ....
a. Injil   
b. Taurat   
c. Ibrani  
d. Zabur

13. Didalam kitab suci terdapat penjelasan hal-hal berikut ini, kecuali ....
a. Syariat   
b. Aqidah   
c. Gambar Allah 
d. Siksa neraka

14. Wahyu Allah yang disampaikan kepada para Rasul, tetapi tidak wajib disampaikan atau diajarkan kepada umat manusia berupa lembaran-lembaran dinamakan ....
a. Kitab ajaran 

b. Suhuf   
c. Mimbar  
d. Kitab kuning

15. Malam diturunkannya Al-Qur’an dinamakan malam ....
a. Khotmil Qur’an 
b. Asbabun Nuzul  
c. Nuzulul Qur’an 
d. Al-Qur’anul Karim

16. Al-Qur’an diturunkan pada tanggal ....
a. 1 Syawal  
b. 1 Ramadhan  
c. 17 Ramadhan 
d. 10 Muharom

17. Berikut ini nama Nabi yang mendapatkan kitab suci, kecuali ....
a. Nabi Nuh AS  
b. Nabi Musa AS  
c. Nabi Daud AS 
d. Nabi Isa AS

18. Malaikat yang ditugaskan oleh Allah untuk menyampaikan wahyu adalah ....
a. Israfil   
b. Izrail   
c. Munkar  
d. Jibril

19. Ayat-ayat Al-Qur’an pertama kali diturunkan di ....
a. Rumah Khadijah 
b. Gua Tsur  
c. Bukit Tursina 
d. Gua Hira

20. Suhuf yang diwahyukan kepada Nabi Ibrahim AS sebanyak ....
a. 20 Suhuf  
b. 10 Suhuf   
c. 15 Suhuf  
d. 17 Suhuf

21. Jumlah surah dalam Al-Qur’an adalah ....
a. 124 surah  
b. 114 surah   
c. 112 surah  
d. 144 surah

22. Nama lain Al-Qur’an adalah Al-Huda yang artinya adalah ....
a. Pembeda  
b. Penolong   
c. Petunjuk  
d. Cahaya

23. Kata Injil berasal dari bahasa Yunani, bahasa arabnya adalah Al-Bisyarah. Dalam bahasa indonesia mempunyai arti ....
a. Cerita Tuhan  
b. Kabar gembira

c. Keesaan Tuhan 
d. Nikmat surga

24. Surah dalam Al-Qur’an yang diturunkan di kota Madinah dinamakan surah ....
a. Makkiyyah  
b. Madini   
c. Madani  
d. Madaniyyah

25. Kitab suci yang sampai sekarang tidak mengalami perubahan isinya adalah ....
a. Al-Qur’an  
b. Injil    
c. Taurat  
d. Zabur

B. JAWABLAH PERTANYAAN-PERTANYAAN BERIKUT INI DENGAN BENAR!



1. Mempercayai adanya kitab suci hukumnya adalah ....

2. Kitab suci Al-Qur’an diturunkan kepada Nabi ....

3. Kitab suci Injil diturunkan di daerah ....

4. Nama lain Al-Qur’an adalah Al-Furqan yang mempunyai arti ....

5. Nabi Daud seorang rasul dan raja yang mendapatkan kitab suci untuk diajarkan bagi kaum ....
6. Kitab suci yang ajarannya paling lengkap adalah ....

7. Kitab suci Al-Qur’an diturunkan selama ....

8. Surah dalam Al-Qur’an yang diturunkan di kota Mekah dinamakan surah ....

9. Kitab suci yang diturunkan kepada Nabi Isa adalah ....

10. Kitab suci yang diturunkan terakhir kali adalah ....




Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
  • Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
  • Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
  • Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.
Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jum'at Materi Ajar Praktek Agama kelas 3

  Hari/Tanggal   :   Jum'at 22 November  2024 Tema                 :    Praktek Wudhu Kelas                 :    3 Tujuan Pembelajaran :...