MATERI AJAR
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KELAS/SEMESTER : II/SATU
ALOKASI WAKTU : PERTEMUAN KE 2
TAHUN PELAJARAN : 2019/2020
TANGGAL : 9 SEPTEBER 2019
GURU : Peni Nopitasari,S.Pd.I
TEMA : ALLAH MAHA PENCIPTA
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
1) Pembelajaran dimulai dengan guru mengucapkan salam dan berdoabersama.
2) Memeriksa kehadiran, kerapihan berpakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
3) Menyapa peserta didik dengan ramah.
4) Menyampaikan tujuan pembelajaran
Peserta didik mampu melakukan hal-hal
sebagai berikut:
a. Mendemonstrasikan pelafalan al-Khāliq dengan benar.
b. Menyebutkan arti al-Khāliq dengan benar.
Pertemuan ke 2
Proses melafalkan
dilakukan dengan langkah berikut ini.
1) Peserta
didik melafalkan secara
berulang-ulang kata al-Khāliq
berikut artinya. Yakinkan bahwa mereka sudah dapat menguasai pelafalan tersebut.
berikut artinya. Yakinkan bahwa mereka sudah dapat menguasai pelafalan tersebut.
2) Pada rubrik "Kegiatanku”
a)
Guru mengamati cara kerja
peserta didik menyelenggarakan belajar
kelompok. Guru mengarahkan jika diperlukan.
b) Biarkan individu memilih teman kelompok untuk
mengamati dan menyebutkan ciptaan
Allah. Guru merubahnya
jika komposisi tidak seimbang (misalnya anak pintar hanya ada di satu kelompok).
c)
Perhatikan cara peserta
didik mengelola diskusi
kelompok masing-masing, termasuk
menentukan waktu dan tempat untuk melakukan pengamatan di luar kelas.
d)
Masing-masing kelompok mencatat hasil pengamatannya.
e) Selanjutnya masuk ke ruangan kelas kembali,
dan menyampaikan hasil diskusinya di
depan kelas, sementara
kelompok lain menyimak dan
memberi tanggapan atas hasil diskusinya.
3) Pada rubrik
“Sikapku”, peserta didik mewajibkan diri bersyukur atas nikmat Allah yang
telah menciptakan hal yang banyak dimanfaatkan manusia. Dalam kerangka itu, manusia perlu
menentukan sikap apa yang harus dilakukan dalam rangka bersyukur.
4) Pada rubrik “Ayo Kerjakan” peserta didik
menentukan gambar yang berkaitan
dengan ciptaan Allah di langit dan di bumi (diisi dalam tabel yang sudah disediakan). Selanjutnya peserta didik menjelaskan secara singkat maksud dari gambar masing-masing.
5) Pada rubrik “Insya Allah Aku Bisa” guru
membimbing peserta didik untuk memberikan tanda (√) pada rubrik ‘ya’ atau
‘tidak’.
Pertemuan ke 2
Al-Khāliq artinya Allah
Mahapencipta.
Ciptaan Allah Swt. disebut makhluk.
Allah Swt. yang menciptakan alam semesta ini beserta isinya
Penilaian
Penilaian
Pertemuan
ke 2
Penilaian 1
Guru melakukan penilaian terhadap peserta
didik dalam kegiatan individu mengerjakan pada rubrik “Ayo Berlatih”, dengan
cara mencocokkan soal dan
jawaban dengan membuat garis penghubung
Kunci jawaban
1.
al-Khāliq
2. Makhluk
3. Tugas
manusia
4. Yang
mengatur makhluk
5.
Matahari dan bulan
|
Memelihara
lingkungan
Ciptaan
Allah di langit
Allah
Mahapencipta
Allah Swt.
Artinya
Ciptaan Allah
|
Penskoran: 2=betul. 1=salah
Nama siswa: ………………
No.
|
Aspek Pengukuran
|
Skor
|
1
|
Allah Maha Pencipta
|
1 – 2
|
2
|
Artinya Ciptaan Allah
|
1 - 2
|
3
|
Memelihara Lingkungan
|
1 – 2
|
4
|
Allah Swt.
|
1 – 2
|
5
|
Ciptaan Allah di Langit
|
1 – 2
|
Skor Maksimum
|
10
|
Nilai
siswa = (nilai perolehan : 10) x 10 atau 100
Nama siswa: …………………………………..
No.
|
Aspek Pengukuran
|
Skor
|
1
|
Bacaan:
(4=sangat aktif, 3=aktif, 2=cukup,
1=kurang)
|
1 - 4
|
2
|
Artinya:
(4=sangat
runtut, 3=runtut, 2=cukup, 1=kurang)
|
1 - 4
|
Skor Maksimum
|
12
|
Nilai siswa = (nilai perolehan : 8) x 10 atau 100
Penilaian untuk kegiatan diskusi kelompok
menggunakan pola penialaian sebagaimana dicontohkan pada rubrik no 6
(penilaian) pada Pelajaran 1.
MENGERJAKAN SOAL TENTANG SUB BAB INI :
Isilah titik-titik berikut ini!
1. Sebutkan 5 contoh ciptaan Allah SWT!
2. Sebutkan 5 asmaul husna dan artinya!
3. Bagaimana Allah menciptakan makhluk-Nya?
4. Apakah perbedaan makhluk dengan khaliq?
5. Bagaimana caranya agar kita selamat dunia dan akhirat?
III. Pasangkan bagian sebelah kiri dengan sebelah kanan
Al-Khaliq
|
Memelihara lingkungan
|
|
Makhluk
|
Ciptaan Allah SWT di langit
|
|
Tugas Manusia
|
Allah Maha Pencipta
|
|
Yang mengatur makhluk
|
Allah SWT
|
|
Matahari dan Bulan
|
Artinya ciptaan Allah
|
Kegiatan
Penutup
Peserta didik :
- Membuat kesimpulan dibantu dan
dibimbing guru
- Melakukan refleksi terhadap
kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru :
· Memeriksa pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan
projek Dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk
penilaian projek.
·
Memberikan penghargaan sebuah nilai
yang terbaik kepada menghafal dan hafal dengan baik
·
Mengagendakan pekerjaan rumah
·
Menyampaikan rencana pembelajaran pada
pertemuan berikutnya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar