أَهْلًا وَسَهْلًا MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM أُمِّيّ Peni Nopitasari,S.Pd.I Pendidikan Agama Islam: SENIN, 9 SEPTEMBER 2019 MATERI AJAR KELAS II D

Rabu, 04 September 2019

SENIN, 9 SEPTEMBER 2019 MATERI AJAR KELAS II D

MATERI AJAR

MATA PELAJARAN          : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KELAS/SEMESTER           : II/SATU
ALOKASI WAKTU             : PERTEMUAN KE 2
TAHUN PELAJARAN        : 2019/2020
TANGGAL                             : 9 SEPTEBER 2019
GURU                                    : Peni Nopitasari,S.Pd.I
TEMA                                     ALLAH MAHA PENCIPTA

Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
1) Pembelajaran dimulai dengan guru mengucapkan salam dan berdoabersama.
2) Memeriksa kehadiran, kerapihan berpakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
3) Menyapa peserta didik dengan ramah.
4) Menyampaikan tujuan pembelajaran
Peserta didik mampu melakukan hal-hal sebagai berikut:
a. Mendemonstrasikan pelafalan al-Khāliq dengan benar.
b. Menyebutkan arti al-Khāliq dengan benar.

Pertemuan ke 2
Proses melafalkan dilakukan dengan langkah berikut ini.
1) Peserta  didik  melafalkan  secara  berulang-ulang  kata  al-Khāliq
berikut artinya. Yakinkan bahwa mereka sudah dapat menguasai pelafalan tersebut.
2) Pada rubrik "Kegiatanku”
a)  Guru mengamati   cara kerja peserta didik menyelenggarakan belajar kelompok. Guru mengarahkan jika diperlukan.
b)  Biarkan individu memilih teman kelompok untuk mengamati dan  menyebutkan  ciptaan  Allah.  Guru  merubahnya  jika komposisi tidak seimbang (misalnya anak pintar hanya ada di satu kelompok).
c)  Perhatikan  cara  peserta  didik  mengelola  diskusi  kelompok masing-masing, termasuk menentukan waktu dan tempat untuk melakukan pengamatan di luar kelas.
d)  Masing-masing kelompok mencatat hasil pengamatannya.
e)  Selanjutnya masuk ke ruangan kelas kembali, dan menyampaikan hasil  diskusinya  di  depan  kelas,  sementara  kelompok  lain menyimak dan memberi tanggapan atas hasil diskusinya.
3) Pada rubrik “Sikapku”, peserta didik mewajibkan diri bersyukur atas nikmat Allah yang telah menciptakan hal yang banyak dimanfaatkan manusia. Dalam kerangka itu, manusia perlu menentukan sikap apa yang harus dilakukan dalam rangka bersyukur.
4) Pada rubrik “Ayo Kerjakan” peserta didik menentukan gambar yang berkaitan dengan ciptaan Allah di langit dan di bumi (diisi dalam tabel yang sudah disediakan). Selanjutnya peserta didik menjelaskan secara singkat maksud dari gambar masing-masing.
5) Pada rubrik “Insya Allah Aku Bisa” guru membimbing peserta didik untuk memberikan tanda (√) pada rubrik ‘ya’ atau ‘tidak’.

Pertemuan ke 2
Al-Khāliq artinya Allah Mahapencipta.
Ciptaan Allah Swt. disebut makhluk. 
Allah Swt. yang menciptakan alam semesta ini beserta isinya






 Penilaian

Penilaian
Pertemuan ke 2
Penilaian 1
Guru melakukan penilaian terhadap peserta didik dalam kegiatan individu mengerjakan pada rubrik “Ayo Berlatih”, dengan cara mencocokkan soal dan jawaban dengan membuat garis penghubung

Kunci jawaban
1. al-Khāliq
2. Makhluk
3. Tugas manusia
4. Yang mengatur makhluk
5. Matahari dan bulan

Memelihara lingkungan
Ciptaan Allah di langit
Allah Mahapencipta
Allah Swt.
Artinya Ciptaan Allah

Penskoran: 2=betul. 1=salah

Nama siswa: ………………
No.
Aspek Pengukuran
Skor
1
Allah Maha Pencipta
1 – 2
2
Artinya Ciptaan Allah
1 - 2
3
Memelihara Lingkungan
1 – 2
4
Allah Swt.
1 – 2
5
Ciptaan Allah di Langit
1 – 2
Skor Maksimum
10

Nilai siswa = (nilai perolehan : 10) x 10 atau 100

Nama siswa: …………………………………..

No.
Aspek Pengukuran
Skor
1
Bacaan:
(4=sangat aktif, 3=aktif, 2=cukup, 1=kurang)
1 - 4
2
Artinya:
(4=sangat runtut, 3=runtut, 2=cukup, 1=kurang)
1 - 4
Skor Maksimum
12
Nilai siswa = (nilai perolehan : 8) x 10 atau 100
Penilaian untuk kegiatan diskusi kelompok menggunakan pola penialaian sebagaimana dicontohkan pada rubrik no 6 (penilaian) pada Pelajaran 1.
MENGERJAKAN SOAL TENTANG SUB BAB INI :

Isilah titik-titik berikut ini!
1.      Sebutkan 5 contoh ciptaan Allah SWT!
2.      Sebutkan 5 asmaul husna dan artinya!
3.      Bagaimana Allah menciptakan makhluk-Nya?
4.      Apakah perbedaan makhluk dengan khaliq?
5.      Bagaimana caranya agar kita selamat dunia dan akhirat?


III.             Pasangkan bagian sebelah kiri dengan sebelah kanan
Al-Khaliq
Memelihara lingkungan
Makhluk
Ciptaan Allah SWT di langit
Tugas Manusia
Allah Maha Pencipta
Yang mengatur makhluk
Allah SWT
Matahari dan Bulan
Artinya ciptaan Allah


Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru 
  • Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru :   
·    Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek Dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
·           Memberikan penghargaan sebuah nilai yang terbaik kepada menghafal dan hafal dengan baik
·             Mengagendakan pekerjaan rumah
·            Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kamis MAteri Agama kelas 2

   Hari/Tanggal   :  Kamis 16  Mei  2024 Tema                 :    Praktek Wudhu Kelas                 :    2 Tujuan Pembelajaran : Mampu me...