MATERI AJAR
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KELAS/SEMESTER : V/SATU
TAHUN PELAJARAN : 2019/2020
TANGGAL : (Selasa 10 September2019)
ALOKASI WAKTU : PERTEMUAN KE 2
GURU
: Peni Nopitasari,S.Pd.I
TEMA
: Mengenal Kitab Suci Melalui Rosul-Nya
Kegiatan
Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk
memulai pembelajaran
v
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan
dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,
-
Perintah Beriman
Kepada Kitab-kitab Allah Swt.
v
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang
akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v
Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai
dengan baik,Selama dan setelah mengikuti proses
pembelajaran mengamati, menanya, mengeksplorasi,
menganalisis dan mengkomunikasikan peserta didik diharapkan dapat:
·
Mencermati
nama-nama Kitab Allah dan para rasul
·
Memahami makna adanya kitab-kitab suci
melalui rasul-rasul-Nya
·
Memahami
makna diturunkannya kitab-kitab
suci melalui rasul-rasul-Nya sebagai implementasi rukun iman
·
Memahami
makna implementasi rukun iman
·
Karakter siswa yang diharapkan : Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong-royong
Integritas
Pemberian Acuan
v
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu
AKTIVITAS
A.
Materi Pembelajaran
1.
Fakta:
ª Kitab Taurat
diturunkan kepada Nabi Musa a.s.
ª Kitab Zabur diturunkan
kepada Nabi Dāwūd a.s.
ª Kitab Injil diturunkan
kepada Nabi isā a.s.
ª Kitab al-Qur’ān mulai
diturunkan kepada Nabi Muhammad saw
ª Al-Qur’ān terdiri dari
114 surah, terbagi dalam 30 juz dan 6666 ayat. al-Qur’āndiwahyukan selama 22
tahun 2 bulan dan 22 hari.
2.
Konsep
ª al-Qur’ān menyempurnakan
seluruh hukum-hukum Allah Swt. yang terdapat dalam kitab-kitab yang diturunkan
sebelumnya.
3.
Prinsip
ª Ia diturunkan untuk
seluruh umat manusia sebagai rahmat bagi semesta alam atau disebut juga
Rahmatan lil‘Ālam³n.
4.
Prosedur
ª Menjelaskan makna diturunkannya kitab-kitab suci melalui rasul-rasul-Nya
sebagai implementasi rukun iman
Menjelaskan mekanisme
pelaksanaan pengalaman belajar sesuai
dengan langkah-langkah pembelajaran.
Mengamati
Peserta didik diberi
motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
-
Nama-nama Kitab Allah
Swt.
-
Kitab Allah Swt.
Membawa Ajaran Terpuji
dengan cara :
v
Melihat (tanpa atau dengan
alat)
Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini
-
Nama-nama Kitab Allah
Swt.
-
Kitab Allah Swt.
Membawa Ajaran Terpuji
·
Gambar 2.4 Gambar anak
sedang melakukan ibadah salat
·
Gambar 2.5 Gambar
sedang berdoa kepada Allah Swt. Dengan mengangkat tangan
·
Gambar 2.6 Gambar anak
saling bersalaman sesama
·
Gambar 2.7 Gambar anak
sedang menolong teman yang terjatuh dari sepeda
·
Gambar 2.8 Gambar anak
sedang memberikan makanan kepada ayam di halaman rumah
·
Gambar 2.9 Gambar anak
sedang merawat tanaman dalam pot di halaman rumah
·
Gambar 2.10 Gambar
anak laki-laki sedang memotong kuku
·
Gambar 2.11 Gambar
anak perempuan sedang berhias mau berangkat sekolah
v Mengamati
Ajaran
terpuji kepada Sang Pencipta Allah Swt. Perhatikan ilustrasi gambar berikut!
§ Gambar
2.4 Gambar anak sedang melakukan ibadah salat
§ Gambar
2.5 Gambar sedang berdoa kepada Allah Swt. Dengan mengangkat tangan
Ajaran terpuji
kepada sesama manusia. Perhatikan
ilustrasi gambar berikut!
§ Gambar
2.6 Gambar anak saling bersalaman sesama
§ Gambar
2.7 Gambar anak sedang menolong teman yang terjatuh dari sepeda
Ajaran
terpuji kepada hewan, dan tumbuhan. Perhatikan ilustrasi gambar berikut!
§ Gambar
2.8 Gambar anak sedang memberikan makanan kepada ayam di halaman rumah
§ Gambar
2.9 Gambar anak sedang merawat tanaman dalam pot di halaman rumah
Ajaran
terpuji kepada diri sendiri. Perhatikan ilustrasi gambar berikut!
§ Gambar
2.10 Gambar anak laki-laki sedang memotong kuku
§ Gambar
2.11 Gambar anak perempuan sedang berhias mau berangkat sekolah
v
Mengamati
lembar kerja, pemberian contoh-contoh
materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
yang berhubungan dengan:
v
Membaca (dilakukan di rumah
sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung), materi dari buku paket atau
buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
-
Perintah Beriman
Kepada Kitab-kitab Allah Swt
-
Nama-nama Kitab Allah
Swt.
1.
Kitab
Taurat diturunkan kepada Nabi Musa a.s.
kurang lebih pada abad 12 SM (sebelum masehi) di daerah Israil dan Mesir. Kitab
Taurat menggunakan bahasa Ibrani
2.
Kitab
Zabur diturunkan kepada Nabi Dāwūd a.s.
Ketika beliau menduduki tahta sebagai raja Bani Israil pada abad 10 SM di tanah
Kanaan
3.
Kitab
Injil diturunkan kepada Nabi isā a.s.
pada sekitar abad 1 Masehi di daerah Yerussalem. Dalam bahasa Yunani Injil
berarti kabar selamat, pelajaran yang baru atau kabar gembira.
4.
Kitab
al-Qur’an mulai diturunkan kepada Nabi
Muhammad saw. pada abad 6 Masehi di Mekah. Peristiwa turunnya ayat al-Qur’ān
atau dikenal dengan Nuzulul Quran,
terjadi pertama kali ketika Nabi Muhammad menyendiri di Gua Hira, Mekah.
Turunnya al-Qur’ān menandai awal diangkatnya Muhammad saw. sebagai Rasulullah
(utusan Allah). Usia beliau saat itu genap 40 tahun.
5.
Al-Qur’ān terdiri dari
114 surah, terbagi dalam 30 juz dan 6666 ayat. al-Qur’ān diwahyukan selama 22
tahun 2 bulan dan 22 hari.
6.
Al-Qur’ān
menyempurnakan seluruh hukum-hukum Allah Swt. yang terdapat dalam kitab-kitab
yang diturunkan sebelumnya. Ia diturunkan untuk seluruh umat manusia sebagai
rahmat bagi semesta alam atau disebut juga Rahmatan lil‘Ālam³n.
7.
Kitab Allah Swt.
Membawa Ajaran Terpuji
8.
Kitab Allah Swt.
adalah petunjuk dalam kehidupan. Petunjuk kepada manusia untuk berperilaku. Misalnya
berperilaku kepada Allah Swt., berperilaku kepada sesama manusia, berperilaku
kepada hewan, tumbuhan, dan alam semesta. Bahkan berperilaku untuk diri
sendiri, misalnya selalu bersih, makan-minum dengan teratur, dan tidak boleh
menyiksa diri.
Menanya
Guru memberikan
kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin
pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui
kegiatan belajar, contohnya :
v
Mengajukan
pertanyaan
tentang :
-
Perintah Beriman
Kepada Kitab-kitab Allah Swt.
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau
pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati
(dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik)
untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan
pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan
belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Jika
tidak beriman kepada kitab-kitab itu, maka orang itu tergolong orang yang?
v
Mengumpulkan
informasi
Mengumpulkan data/informasi melalui
diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusimasalah terkait materi
pokok yaitu
-
Perintah Beriman
Kepada Kitab-kitab Allah Swt.
·
Allah Swt. menyuruh
manusia beriman kepada kitab al-Qur’ān dan kepada kitab-kitab yang diturunkan
kepada para rasul sebelumnya. Jika tidak beriman kepada kitab-kitab itu, maka
orang itu tergolong orang yang sesat.
Mengkomunikasikan
Peserta didik
berdiskusi untuk menyimpulkan
v
Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil
analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap
jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat
dengan sopan
v
Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
-
Perintah Beriman
Kepada Kitab-kitab Allah Swt.
v
Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi
oleh kelompok yang mempresentasikan
v
Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain
diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v
Menyimpulkan tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan
berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
-
Perintah Beriman
Kepada Kitab-kitab Allah Swt.
-
Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik
atau lembar kerja yang telah disediakan.
-
Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan
beberapa pertanyaan kepada siswa.
Menyelesaikan uji
kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar
lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa
terhadap materi pelajaran
Mengasosiasikan
Peserta didik
menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang:
v
Mengolah informasi yang sudah
dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan
mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan
bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v
Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
-
Perintah Beriman
Kepada Kitab-kitab Allah Swt.
v Menambah keluasan
dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi
dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan
untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras,
kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif
dalam membuktikan :
Perintah
Beriman Kepada Kitab-kitab Allah Swt.
Menanya
Guru memberikan kesempatan
pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang
berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan
belajar, contohnya :
v
Mengajukan
pertanyaan
tentang :
-
Nama-nama Kitab Allah
Swt.
-
Kitab Allah Swt.
Membawa Ajaran Terpuji
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau
pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati
(dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik)
untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan
pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan
belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Kitab
apa yg diturunkan kepada Nabi Muhammad?
MENGERJAKAN SOAL0SOAL YANG BERKAITAN DENGAN SUB BAB !
BERILAH TANDA SILANG (X) PADA HURUF A, B, C ATAU D PADA JAWABAN
YANG BENAR!
1. Iman kepada kitab-kitab suci yang Allah turunkan termasuk rukun iman urutan yang ....
a. Pertama
b. Kedua
c. Ketiga
d. Keempat
2. Jumlah kitab suci yang wajib kita imani berjumlah ....
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
3. Kitab suci diturunkan kepada manusia yang disampaikan melalui ....
a. Seorang Nabi
b. Sebangsa Jin
c. Sebangsa Setan
d. Para wali
4. Kitab suci diturunkan kepada manusia untuk dijadikan sebagai ....
a. Pedoman hidup
b. Hiburan
c. Mukjizat
d. Pelindung
5. Kitab suci yang pertama diturunkan kepada manusia adalah ....
1. Iman kepada kitab-kitab suci yang Allah turunkan termasuk rukun iman urutan yang ....
a. Pertama
b. Kedua
c. Ketiga
d. Keempat
2. Jumlah kitab suci yang wajib kita imani berjumlah ....
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
3. Kitab suci diturunkan kepada manusia yang disampaikan melalui ....
a. Seorang Nabi
b. Sebangsa Jin
c. Sebangsa Setan
d. Para wali
4. Kitab suci diturunkan kepada manusia untuk dijadikan sebagai ....
a. Pedoman hidup
b. Hiburan
c. Mukjizat
d. Pelindung
5. Kitab suci yang pertama diturunkan kepada manusia adalah ....
a. Al-Qur’an
b. Taurat
c. Injil
d. Suhuf
6. Kitab Injil diturunkan kepada Nabi ....
a. Musa AS
b. Muhammad SAW
c. Isa AS
d. Sulaiman AS
7. Nabi Musa diberikan kitab suci yaitu ....
a. Taurat
b. Suhuf
c. Injil
d. Al-Qur’an
8. Kitab Taurat diturunkan di daerah ....
a. Persia
b. Mesir
c. Saudi arabia
d. Palestina
9. Kota tempat diturunkannya Al-Qur’an adalah ....
a. Yerussalem dan Mekah
b. Damaskus dan Madinah
c. Bagdad dan Persia
d. Mekah dan Madinah
10. Pokok ajaran kitab Zabur, berisi tentang ....
a. Zikir, nasihat dan hikmah
b. Nasihat, perdagangan dan peperangan
c. Zikir, cerita nabi dan perdagangan
d. Nikmat surga dan siksa neraka
11. Semua kitab suci yang Allah turunkan mengajarkan ....
a. Perintah Salat
b. Syariat islam
c. Keesaaan Allah
d. Haji
12. Kitab suci yang diturunkan kepada Nabi Daud AS adalah ....
a. Injil
b. Taurat
c. Ibrani
d. Zabur
13. Didalam kitab suci terdapat penjelasan hal-hal berikut ini, kecuali ....
a. Syariat
b. Aqidah
c. Gambar Allah
d. Siksa neraka
14. Wahyu Allah yang disampaikan kepada para Rasul, tetapi tidak wajib disampaikan atau diajarkan kepada umat manusia berupa lembaran-lembaran dinamakan ....
a. Kitab ajaran
b. Suhuf
c. Mimbar
d. Kitab kuning
15. Malam diturunkannya Al-Qur’an dinamakan malam ....
a. Khotmil Qur’an
b. Asbabun Nuzul
c. Nuzulul Qur’an
d. Al-Qur’anul Karim
16. Al-Qur’an diturunkan pada tanggal ....
a. 1 Syawal
b. 1 Ramadhan
c. 17 Ramadhan
d. 10 Muharom
17. Berikut ini nama Nabi yang mendapatkan kitab suci, kecuali ....
a. Nabi Nuh AS
b. Nabi Musa AS
c. Nabi Daud AS
d. Nabi Isa AS
18. Malaikat yang ditugaskan oleh Allah untuk menyampaikan wahyu adalah ....
a. Israfil
b. Izrail
c. Munkar
d. Jibril
19. Ayat-ayat Al-Qur’an pertama kali diturunkan di ....
a. Rumah Khadijah
b. Gua Tsur
c. Bukit Tursina
d. Gua Hira
20. Suhuf yang diwahyukan kepada Nabi Ibrahim AS sebanyak ....
a. 20 Suhuf
b. 10 Suhuf
c. 15 Suhuf
d. 17 Suhuf
21. Jumlah surah dalam Al-Qur’an adalah ....
a. 124 surah
b. 114 surah
c. 112 surah
d. 144 surah
22. Nama lain Al-Qur’an adalah Al-Huda yang artinya adalah ....
a. Pembeda
b. Penolong
c. Petunjuk
d. Cahaya
23. Kata Injil berasal dari bahasa Yunani, bahasa arabnya adalah Al-Bisyarah. Dalam bahasa indonesia mempunyai arti ....
a. Cerita Tuhan
b. Kabar gembira
c. Keesaan Tuhan
d. Nikmat surga
24. Surah dalam Al-Qur’an yang diturunkan di kota Madinah dinamakan surah ....
a. Makkiyyah
b. Madini
c. Madani
d. Madaniyyah
25. Kitab suci yang sampai sekarang tidak mengalami perubahan isinya adalah ....
a. Al-Qur’an
b. Injil
c. Taurat
d. Zabur
B. JAWABLAH PERTANYAAN-PERTANYAAN BERIKUT INI DENGAN BENAR!
1. Mempercayai adanya kitab suci hukumnya adalah ....
2. Kitab suci Al-Qur’an diturunkan kepada Nabi ....
3. Kitab suci Injil diturunkan di daerah ....
4. Nama lain Al-Qur’an adalah Al-Furqan yang mempunyai arti ....
5. Nabi Daud seorang rasul dan raja yang mendapatkan kitab suci untuk diajarkan bagi kaum ....
6. Kitab suci yang ajarannya paling lengkap adalah ....
7. Kitab suci Al-Qur’an diturunkan selama ....
8. Surah dalam Al-Qur’an yang diturunkan di kota Mekah dinamakan surah ....
9. Kitab suci yang diturunkan kepada Nabi Isa adalah ....
10. Kitab suci yang diturunkan terakhir kali adalah ....
Kegiatan Penutup
Peserta
didik :
- Membuat rangkuman/simpulan
pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang baru dilakukan.
- Melakukan refleksi terhadap
kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru
:
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan projek
dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada
kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
- Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk
tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar