MATERI AJAR
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KELAS/SEMESTER : V/SATUTAHUN PELAJARAN
TANGGAL : (5-9 Agustus-2019)
ALOKASI WAKTU : PERTEMUAN KE 1
GURU
: Peni Nopitasari,S.Pd.I
TEMA
: ASMAUL HUSNA
Kegiatan
Pendahuluan
Guru :
v
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka
dan berdoa untuk memulai pembelajaran
v
Menyiapkan fisik dan psikis peserta
didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran.
Apersepsi
v Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran
yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,
Mengenal
Allah Swt. melalui al-Asmā’ul Husnā
v Mengingatkan kembali
materi prasyarat dengan bertanya.
v
Mengajukan pertanyaan yang ada
keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v
Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai
dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
-
Mengenal Allah Swt.
melalui al-Asmā’ul Husnā
v
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada
pertemuan yang berlangsung YAITU :
Selama dan setelah
mengikuti proses pembelajaran mengamati, menanya, mengeksplorasi,
menganalisis dan mengkomunikasikan peserta didik diharapkan dapat
·
Membaca
al-Qur-an dengan tartil
·
Mencermati
al-Asmā'ul Husna: al-Mumit, al-Hayy, al-Qayyµm, dan al-Ahad,
·
Memahami
arti yang terkandung di dalam al-Asmā'ul Husna: al-Mumit, al-Hayy, al-Qayyµm,
dan al-Ahad
·
Memahami
makna yang terkandung di dalam al-Asmā'ul Husna: al-Mumit, al-Hayy, al-Qayyµm,
dan al-Ahad
·
Karakter siswa yang diharapkan : Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong-royong
Integritas
Pemberian Acuan
v
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu
AKTIVITAS
Mengamati
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
-
Mengenal Allah Swt.
melalui al-Asmā’ul Husnā
dengan
cara :
v
Melihat
(tanpa atau dengan alat)
Menayangkan
gambar/foto/tabel berikut ini
-
Mengenal Allah Swt.
melalui al-Asmā’ul Husnā
·
Allah memiliki 99 nama
·
Gambar 2.1 Iringan
menuju pemakaman
v
Mengamati
lembar kerja, pemberian
contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media
interaktif, dsb yang berhubungan dengan:
v
Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung), materi dari
buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan
dengan Mengenal
Allah Swt. melalui al-Asmā’ul Husnā
v
Mendengar
pemberian materi oleh
guru yang berkaitan dengan Mengenal Allah Swt. melalui al-Asmā’ul Husnā
v
Menyimak, penjelasan pengantar
kegiatan/materi secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai : Mengenal Allah Swt. melalui al-Asmā’ul Husnā untuk
melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
v Menanya
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab
melalui kegiatan belajar, contohnya :
v
Mengajukan
pertanyaan tentang :
-
Mengenal Allah Swt.
melalui al-Asmā’ul Husnā
yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual
sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas,
rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis
yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Apa
arti dari asma’ul husna Al Hayyu?
Mengumpulkan informasi
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan:
v
Mengamati
obyek/kejadian,
v
Membaca
sumber lain selain buku teks,
mengunjungi
laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel
tentang
-
Mengenal Allah Swt.
melalui al-Asmā’ul Husnā
v
Mengumpulkan
informasi
Mengumpulkan
data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusimasalah
terkait materi pokok yaitu
-
Mengenal Allah Swt.
melalui al-Asmā’ul Husnā
·
Allah Swt. mewahyukan nama-Nya kepada manusia melalui
kitab suci al-Qur’ān. Di sana disebutkan nama-nama Allah sebanyak 99 nama atau
disebut dengan al-Asmā’u al-husnā yaitu nama-nama yang baik dan indah.
·
Al-Mumit
mengandung arti Yang Maha Mematikan.
·
Al-Hayyu
mengandung arti Yang Maha Hidup
·
Al-Qayyum
mengandung arti Yang Maha
Berdiri/Mandiri)
·
Al-Ahad mengandung arti Yang Maha Esa, dalam surah
al-Ikhlas yang artinya : “katakanlah
(Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa”. Disebut pula dengan “Al-Wahid”
artinya Yang Maha Tunggal atau Maha Esa, tak ada sekutu bagi-Nya.
v Aktivitas
-
Mengenal Allah Swt. melalui
al-Asmā’ul Husnā
·
Mari menyanyi lagu
berikut ini!
Judul
: Allah Maha Esa
Irama
: Lagu “Nenek moyangku seorang pelaut”.
Allah
itu Esa,Tidak
berayah, Allah
itu Satu ,Tidak
beribu,
Yang
Menciptakan Alam Semesta,Dan
tidak ada menyamai-Nya
"Katakanlah (olehmu Muhammad): Serulah Allah atau serulah Ar-Rahman. Dengan nama yang mana saja kamu seru, Dia mempunyai al asmaa'ul husna (nama-nama yang terbaik)..." (Q.S Al-Israa': 110) "Allah memiliki Asmaul Husna, maka memohonlah kepada-Nya dengan menyebut nama-nama yang baik itu..." (QS. Al-A'raaf : 180).
Jumlah Asmaul Husna adalah 99 nama, sebagaimana
disebutkan dalam hadits yang diriwayatkan Tirmidzi, diperkuat dengan hadits
riwayat Bukhari. Dari Abu Hurairah r.a. ia berkata Nabi Muhammad Saw
bersabda: "Sesungguhnya Allah Swt mempunyai 99 nama, yaitu seratus
kurang satu, barangsiapa menghitungnya (menghafal seluruhnya) masuklah ia
kedalam surga" (HR. Bukhari).
AL-QAYYUM, artinya adalah Maha Berdiri Sendiri. Contoh perilaku yang sesuai dengan baik secara sendiri.
AL-MUMIT, artinya adalah Maha Mematikan. Contoh perilaku yang sesuai dengan Al-Mumit adalah ikhlas dan tawakal kepada Allah SWT saat dilanda kesedihan karena kematian orang terdekat. Dengan ikhlas dan tawakal berarti seseorang meyakini kematian tersebut datangnya dari Allah SWT dan harus diterima lapang dada.
AL-AHAD, artinya adalah Yang Maha Esa, Yang Tunggal dan taka da sekutu baginya. Contoh perilaku yang mencerminkan Al-Ahad adalah dengan menyembah Allah SWT sebagai satu-satunya Tuhan, tidak mempersekutukannya dengan sesembahan lain.
AL-HAYYU, artinya adalah Yang Maha Hidup. Contoh perilaku yang meneladani sifat Allah yang satu ini adalah dengan menggunakan waktu hidup sebaik mungkin dalam beribadah dan beramal shaleh dengan ikhlas semata-mata karena Allah SWT.
AL-QAYYUM, artinya adalah Maha Berdiri Sendiri. Contoh perilaku yang sesuai dengan baik secara sendiri.
AL-MUMIT, artinya adalah Maha Mematikan. Contoh perilaku yang sesuai dengan Al-Mumit adalah ikhlas dan tawakal kepada Allah SWT saat dilanda kesedihan karena kematian orang terdekat. Dengan ikhlas dan tawakal berarti seseorang meyakini kematian tersebut datangnya dari Allah SWT dan harus diterima lapang dada.
AL-AHAD, artinya adalah Yang Maha Esa, Yang Tunggal dan taka da sekutu baginya. Contoh perilaku yang mencerminkan Al-Ahad adalah dengan menyembah Allah SWT sebagai satu-satunya Tuhan, tidak mempersekutukannya dengan sesembahan lain.
AL-HAYYU, artinya adalah Yang Maha Hidup. Contoh perilaku yang meneladani sifat Allah yang satu ini adalah dengan menggunakan waktu hidup sebaik mungkin dalam beribadah dan beramal shaleh dengan ikhlas semata-mata karena Allah SWT.
v Mendiskusikan
v Saling tukar informasi tentang :
- Mengenal Allah Swt. melalui al-Asmā’ul Husnā
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Mengkomunikasikan
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
- Mengenal Allah Swt. melalui al-Asmā’ul Husnā
v Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
- Mengenal Allah Swt. melalui al-Asmā’ul Husnā
v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang:
v Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
- Mengenal Allah Swt. melalui al-Asmā’ul Husnā
v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
Mengenal Allah Swt. melalui al-Asmā’ul Husnā
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat rangkuman/simpulan pelajaran. tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
- Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
- Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar