KISI-KISI MATERI PAS KELAS 2 AGAMA ISLAM
No |
Kompetensi Dasar |
Materi |
Level Kognitif |
Indikator Soal |
Bentuk Soal |
No Soal |
1 |
3.15 Memahami kisah keteladanan Nabi Muhammad
saw. |
Nabi Muhammad SAW Teladanku |
Penerapan |
Disajikan
kisah singkat nabi
Muhammad SAW ketika peletakan hajar aswad,
peserta didik dapat menentukan arti dari al-amin |
PG |
1 |
Penerapan |
Disajikan
pernyataan tentang
perilaku jujur, peserta didik dapat menentukan keuntungan
bersikap jujur |
PG |
2 |
|||
Pengetahuan
dan pemahaman |
Peserta
didik dapat menyebutkan status nabi Muhammad SAW ketika
lahir anak yang waktu lahir bapaknya sudah meninggal
dunia terlebih dahulu |
Isian |
3 |
|||
Pengetahuan dan Pemahaman |
Peserta
didik dapat menyebutkan arti uswatun hasanah |
Isian |
4 |
|||
Penerapan |
Peserta
didik dapat menjelaskan sikap anak yang jujur apabila melakukan
kesalahan |
Uraian |
5 |
|||
2 |
3.1 Mengetahui huruf hijaiyyah bersambung sesuai dengan makharijul huruf. |
Asyik Bisa Membaca
Al-Qur’an |
Pengetahuan
dan pemahaman |
Peserta didik
dapat menentukan pilihan bacaan surat an-nas ayat kedua |
PG |
6 |
Pengetahuan
dan pemahaman |
Disajikan gambar menyembah selain Allah, peserta
didik dapat menentukan nama sikap sesuai gambar tersebut |
PG |
7 |
|||
Pengetahuan
dan pemahaman |
Disajikan
ayat dari surat an-nas, peserta didik dapat menentukan arti ayat tersebut |
PG |
8 |
|||
Penerapan |
Peserta
didik dapat mengartikan ayat ke
enam dari surat an-nas |
Isian |
9 |
|||
Penerapan |
Peserta
didik dapat menyebutkan 2 pesan yang terkandung dalam surat an-nas. |
Uraian |
10 |
|||
3 |
3.5 Memahami makna al-Asmaul al-Husna:
Al-Quddus, As-Salam, dan Al-Khaliq. |
Allah Maha Pencipta |
Pengetahuan
dan pemahaman |
Peserta
didik dapat menentukan yang memiliki kesempurnaan, jauh dari kelemahan dan
kekurangan |
PG |
11 |
Pengetahuan
dan pemahaman |
Peserta didik
dapat menyebutkan jumlah dari Asmaul husna |
PG |
12 |
|||
Pengetahuan
dan pemahaman |
Peserta
didik dapat menentukan arti dari Al-Khaliq |
PG |
13 |
|||
Penerapan |
Disajikan
beberapa gambar, peserta didik dapat menyebutkan nama ciptaan Allah SWT |
Isian |
14 |
|||
Pengetahuan
dan pemahaman |
Peserta
didik dapat menyebutkan orang yang beriman dan meyakini nama-nama Allah SWT |
Isian |
15 |
|||
4 |
3.8 Memahami sikap kerja sama dan saling
tolong menolong. |
Perilaku Terpuji |
Penerapan |
Disajikan gambar tentang kerja sama ,peserta didik dapat menyebutkan kegiatan pada
gambar tersebut |
PG |
16 |
Penerapan |
Disajikan
gambar bencana, peserta
didik dapat menentukan pilihan jawaban tentang tolong menolong |
PG |
17 |
|||
Penerapan |
Peserta didik
dapat menyebutkan contoh kerjasama di rumah |
PG |
18 |
|||
Penerapan |
Peserta
didik dapat menyebutkan bentuk kerjasama di sekolah |
Isian |
19 |
|||
Penerapan |
Peserta
didik dapat menjelaskan manfaat tolong menolong |
Uraian |
20 |
|||
5 |
3.4 Memahami hadis yang terkait dengan
perilaku hidup bersih dan sehat. |
Hidup Bersih dan
Sehat |
Pengetahuan
dan pemahaman |
Disajikan gambar tentang kebersihan, peserta didik
dapat menyebutkan tentang kebersihan badan |
PG |
21 |
Pengetahuan
dan pemahaman |
Disajikan narasi tentang cara menjaga kebersihan, peserta
didik dapat menyebutkan cara membersihkan pakaian |
PG |
22 |
|||
Penerapan |
Disajikan pernyataan tentang kebersihan
lingkungan, peserta didik dapat menentukan dimana kita sebaiknya
membuang sampah |
PG |
23 |
|||
Penerapan |
Peserta
didik dapat menyebutkan cara
menjaga kebersihan badan |
Isian |
24 |
|||
Pengetahuan
dan pemahaman |
Peserta
didik dapat menyebutkan beberapa manfaat menjaga kebersihan lingkungan |
Uraian |
25 |
|||
306 |
3.6 Memahami makna doa sebelum dan sesudah
makan. |
Hidup Bersih dan
Sehat |
Penerapan |
Disajikan
beberapa pilihan jawaban, peserta didik dapat menentukan jawaban apa yang
dilakukan sebelum makan |
PG |
26 |
Pengetahuan
dan pemahaman |
Disajikan
penggalan lafal do’a sebelum makan, peserta didik menentukan lanjutan do’a
tersebut dalam pilihan jawaban |
PG |
27 |
|||
Penerapan |
Peserta didik
dapat menentukan ucapan cara bersyukur
kepada Allah |
PG |
28 |
|||
Pengetahuan
dan pemahaman |
Peserta
didik dapat melanjutkan arti do’a sebelum makan |
Isian |
29 |
|||
Pengetahuan
dan pemahaman |
Peserta
didik dapat menuliskan do’a sesudah makan |
Uraian |
30 |
|||
7 |
3.9 Memahami doa sebelum dan sesudah wudu. |
Ayo Berwudhu |
Pengetahuan
dan pemahaman |
Disajikan
narasi tentang bersuci, peserta
didik dapat menentukan cara
bersuci menggunakan air |
PG |
31 |
Pengetahuan
dan pemahaman |
Disajikan pernyataan tentang wudhu, peserta didik
dapat menentukan salah satu urutan wudhu dengan benar |
PG |
32 |
|||
Penerapan |
Disajikan
beberapa gambar gerakan berwudhu, peserta didik memilih diantara gambar
tersebut yang sedang melakukan rukun wudhu |
PG |
33 |
|||
Penerapan |
Disajikan pernyataan tentang wudhu, peserta
didik dapat menentukan batasan membasuh tangan saat
berwudhu |
Isian |
34 |
|||
Pengetahuan
dan pemahaman |
Disajikan
penggalan do’a wudhu, peserta didik dapat menentukan kapan do’a itu
dibaca |
Isian |
35 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar