MATERI AJAR
MATA
PELAJARAN :
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KELAS/SEMESTER :
II/DUA
TAHUN
PELAJARAN : 2019/2020
ALOKASI
WAKTU :
PERTEMUAN KE 1
TANGGAL :
2 Maret 2020
MATERI :
YAKIN ALLAH MAHA SUCI
Melalui tanya jawab, latihan, dan
diskusi, peserta didik mampu:
·
Menyebutkan arti Al-Quddus dengan tepat
·
Mengungkapkan dua bukti Allah bersifat Al- Qudus dengan benar
·
Mendemonstrasikan pelafalan Al-Quddus dengan fasih
Materi
Pembelajaran
·
Al-Quddus artinya Yang Maha Suci
·
Dua bukti bahwa Allah Yang Maha Suci adalah manusia ada karena
diciptakan Allah SWT dan bumi serta langit ada karena diciptakan Allah SWT
·
Mendemontrasikan Lafadz Al- Quddus dan artinya
AlQuddus
Allah maha suci dari segala kekurangan Allah tidak ada yang sempurna kecuali Dia, Allah sangat menyukai kesucian, kesucian adalah sebagian dari iman .
Allah maha suci dari segala kekurangan Allah tidak ada yang sempurna kecuali Dia, Allah sangat menyukai kesucian, kesucian adalah sebagian dari iman .
at-thohuru syathrul iman
artinya kesucian itu sebagian dari iman.
Kita sholat setiap hari 5x maka untuk
menyempurnakan ibadah kita kita bisa dengan membersikan anggota badan kita dari
hadats kecil yaitu dengan wudhu dan najis di bersikan dengan cara yang sesuai
syariat. Kesucian badan, pakaian dan tempat harus kita jaga agar ibadah
yang kita laksanakan di terima oleh Allah.
iman adalah percaya, yakin. jadi bila kita menyakini bahwa Allah al
Quddus maka kita juga harus suci karena Allah sendiri menyukai kesucian dan
bila kita mengimani-Nya di dalam hati atau yakin maka harus di wujudkan dengan
ucapan dengan lisan dan di amalkan pula yakni salah satunya dengab menjaga
kesucian anggota badan. karena menjaga kesucian pula adalah perintah Allah
dalam
masalah ini biasanya di
sebut Thaharah.
Semua orang mensucikan Allah dalam
sdgala perbuatan yang di lakukannya yakni tidak mencampurkan kebenaran dengan
kebatilan. karena kebenaran datangnya dari Allah dan kebatilan datangnya dari
setan yang selalu menggoda manusia agar terjerumjs dalam jurang kesesatan.
.
Bacaan tasbih adalah Subhannallah ( maha Suci Allah)
.
Bacaan tasbih adalah Subhannallah ( maha Suci Allah)
B. Asmaul Husna
Asmaul husna adalah nama-nama Allah yang
baik, jumlahnya ada 99 dan salah satunya Al quddus artinya maha suci. manusia yang menyamakan sesuatu dengan
Allah adalah suatu kemusyrikan, syirik termasuk dosa besar yang tidak di ampuni
Allah, kecuali dengan bertaubat.
Taubat adalah mengakui kesalahannya dan
memohon ampun kepada Allah serta berjanji tidak akan mengulanginya lagi. dosa
kecil akan di ampuni Allah bagi hamba- hamba yang di kehendaki-Nya
C. Hikmah yang dapat di ambil dari sifat al Quddus
1. kita dapat memikmati apapun tanpa perasangka buruk. karena Allah bedasarkan persangka hamba- Nya jadikan semua hal sebagai sarana evaluasi dan apapun yang terjadi anggaplah itu adalah caradan harus mengubah kita jadi orang yang lebih baik.
2. siap dengan ketidak sempurnaan diri tidak ada makhluk dan manusia yang
sempurna. hanya kekuatan
iman-Lah yang membuat kita tinggi dari apapun. maka dari itu tutuplah pintu
kesombongan dan bukala lebar- lebar pinta ketawadukan, tidak ada orang
uang rendah hati kecuali Allah meninggikan derajatnya .
3. kita harus menerima dengan
segala kekurangan orang lain
D.
Tambahan Untuk Penjelasan
1.
Bacaan dzikir setelah sholat (bacaan hamdalah, takbir, tasbih)
2. Keagungan Allah dapat di lihat dari apa yang Allah ciptakan, dan mengucapkan takbir ( Allah Maha Besar)
3. Allah maha pemberi rezeki pada semua makhluknya, tidak ada kepunyaan kecuali kepunyaan Allah
4. Ceritakan bahwa manusia selalu bertasbih kepada Allah.
5. Review wudhu dan tayamum / tata cara bersuci menurut islam ada 2 wudhu, tayamum dan mandi
6. Jelaskan perbedaan najis dan hadas
7. Ajarkan selalu berbicara baik jangan berkata kotor.
8. Akhlaq akan membuat manusia tinggi derajatnya dan orang yang berilmu dan beriman.
9. Mensucikan Allah hukumnya wajib
10. Doa itu memohon kepada Allah.
11. Sedikit membahas tentang surat al ikhlas
12. Manusia adalah tempat salah dan lupa
2. Keagungan Allah dapat di lihat dari apa yang Allah ciptakan, dan mengucapkan takbir ( Allah Maha Besar)
3. Allah maha pemberi rezeki pada semua makhluknya, tidak ada kepunyaan kecuali kepunyaan Allah
4. Ceritakan bahwa manusia selalu bertasbih kepada Allah.
5. Review wudhu dan tayamum / tata cara bersuci menurut islam ada 2 wudhu, tayamum dan mandi
6. Jelaskan perbedaan najis dan hadas
7. Ajarkan selalu berbicara baik jangan berkata kotor.
8. Akhlaq akan membuat manusia tinggi derajatnya dan orang yang berilmu dan beriman.
9. Mensucikan Allah hukumnya wajib
10. Doa itu memohon kepada Allah.
11. Sedikit membahas tentang surat al ikhlas
12. Manusia adalah tempat salah dan lupa
Metode Pembelajaran
·
Model :
Pembelajaran kooperatif teknik TGT
·
Metode : Tanya Jawab, Latihan, Diskusi
1.
Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang Allah Swt.
Mahasuci dan bersih dari segala macam kekurangan,celaan dan kesalahan.
2.
Dari hasil menyimak paparan tersebut, peserta didik diberikan
kesempatan untuk bertanya baik secara individu maupun secara berkelompok.
3.
Peserta didik membuat rumusan dengan mengaitkan makna
Allah Swt. Mahasuci dengan persoalan kehidupan nyata sehari-hari (kontekstual).
4.
Menyampaikan hasil diskusi baik secara individu maupun
perwakilan kelompok dan menyampaikan kesimpulan.
5.
Pada rubrik “Kegiatanku” Peserta didik mengamati gambar/ilustrasi
tentang anak yang sedang berdoa dan melaksanakan sujud dalam salat di dalam
buku teks dan guru memberikan petunjuk secara teknis proses observasi.
6.
Peserta didik diberi kesempatan untuk menanya tentang hal
yang telah diamatinya, apabila mengalami kesulitan guru memberikan bimbingan
dan panduan (stimulus)agar peserta didik mencari tahu dengan cara menanya.
7.
Pertanyaan peserta didik yang diharapkan tidak saja
apa atau siapa, tetapi mengapa dan bagaimana.
8.
Pertanyaan peserta didik diinventarisasi oleh guru.
9.
Selanjutnya secara individu maupun berkelompok diadakan
diskusi untuk menanggapi dan menjawab beberapa pertanyaan.
10. Proses mendapatkan
tanggapan dan jawaban atau pelaksanaan diskusi difasilitasi oleh guru sehingga berjalan
dengan baik.
11. Peserta didik mengemukakan isi gambar
tersebut, baik secara individu maupun hasil kerja kelompok.
12. Peserta didik atau
kelompok lain menanggapi beberapa pendapatnya.
13. Salah satu peserta
didik atau perwakilan kelompok diminta menyimpulkan maksud isi gambar tersebut.
14. Peserta didik diberi
penjelasan tambahan dan penguatan tentang maksud isi gambar tersebut.
15. Peserta didik menyimak
kembali penjelasan guru tentang pentingnya mempunyai keyakinan bahwa Allah
Swt.Mahasuci.
16. Pada rubrik “Ayo
Menyanyi” peserta didik menyanyikan lagu Allah Mahasuci, baris per baris.
17. Pada rubrik “Sikapku”, guru meminta peserta
didik bersama-sama merenungkan Allah Swt. Yang Maha Menciptakan dengan
mengucapkan “Subh±nall±h”beberapa kali dengan menyebutkan pula artinya
“Allah Mahasuci”
18. Pada rubrik “Ayo
Kerjakan”
- Peserta didik secara
bergiliran menjelaskan bahwa Allah Mahasuci.
-
Lakukan secara bergantian dengan teman sebangku atau
teman lain.
Pada
rubrik “Insya Allah Aku Bisa” guru membimbing peserta didik untuk memberikan
tanda (√) pada kolom ‘ya’ atau ‘tidak’
Tidak ada komentar:
Posting Komentar