MATERI AJAR
MATA
PELAJARAN :
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KELAS/SEMESTER :
II/DUA
TAHUN
PELAJARAN : 2019/2020
ALOKASI
WAKTU :
PERTEMUAN KE 2
TANGGAL : 6 Februari 2020
MATERI :
Melafalkan Surat Al-Asr
Tujuan
Pembelajaran
Melalui metode latihan, dan
drill, peserta didik mampu:
1.
Menyebutkan arti Q.S. Al-‘Ashr dengan benar dan
jelas
2.
Mengungkapkan jumlah ayat
Q.S. Al-‘Ashr r dengan benar dan jelas
3.
Mengungkapkan makna Q.S. An-Nas dan Q.S. Al-‘Ashr dengan benar
4.
Mendemontrasikan Pelafalan Q.S Al ‘Ashr dengan benar dan jelas
5.
Menunjukan hafalan Q.S. Al ‘Ashr dengan benar
MATERI PEMBELAJARAN
PRAKTEK HAFALAN QS AL-ASR DAN ARTINYA .
Surat
Al-‘ASr
Makkiyyah Surat ke-103 : 3 ayat
Pengasih,
Maha Penyayang.
1. Demi
masa,
2. sungguh, manusia berada dalam
kerugian,
3. kecuali
orang-orang yang beriman dan mengerjakan
kebajikan serta saling menasihati
untuk kebenaran dan saling menasihati untuk kesabaran.
Al-‘Asr artinya waktu atau masa.
Pesan
surah al-‘Asr adalah bahwasemua
manusia berada dalam keadaan merugi apabila tidak mengisi
waktunya dengan perbuatan-perbuatan baik. Menggunakan
waktu untuk kebaikan. Disiplin waktu untuk kebaikan .Proses melafalkan ayat per ayat dengan langkah berikut
ini.
1.
Sebelum melafalkan surat al-‘A¡r, peserta didik
menyanyikan lagu tentang membaca dan menghafal Al-Qur’±n, dibimbing
guru. Nyanyikan secara berulang-ulang.
2.
Guru melafalkan surat a-‘A¡r dengan suara jelas
ayat 1 diikuti seluruh peserta didik (lakukan sebanyak 2-3 kali).
3.
Peserta didik laki-laki dan peserta didik perempuan
atau berdasarkan tempat duduk secara bergantian melakukan 1-2 kali.
4.
Guru melafalkan surat al-‘A¡r dengan suara
jelas ayat 1 s.d. 2 diikuti seluruh peserta didik (lakukan sebanyak 2-3 kali).
5.
Peserta didik laki-laki dan peserta didik perempuan
atau berdasarkan tempat duduk secara bergantian melakukan 1-2 kali.
6.
Guru melafalkan surat al-‘A¡r dengan suara
jelas, ayat 1 s.d. 3 diikuti seluruh peserta didik (lakukan sebanyak 2-3 kali).
7.
Peserta didik laki-laki dan peserta didik perempuan
atau berdasarkan tempat duduk secara bergantian melakukan 1-2 kali. Apabila
peserta didik belum bisa melafalkan dengan lancar, dapat diulangi melalui cara
yang sama dari langkah 2 s.d. 6. Apabila sudah banyak yang melafalkan secara
individual, peserta didik mendemonstrasikan pelafalannya.
8.
Pada rubrik “Sikapku”, guru menjelaskan bahwa peserta didik
secara mandiri dapat melafalkan sendiri.
Pada rubrik “Ayo Kerjakan” peserta didik
secara berpasangan (dengan teman sebangku) untuk melafalkan surat al-‘A¡r secara
bergantian.
No.
|
Indikator
|
Butir
Instrumen
|
1.
|
Menyebutkan
arti Q.S. Al-‘Ashr
|
Sebutkan Arti Q.S Al Ashr ‘ Ayat 2 !
|
2.
|
Mengungkapkan jumlah ayat Q.S. Al-‘Ashr
|
Berapakah jumlah ayat surah Al-Asr’ !
|
3.
|
Mengungkapkan
makna yang terkandung dalam Q.S. An-Nas dan Q.S.
Al-‘Ashr
|
Sebutkan makna ayat kedua dari Surah
Al- Asr’ !
|
Pesan-pesan yang
dikandung oleh Surah Al-Ashr adalah sebagai berikut:
Manusia
dalam kerugian sebab lalai menggunakan waktunya
Manusia
yang tidak merugi adalah mereka yang beriman, senantiasa berbuat kebaikan (amal
shaleh) juga saling memberikan nasehat dalam kebenaran juga kesabaran
»
Pembahasan
SURAH
AL-ASHR adalah salah satu surah terpendek dalam Al-Quran mengingat jumlah keseluruhan
ayatnya hanyalah tiga. Surah ini menduduki urutan ke 103 dalam kitab suci
Al-Quran dan tergolong sebagai Surah Makkiyah. Yang dimaksud dengan Surah
Makkiyah adalah golongan surah yang diturunkan pada periode Mekkah di mana
Rasulullah SAW belum melaksanakan hijrah ke kota Madinah.
Pokok
kandungan Surah Al-Ashr ini adalah bahwa manusia sebenar-benarnya merugi
kecuali mereka orang beriman yang berbuat kebaikan (amal shaleh), saling
menasehati dalam kebenaran & kesabaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar