MATERI AJAR
MATA
PELAJARAN : PENDIDIKAN
AGAMA ISLAM
KELAS/SEMESTER
: V/SATU
TAHUN
PELAJARAN : 2019/2020
TANGGAL
: 25 NOVEMBER 2019
ALOKASI WAKTU
: PERTEMUAN KE 3
GURU
: Peni Nopitasari,S.Pd.I
TEMA
TEMA
: MANFAAT PUASA
RAMADHAN
Kegiatan Pendahuluan
v
Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa
untuk memulai pembelajaran
v
Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v
Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan
sebelumnya,
o
Memperbanyak
Kebaikan di bulan Ramadān.
v
Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v
Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v
Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v
Apabila
materi/tema/projek
ini kerjakan dengan baik dan
sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat
menjelaskan tentang:
o
Manfaat
Puasa Ramadān
v
Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
v
Mengajukan
pertanyaan.
Pemberian Acuan
v
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
v
Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
v
Pembagian
kelompok belajar
v
Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran
Mengamati
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan
perhatian pada topik Manfaat Puasa
Ramadān dengan cara :
v
Mengamati
lembar
kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta
didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan: Manfaat Puasa Ramadān
Menanya
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk
mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang
disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v
Mengajukan pertanyaan tentang :
o
Manfaat
Puasa Ramadān
yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual
sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas,
rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis
yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Apa manfaat puasa ramadan?
Mengumpulkan informasi
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab
pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v
Membaca sumber lain selain buku teks,
mengunjungi
laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel
tentang
o
Manfaat
Puasa Ramadān
v
Mengumpulkan informasi
Mengumpulkan
data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan
solusimasalah terkait materi pokok yaitu
o
Manfaat
Puasa Ramadān
·
Manfaat
orang yang berpuasa terutama puasa Ramadān sangat banyak, di antaranya hal-hal
berikut.
§ Ungkapan
rasa syukur kepada Allah Swt.
§ Melatih
kejujuran
§ Menanamkan
rasa kasih sayang
§ Sehat
jasmani dan rohani
§ Melatih
kesabaran (pengendalian diri)
v
Saling tukar informasi tentang :
o
Manfaat
Puasa Ramadān
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh
sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,
kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui
berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar
sepanjang hayat.
Mengkomunikasikan
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v
Menyampaikan
hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan,
tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v
Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
o
Manfaat
Puasa Ramadān
v
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan
v
Bertanya
atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk
menjawabnya.
v
Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan
secara tertulis tentang
o
Manfaat
Puasa Ramadān
v
Menjawab
pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja
yang telah disediakan.
v
Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa.
Menyelesaikan
uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar
lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa
terhadap materi pelajaran
Mengasosiasikan
Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru
terkait pembelajaran tentang:
v
Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil
kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan
mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v
Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai
o
Manfaat
Puasa Ramadān
v
Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari
solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada
yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat
aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir
induktif serta deduktif dalam membuktikan :
Manfaat Puasa Ramadān
TES
LATIHAN SOAL
A. BERILAH TANDA SILANG (X) PADA HURUF A, B, C ATAU D PADA
JAWABAN YANG BENAR!
1.
Puasa
yang wajib dilakukan umat islam selama satu bulan adalah jatuh pada bulan ….
a. Muharom
b. Syawwal
c. Ramadhan
d. Dzulhijah
a. Muharom
b. Syawwal
c. Ramadhan
d. Dzulhijah
2.
Puasa merupakan rukun islam urutan yang
….
a. Pertama
b. Kedua
c. Ketiga
d. Keempat
a. Pertama
b. Kedua
c. Ketiga
d. Keempat
3.
.
Perintah puasa terdapat pada Al-qur’an surat ….
a. Ali Imron ayat 83
b. An-Nas ayat 4
c. An-Nisa’ ayat 21
d. Al-Baqarah ayat 183
a. Ali Imron ayat 83
b. An-Nas ayat 4
c. An-Nisa’ ayat 21
d. Al-Baqarah ayat 183
4.
Selain menahan untuk makan dan minum, saat
puasa kita harus menahan diri dalam ….
a. Melakukan perbuatan tercela
b. Solat lima waktu dengan tepat
c. Bermain dengan teman-teman
d. Tadarus Al-Qur’an di masjid
a. Melakukan perbuatan tercela
b. Solat lima waktu dengan tepat
c. Bermain dengan teman-teman
d. Tadarus Al-Qur’an di masjid
5.
Puasa wajib yang dijanjikan untuk dilaksanakan
oleh orang yang bernazar karena terkabul permohonannya dinamakan puasa ….
a. Kifarat
b. Sunah
c. Taubat
d. Nazar
a. Kifarat
b. Sunah
c. Taubat
d. Nazar
6.
Kegiatan
sahur dilakukan orang yang berpuasa pada waktu ….
a. Sebelum matahari terbenam
b. Setelah imsak
c. Sebelum terbit fajar
d. Setelah salat subuh
a. Sebelum matahari terbenam
b. Setelah imsak
c. Sebelum terbit fajar
d. Setelah salat subuh
7.
Puasa
Ramadhan mempunyai ketentuan-ketentuan yang harus dipenuhi agar puasanya
menjadi ….
a. Batal
b. Khusuk
c. Sah
d. Keren
a. Batal
b. Khusuk
c. Sah
d. Keren
8.
Dalam
bahasa Indonesia, kata puasa berasal dari bahasa Sanskerta yaitu Upawasa yang
mempuyai arti ….
a. Menahan makan
b. Tidak minum
c. Pengendalian diri
d. Berdoa
a. Menahan makan
b. Tidak minum
c. Pengendalian diri
d. Berdoa
9.
Dalam bahsa Arab, puasa disebut ….
a. Salat
b. Siyam
c. Ridho
d. Tarawih
a. Salat
b. Siyam
c. Ridho
d. Tarawih
10.
Hal-hal yang harus dipenuhi untuk kesempurnaan
puasa, namun berada di luar pelaksanaan puasa dinamakan ….
a. Syarat puasa
b. Rukun puasa
c. Fadilah puasa
d. Hikmah puasa
a. Syarat puasa
b. Rukun puasa
c. Fadilah puasa
d. Hikmah puasa
11.
Waktu
untuk berpuasa yaitu sejak terbitnya fajar sidik sampai dengan ….
a. Terdengar bedug
b. Terdengar azan
c. Terbenam matahari
d. Waktu Ashar
a. Terdengar bedug
b. Terdengar azan
c. Terbenam matahari
d. Waktu Ashar
12.
.
Puasa dapat melatih seorang mukmin untuk mengendalikan ….
a. Orang lain
b. Hawa nafsunya
c. Kekuasaan
d. Harta rejekinya
a. Orang lain
b. Hawa nafsunya
c. Kekuasaan
d. Harta rejekinya
13.
Di bawah ini yang termasuk syarat puasa adalah
….
a. Sahur
b. Berbuka
c. Baligh
d. Salat tarawih
a. Sahur
b. Berbuka
c. Baligh
d. Salat tarawih
14.
Membicarakan keburukan orang lain dapat ….
a. Menambah pahala puasa
b. Menghilangkan pahala puasa
c.Menyulitkan saat puasa
d. Mempermudah menjalani puasa
a. Menambah pahala puasa
b. Menghilangkan pahala puasa
c.Menyulitkan saat puasa
d. Mempermudah menjalani puasa
15.
Puasa
dapat bermanfaat bagi ….
a. Kekayaan
b. Kesehatan
c. Kecantikan
d. Ketampanan
a. Kekayaan
b. Kesehatan
c. Kecantikan
d. Ketampanan
16.
Di
bawah ini adalah orang-orang yang dibolehkan tidak melakukan puasa, kecuali ….
a. Orang yang gemuk
b. Ibu hamil
c. Musafir
d. Orang sakit
a. Orang yang gemuk
b. Ibu hamil
c. Musafir
d. Orang sakit
17.
Waktu
berbuka puasa adalah saat ….
a. Terbit fajar
b. Bunyi imsak
c. Matahari terbit
d. Matahari terbenam
a. Terbit fajar
b. Bunyi imsak
c. Matahari terbit
d. Matahari terbenam
18.
Seseorang
boleh meninggalkan puasa karena ia tidak kuat lagi berpuasa disebabkan lanjut
usia yang sudah tua atau sakit yang berkepanjangan, namun ia wajib membayar ….
a. Fidyah
b. Zakat
c. Pajak
d. Mahar
a. Fidyah
b. Zakat
c. Pajak
d. Mahar
19.
Berikut
di bawah ini termasuk puasa wajib, kecuali ….
a. Puasa Rajab
b. Puasa Ramadhan
c. Puasa Nazar
d. Puasa Kifarat
a. Puasa Rajab
b. Puasa Ramadhan
c. Puasa Nazar
d. Puasa Kifarat
20.
Diantara
manfaat puasa dalam segi kesehatan adalah memberi kesempatan pada alat pencernaan
yang kita miliki untuk..
a. Semakin bekerja
b. Beristirahat
c. Tidak berfungsi
d. Berhenti
a. Semakin bekerja
b. Beristirahat
c. Tidak berfungsi
d. Berhenti
21.
Orang-orang
di bawah ini tidak wajib menjalankan puasa, kecuali ….
a. Orang gila
b. Orang islam
c. Wanita haid
d. Orang yang bekerja
a. Orang gila
b. Orang islam
c. Wanita haid
d. Orang yang bekerja
22.
Puasa
dapat melatih seorang untuk ….
a. Pintar memilih baju lebaran
b. Terlihat lebih bertakwa
c. Sabar dalam menghadapi cobaan
d. Menjadi lebih kaya raya
a. Pintar memilih baju lebaran
b. Terlihat lebih bertakwa
c. Sabar dalam menghadapi cobaan
d. Menjadi lebih kaya raya
23.
Di
antara sarat sah puasa adalah mumayis, yaitu seseorang itu mempu membedakan
antara ….
a. Makanan dan minuman
b. Sesuatu yang baik dan buruk
c. Siang dan malam
d. Surga dan neraka
a. Makanan dan minuman
b. Sesuatu yang baik dan buruk
c. Siang dan malam
d. Surga dan neraka
24.
Umat
islam diperintahkan puasa agar ia bisa menjadi semakin ….
a. Kurus
b. Bertakwa
c. Kaya
d. Pintar
a. Kurus
b. Bertakwa
c. Kaya
d. Pintar
25.
Salat
sunah yang dilakukan di bulan Ramadhan adalah salat ….
a. Idul fitri
b. Rawatib
c. Idul adha
d. Salat Tarawih
a. Idul fitri
b. Rawatib
c. Idul adha
d. Salat Tarawih
B. JAWABLAH PERTANYAAN-PERTANYAAN BERIKUT INI DENGAN BENAR!
1. Niat puasa yang dilakukan di malam hari termasuk bagian dari
…. puasa.
2. Puasa melatih kita untuk tidak melakukan perbuatan yang ….
3. Jika tidak menjalankan puasa akan mendapatkan ….
4. Puasa Nazar hukumnya adalah ….
5. Seorang wanita yang haid atau nifas boleh tidak menjalankan puasa Ramadhan namun ia wajib untuk …. di lain hari.
6. Puasa dapat memupuk rasa kepedulian kepada ….
7. Fidyah atau pengganti ketika tidak berpuasa dilakukan dengan cara ….
8. Orang yang melakukan perjalanan jauh dinamakan ….
9. Jika orang yang berpuasa lupa atau tidak sengaja makan dan minum, maka puasanya menjadi ….
10. Seorang yang berhasil menjalankan puasa maka dirinya akan menjadi ….
2. Puasa melatih kita untuk tidak melakukan perbuatan yang ….
3. Jika tidak menjalankan puasa akan mendapatkan ….
4. Puasa Nazar hukumnya adalah ….
5. Seorang wanita yang haid atau nifas boleh tidak menjalankan puasa Ramadhan namun ia wajib untuk …. di lain hari.
6. Puasa dapat memupuk rasa kepedulian kepada ….
7. Fidyah atau pengganti ketika tidak berpuasa dilakukan dengan cara ….
8. Orang yang melakukan perjalanan jauh dinamakan ….
9. Jika orang yang berpuasa lupa atau tidak sengaja makan dan minum, maka puasanya menjadi ….
10. Seorang yang berhasil menjalankan puasa maka dirinya akan menjadi ….
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
·
Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
·
Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru :
·
Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa.
Peserta didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf
serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
·
Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama
yang baik
·
Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/
perseorangan (jika diperlukan).
·
Mengagendakan pekerjaan rumah.
·
Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar