MATERI AJAR
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KELAS/SEMESTER : II/SATU
ALOKASI WAKTU : PERTEMUAN KE 1
TAHUN PELAJARAN :2019/2020
TANGGAL : 18
NOVEMBER 2019
GURU
: Peni Nopitasari,S.Pd.I
TEMA
: HIDUP
BERSIH DAN SEHAT
Tujuan
Pembelajaran
Melalui
tanya jawab,
penugasan dan diskusi, peserta didik mampu :
1. Menjelaskan cara hidup bersih dengan benar
2. Menjelaskan
cara hidup sehat dengan benar
3. Menyebutkan dua keuntungan hidup bersih
dengan tepat
4. Menyebutkan dua keuntungan hidup sehat dengan tepat
5. Menunjukan contoh gambar perilaku hidup
bersih dengan benar
6. Menunjukan contoh gambar perilaku hidup
sehat dengan benar
Materi Pembelajaran
·
Nabi Muhammad
saw. menyukai kebersihan.
·
Kebersihan
menjadi kebiasaan orang beriman.
·
Bersihkanlah
dirimu,
·
sesungguhnya
Islam itu bersih.
·
Orang mukmin
yang bersih akan sehat
·
Orang mukmin
yang sehat akan kuat
·
dan lebih
dicintai oleh Allah Swt.
·
Hidup bersih
dengan cara
·
membersihkan
badan dan pakaian
·
serta lingkungan
sekitar.
·
hidup sehat
dengan cara makan
·
dan minum yang
teratur.
·
Istirahat,
olahraga, ibadah dan lain-lain.
Metode Pembelajaran
Tanya jawab, penugasan dan diskudi
Media, Alat dan Sumber Belajar
1. Media:
Multimedia Interaktif dan gambar
2. Alat:
Laptop, LCD, Layar, Kertas
3. Sumber Belajar
Buku PAI dan Budi
Pekerti Kls II SD/MI, Penulis: Achmad Hasim
dan M. Kholid Fathoni, Kemdikbud, Jakarta,
2016.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan
1.
Pembelajaran dimulai dengan guru mengucapkan salam dan
berdoa bersama.
2.
Guru memeriksa kehadiran, kerapihan berpakaian,posisi
dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
3.
Guru menyapa peserta didik dengan ramah.
4.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
5.
Beberapa alternatif media/alat peraga/alat bantu bisa berupa
ilustrasi gambar atau tayangan visual (film) yang relevan dapat digunakan dalam
proses pembelajaran.
Beberapa alternatif
model/strategi/metode pembelajaran yang digunakan di antaranya
(1) Pengantar interaktif (menceritakan kisah
atau persoalan hidup melalui gambar atau tayangan visual/film yang bersifat
kontekstual kekinian)
(2) Diskusi mengenai
pelajaran dengan maksud saling mengoreksi pemahaman mereka atas pelajaran/materi
yang diterimanya agar masing-masing memperoleh pemahaman yang benar, dan
dilengkapi dengan lembar pengamatan dalam pelaksanaan diskusi.
(3) keluar sejenak
sebelum jam pelajaran dimulai untuk mencari pelajaran faktual tentang
lingkungan yang bersih sehat, atau sebaliknya kotor dan menjadi sarang
penyakit.
Kegiatan Inti
1.
Peserta didik menyimak penjelasan singkat guru tentang
pentingnya hidup bersih dan sehat, Allah Swt.mencintai orang beriman yang
hidupnya bersih dan selalu menyucikan diri. Begitu juga rasul mencintai orang
yang kuat dan sehat.
2.
Pada rubrik “Kegiatanku” peserta didik mengamati gambar/ilustrasi
tentang:
- pentingnya olahraga
dalam lingkungan keluarga agar sehat, bugar dan kuat.
- lingkungan orang yang
suka kebersihan.
3.
Peserta didik diberi kesempatan untuk menanya tentang hal
yang telah diamatinya. Apabila mengalami kesulitan guru memberikan bimbingan
dan panduan (stimulus) agar peserta didik mencari tahu dengan cara menanya.
4.
Pertanyaan peserta didik yang diharapkan tidak saja
apa atau siapa, tetapi mengapa dan bagaimana.
5.
Pertanyaan peserta didik diinventarisasi oleh guru.
6.
Selanjutnya secara individu maupun berkelompok diadakan
diskusi untuk menanggapi dan menjawab beberapa pertanyaan.
7.
Proses mendapatkan tanggapan dan jawaban atau pelaksanaan
diskusi difasilitasi oleh guru sehingga berjalan dengan baik.
8.
Peserta didik mengemukakan isi gambar tersebut, baik secara
individu maupun hasil kerja kelompok.
9.
Peserta didik atau kelompok lain menanggapi beberapa pendapatnya.
10. Salah satu peserta
didik atau perwakilan kelompok diminta untuk menyimpulkan maksud isi gambar
tersebut.
11. Peserta didik diberi
penjelasan tambahan dan penguatan tentang maksud isi gambar tersebut.
12. Peserta didik menyimak
kembali penjelasan guru tentang pentingnya kebersihan dan hidup sehat (lihat
poin A pada buku teks).
13. Dari hasil menyimak
paparan tersebut, peserta didik diberikan kesempatan untuk bertanya baik secara
individu maupun secara berkelompok.
14. Peserta didik membuat
contoh permasalahan sehari-hari (kontekstual) yang terkait dengan kebersihan
dan hidup sehat.
15. Menyampaikan hasil
diskusi baik secara individu maupun perwakilan kelompok dan menyampaikan
kesimpulan.
16. Pada rubrik “Tepuk
Tangan Islami” peserta didik bermain tepuk tangan anak sehat. Lakukan secara
bergantian.
17. Pada rubrik “Sikapku”,
guru meminta peserta didik memberikan pendapat atau pengalaman hidup kesehariannya,
apakah hidupnya sudah besih dan sehat ataukah belum. Jika sudah atau belum
dapat mereka mengemukakan alasannya?
18. Pada rubrik “Ayo
Kerjakan”, peserta didik secara individu/ berpasangan dengan teman sebangku/
kelompok untuk saling melengkapi pendapat dalam menceritakan isi gambar.
19. Pada rubrik “Insya
Allah Aku Bisa” guru membimbing peserta didik untuk memberikan tanda (√) pada
rubrik ‘ya’ atau ‘tidak’
PENILAIAN
Nama Siswa yang dinilai
Kelas / Semester
|
:
|
|
……………………………..
II / Ganjil
|
|||||
Teknik Penilaian
|
:
|
|
Tes Tulis
|
|||||
Penilai
|
:
|
|
Guru
|
|||||
No.
|
Indikator
|
|
Instrumen
|
|||||
1.
|
Menjelaskan cara hidup bersih
|
|
Cara hidup bersih adalah dengan…………………….
|
|||||
2.
|
Menjelaskan
cara hidup sehat
|
|
Cara hidup sehat adalah dengan……………………..
|
|||||
3.
|
Menyebutkan dua keuntungan hidup bersih
|
|
Dengan hidup bersih kita akan………………dan……
|
|||||
4.
|
Menyebutkan dua keuntungan hidup sehat
|
|
Dengan hidup sehat kita akan………..dan…………
|
|||||
RUBRIK PENILAIAN:
Tiap nomor diberi skor 2
Skor maksimal 8
Skor maksimal
|
||||||||
20. Keterampilan
a.
Jenis
Penilaian : Tes
b.
Teknik
Penilaian : Kinerja
c.
Bentuk
Instrumen : Lembar penilaian
kinerja
d.
Kisi-kisi :
No.
|
Indikator
|
Butir
Instrumen
|
1
|
Menunjukan contoh gambar perilaku hidup
bersih
|
Nomor 1
|
2
|
Menunjukan contoh gambar perilaku hidup
Sehat
|
Nomor 2
|
e. Instrumen
Penilaian Keterampilan
Kelas/Semester
|
:
|
|
II / Ganjil
|
|||||||||||
Teknik Penilaian
|
:
|
|
Kinerja
|
|||||||||||
Penilai
|
:
|
|
Guru
|
|||||||||||
No.
|
Indikator
|
|
Instrumen
|
|||||||||||
1.
|
Menunjukan contoh gambar perilaku hidup
bersih
|
|
Tunjukan contoh gambar perilaku hidup
bersih!
|
|||||||||||
2.
|
Menunjukan contoh gambar perilaku hidup
Sehat
|
|
Tunjukan contoh gambar perilaku hidup
Sehat!
|
|||||||||||
|
||||||||||||||
No.
|
Kompetensi
|
Kriteria
|
Skor
|
|||||||||||
Sangat Tepat
|
Tepat
|
Sedang
|
Kurang Tepat
|
Tidak Tepat
|
||||||||||
1
|
Menunjukan contoh gambar perilaku hidup
bersih
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
2
|
Menunjukan contoh gambar perilaku hidup
Sehat
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
JUMLAH SKOR
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
KETERANGAN
|
NILAI
|
|
NILAI AKHIR
|
|||||||||||
Sangat Tepat
Tepat
Sedang
Kurang Tepat
Tidak Tepat
|
= Skor 5
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
|
Skor yang diperoleh
---------------- x 100 =
--
Skor maksimal
|
|
|
||||||||||
Catatan kriteria:
·
Sangat
tepat : Apabila peserta didik dapat menunjukkan contoh gambar dengan tepat.
·
Tepat : Apabila peserta didik dapat menunjukkan
contoh gambar dengan tepat, akan
tetapi masih ada satu kesalahan.
·
Sedang : Apabila peserta didik dapat menunjukkan contoh gambar dengan tepat, akan tetapi masih ada dua
kesalahan.
·
Kurang
Tepat : Apabila peserta didik dapat menunjukkan contoh gambar dengan kurang tepat.
·
Tidak
Tepat : Apabila peserta didik tidak dapat menunjukkan contoh gambar.
|
||||||||||||||
Pengayaan
Dalam kegiatan pembelajaran, bagi peserta didik yang sudah mencapai KKM,
diminta mengerjakan materi pengayaan yang sudah disiapkan. Diutamakan yang
bersifat kasus kekinian.
Misalnya mengajak kunjungan ke tempat yang bersih atau kotor terdekat
untuk membangun pikiran siswa. Guru juga dapat menunjukkan sebuah gambar untuk
tujuan tersebut di atas
Remedial
Bagi peserta didik yang belum mencapai KKM, guru menjelaskan kembali
materi tentang hidup bersih dan sehat (lihat di rubric pengembangan materi).Selanjutnya
melakukan penilaian kembali (lihat poin 6).Pelaksanaan remedial dilakukan pada
hari dan waktu tertentu yang disesuaikan, misalnya 30 menit setelah jam pulang.
Interaksi Guru dan Orang tua
Guru meminta peserta didik memperlihatkan rubrik “Insya Allah Aku Bisa”
dalam buku teks kepada orang tuanya dengan memberikan komentar dan paraf (halaman
terakhir Pelajaran 5).
Dapat juga dilakukan dengan menggunakan buku penghubung guru dan orang
tua atau komunikasi langsung dengan orang tua untuk mengamati perilaku anak
tentang hidup bersih dan sehat dalam keluarganya. Misalnya orang tua diminta mengamati
perilaku hidup bersih dan sehat anaknya dalam kehidupan sehari-hari.
Penutup
·
Peserta didik membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
·
Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan
atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan
masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.
·
Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik
cara individu maupun kelompok.
·
Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
·
Menutup pelajaran dengan berdo’a dan salam.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar