أَهْلًا وَسَهْلًا MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM أُمِّيّ Peni Nopitasari,S.Pd.I Pendidikan Agama Islam: SENIN 18 NOVEMBER MATERI AJAR KELAS 2D

Senin, 18 November 2019

SENIN 18 NOVEMBER MATERI AJAR KELAS 2D



MATERI AJAR

MATA PELAJARAN          : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KELAS/SEMESTER           : II/SATU
ALOKASI WAKTU              : PERTEMUAN KE 1
TAHUN PELAJARAN         :2019/2020
TANGGAL                            : 18 NOVEMBER 2019
GURU                                    : Peni Nopitasari,S.Pd.I
TEMA                                    : HIDUP BERSIH DAN SEHAT

Tujuan Pembelajaran       
     Melalui tanya jawab, penugasan dan diskusi, peserta didik mampu :
1.      Menjelaskan cara hidup bersih dengan benar
2.      Menjelaskan cara hidup sehat dengan benar
3.      Menyebutkan dua keuntungan hidup bersih dengan tepat
4.      Menyebutkan dua keuntungan hidup sehat dengan tepat
5.      Menunjukan contoh gambar perilaku hidup bersih dengan benar
6.      Menunjukan contoh gambar perilaku hidup sehat dengan benar

 Materi Pembelajaran
·         Nabi Muhammad saw. menyukai kebersihan.
·         Kebersihan menjadi kebiasaan orang beriman.
·         Bersihkanlah dirimu,
·         sesungguhnya Islam itu bersih.
·         Orang mukmin yang bersih akan sehat
·         Orang mukmin yang sehat akan kuat
·         dan lebih dicintai oleh Allah Swt.
·         Hidup bersih dengan cara
·         membersihkan badan dan pakaian
·         serta lingkungan sekitar.
·         hidup sehat dengan cara makan
·         dan minum yang teratur.
·         Istirahat, olahraga, ibadah dan lain-lain.
Metode Pembelajaran
Tanya jawab, penugasan dan diskudi

 Media, Alat dan Sumber Belajar
1.      Media:
  Multimedia Interaktif dan gambar
2.      Alat:
   Laptop, LCD, Layar, Kertas
3.      Sumber Belajar
  Buku PAI dan Budi Pekerti Kls II SD/MI, Penulis: Achmad Hasim dan M.  Kholid Fathoni, Kemdikbud, Jakarta, 2016.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan
1.      Pembelajaran dimulai dengan guru mengucapkan salam dan berdoa bersama.
2.      Guru memeriksa kehadiran, kerapihan berpakaian,posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
3.      Guru menyapa peserta didik dengan ramah.
4.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
5.      Beberapa alternatif media/alat peraga/alat bantu bisa berupa ilustrasi gambar atau tayangan visual (film) yang relevan dapat digunakan dalam proses pembelajaran.
Beberapa alternatif model/strategi/metode pembelajaran yang digunakan di antaranya
 (1) Pengantar interaktif (menceritakan kisah atau persoalan hidup melalui gambar atau tayangan visual/film yang bersifat kontekstual kekinian)
(2) Diskusi mengenai pelajaran dengan maksud saling mengoreksi pemahaman mereka atas pelajaran/materi yang diterimanya agar masing-masing memperoleh pemahaman yang benar, dan dilengkapi dengan lembar pengamatan dalam pelaksanaan diskusi.
(3) keluar sejenak sebelum jam pelajaran dimulai untuk mencari pelajaran faktual tentang lingkungan yang bersih sehat, atau sebaliknya kotor dan menjadi sarang penyakit.
Kegiatan Inti
1.      Peserta didik menyimak penjelasan singkat guru tentang pentingnya hidup bersih dan sehat, Allah Swt.mencintai orang beriman yang hidupnya bersih dan selalu menyucikan diri. Begitu juga rasul mencintai orang yang kuat dan sehat.
2.      Pada rubrik “Kegiatanku” peserta didik mengamati gambar/ilustrasi tentang:
-       pentingnya olahraga dalam lingkungan keluarga agar sehat, bugar dan kuat.
-       lingkungan orang yang suka kebersihan.
3.      Peserta didik diberi kesempatan untuk menanya tentang hal yang telah diamatinya. Apabila mengalami kesulitan guru memberikan bimbingan dan panduan (stimulus) agar peserta didik mencari tahu dengan cara menanya.
4.      Pertanyaan peserta didik yang diharapkan tidak saja apa atau siapa, tetapi mengapa dan bagaimana.
5.      Pertanyaan peserta didik diinventarisasi oleh guru.
6.      Selanjutnya secara individu maupun berkelompok diadakan diskusi untuk menanggapi dan menjawab beberapa pertanyaan.
7.      Proses mendapatkan tanggapan dan jawaban atau pelaksanaan diskusi difasilitasi oleh guru sehingga berjalan dengan baik.
8.      Peserta didik mengemukakan isi gambar tersebut, baik secara individu maupun hasil kerja kelompok.
9.      Peserta didik atau kelompok lain menanggapi beberapa pendapatnya.
10.  Salah satu peserta didik atau perwakilan kelompok diminta untuk menyimpulkan maksud isi gambar tersebut.
11.  Peserta didik diberi penjelasan tambahan dan penguatan tentang maksud isi gambar tersebut.
12.  Peserta didik menyimak kembali penjelasan guru tentang pentingnya kebersihan dan hidup sehat (lihat poin A pada buku teks).
13.  Dari hasil menyimak paparan tersebut, peserta didik diberikan kesempatan untuk bertanya baik secara individu maupun secara berkelompok.
14.  Peserta didik membuat contoh permasalahan sehari-hari (kontekstual) yang terkait dengan kebersihan dan hidup sehat.
15.  Menyampaikan hasil diskusi baik secara individu maupun perwakilan kelompok dan menyampaikan kesimpulan.
16.  Pada rubrik “Tepuk Tangan Islami” peserta didik bermain tepuk tangan anak sehat. Lakukan secara bergantian.
17.  Pada rubrik “Sikapku”, guru meminta peserta didik memberikan pendapat atau pengalaman hidup kesehariannya, apakah hidupnya sudah besih dan sehat ataukah belum. Jika sudah atau belum dapat mereka mengemukakan alasannya?
18.  Pada rubrik “Ayo Kerjakan”, peserta didik secara individu/ berpasangan dengan teman sebangku/ kelompok untuk saling melengkapi pendapat dalam menceritakan isi gambar.
19.  Pada rubrik “Insya Allah Aku Bisa” guru membimbing peserta didik untuk memberikan tanda (√) pada rubrik ‘ya’ atau ‘tidak’

PENILAIAN
Nama Siswa yang dinilai
Kelas / Semester
:

……………………………..
II / Ganjil
Teknik Penilaian
:

Tes Tulis
Penilai
:

Guru
No.
Indikator

Instrumen
1.
Menjelaskan cara hidup bersih

Cara hidup bersih adalah dengan…………………….
2.
Menjelaskan cara hidup sehat

Cara hidup sehat adalah dengan……………………..
3.
Menyebutkan dua keuntungan hidup bersih

Dengan hidup bersih kita akan………………dan……
4.
Menyebutkan dua keuntungan hidup sehat

Dengan hidup sehat kita akan………..dan…………
RUBRIK PENILAIAN:
Tiap nomor diberi skor 2
Skor maksimal 8
x 100 = ………………….
 
Skor akhir                :    Skor yang diperoleh siswa      
                                              Skor maksimal










20.  Keterampilan
a.    Jenis Penilaian      : Tes
b.    Teknik Penilaian   : Kinerja
c.    Bentuk Instrumen            : Lembar penilaian kinerja
d.   Kisi-kisi                :
No.
Indikator
Butir Instrumen

1


Menunjukan contoh gambar perilaku hidup bersih
Nomor 1

2


Menunjukan contoh gambar perilaku hidup Sehat
Nomor 2
e. Instrumen Penilaian Keterampilan
Kelas/Semester
:

II / Ganjil
Teknik Penilaian
:

Kinerja
Penilai
:

Guru
No.
Indikator

Instrumen
1.
Menunjukan contoh gambar perilaku hidup bersih

Tunjukan contoh gambar perilaku hidup bersih!
2.
Menunjukan contoh gambar perilaku hidup Sehat

Tunjukan contoh gambar perilaku hidup Sehat!

No.
Kompetensi
Kriteria
Skor
Sangat Tepat
Tepat
Sedang
Kurang Tepat
Tidak Tepat
1
Menunjukan contoh gambar perilaku hidup bersih






2
Menunjukan contoh gambar perilaku hidup Sehat






JUMLAH SKOR








KETERANGAN
NILAI

NILAI AKHIR
Sangat Tepat
Tepat
Sedang
Kurang Tepat
Tidak Tepat
= Skor 5
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
Skor yang diperoleh
---------------- x  100  =   --    
Skor maksimal


Catatan kriteria:
·     Sangat tepat       :  Apabila peserta didik dapat menunjukkan contoh gambar  dengan tepat.
·     Tepat                  :  Apabila peserta didik dapat menunjukkan contoh gambar  dengan tepat, akan tetapi masih ada satu kesalahan.
·     Sedang               :  Apabila peserta didik dapat menunjukkan contoh gambar  dengan tepat, akan tetapi masih ada dua kesalahan.
·     Kurang Tepat     :  Apabila peserta didik dapat menunjukkan contoh gambar  dengan kurang tepat.
·     Tidak Tepat        :  Apabila peserta didik tidak dapat menunjukkan contoh gambar.
















Pengayaan
Dalam kegiatan pembelajaran, bagi peserta didik yang sudah mencapai KKM, diminta mengerjakan materi pengayaan yang sudah disiapkan. Diutamakan yang bersifat kasus kekinian.
Misalnya mengajak kunjungan ke tempat yang bersih atau kotor terdekat untuk membangun pikiran siswa. Guru juga dapat menunjukkan sebuah gambar untuk tujuan tersebut di atas

Remedial
Bagi peserta didik yang belum mencapai KKM, guru menjelaskan kembali materi tentang hidup bersih dan sehat (lihat di rubric pengembangan materi).Selanjutnya melakukan penilaian kembali (lihat poin 6).Pelaksanaan remedial dilakukan pada hari dan waktu tertentu yang disesuaikan, misalnya 30 menit setelah jam pulang.

Interaksi Guru dan Orang tua
Guru meminta peserta didik memperlihatkan rubrik “Insya Allah Aku Bisa” dalam buku teks kepada orang tuanya dengan memberikan komentar dan paraf (halaman terakhir Pelajaran 5).
Dapat juga dilakukan dengan menggunakan buku penghubung guru dan orang tua atau komunikasi langsung dengan orang tua untuk mengamati perilaku anak tentang hidup bersih dan sehat dalam keluarganya. Misalnya orang tua diminta mengamati perilaku hidup bersih dan sehat anaknya dalam kehidupan sehari-hari.

Penutup
·        Peserta didik membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
·        Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.
·        Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok.
·        Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.
·        Menutup pelajaran dengan berdo’a dan salam.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jum'at Materi Ajar Praktek Agama kelas 3

  Hari/Tanggal   :   Jum'at 22 November  2024 Tema                 :    Praktek Wudhu Kelas                 :    3 Tujuan Pembelajaran :...