أَهْلًا وَسَهْلًا MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM أُمِّيّ Peni Nopitasari,S.Pd.I Pendidikan Agama Islam: RABU, 27 NOVEMBER 2019 MATERI AJAR KLS V

Rabu, 27 November 2019

RABU, 27 NOVEMBER 2019 MATERI AJAR KLS V


MATERI AJAR

MATA PELAJARAN          : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KELAS/SEMESTER           : V/SATU
TAHUN PELAJARAN       : 2019/2020
TANGGAL                           : 27 NOVEMBER 2019
ALOKASI WAKTU            : PERTEMUAN KE 3
GURU                                   : Peni Nopitasari,S.Pd.I
TEMA                                      TEMA                                  : MANFAAT PUASA RAMADHAN


Kegiatan Pendahuluan

v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran

v  Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v  Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,
o   Memperbanyak Kebaikan di bulan Ramadān.
v  Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v  Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v  Apabila materi/tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
o   Manfaat Puasa Ramadān
v  Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
v  Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v  Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v  Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
v  Pembagian kelompok belajar
v  Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran
Mengamati
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik Manfaat Puasa Ramadān dengan cara :
v  Mengamati
lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan: Manfaat Puasa Ramadān

Menanya
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v  Mengajukan pertanyaan tentang :
o   Manfaat Puasa Ramadān
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :
Apa manfaat puasa ramadan?
Mengumpulkan informasi
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v  Membaca sumber lain selain buku teks,
mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel tentang
o   Manfaat Puasa Ramadān
v  Mengumpulkan informasi
Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu
o   Manfaat Puasa Ramadān
·         Manfaat orang yang berpuasa terutama puasa Ramadān sangat banyak, di antaranya hal-hal berikut.
§  Ungkapan rasa syukur kepada Allah Swt.
§  Melatih kejujuran
§  Menanamkan rasa kasih sayang
§  Sehat jasmani dan rohani
§  Melatih kesabaran (pengendalian diri)
v  Saling tukar informasi tentang  :
o   Manfaat Puasa Ramadān
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Mengkomunikasikan
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
o   Manfaat Puasa Ramadān
v  Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v  Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
o   Manfaat Puasa Ramadān
v  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
Mengasosiasikan
Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang:
v  Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v  Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
o   Manfaat Puasa Ramadān
v  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
Manfaat Puasa Ramadān
TES LATIHAN SOAL
A. BERILAH TANDA SILANG (X) PADA HURUF A, B, C ATAU D PADA JAWABAN YANG BENAR!
1.        Puasa yang wajib dilakukan umat islam selama satu bulan adalah jatuh pada bulan ….
a. Muharom
  
b. Syawwal
   
c. Ramadhan
  
d. Dzulhijah
2.         Puasa merupakan rukun islam urutan yang ….
a. Pertama
  
b. Kedua
   
c. Ketiga
   
d. Keempat
3.        . Perintah puasa terdapat pada Al-qur’an surat ….
a. Ali Imron ayat 83
     
b. An-Nas ayat 4
     
c. An-Nisa’ ayat 21
d. Al-Baqarah ayat 183
4.         Selain menahan untuk makan dan minum, saat puasa kita harus menahan diri dalam ….
a. Melakukan perbuatan tercela
   
b. Solat lima waktu dengan tepat
  
c. Bermain dengan teman-teman
 
d. Tadarus Al-Qur’an di masjid
5.         Puasa wajib yang dijanjikan untuk dilaksanakan oleh orang yang bernazar karena terkabul permohonannya dinamakan puasa ….
a. Kifarat
   
b. Sunah
   
c. Taubat
   
d. Nazar
6.        Kegiatan sahur dilakukan orang yang berpuasa pada waktu ….
a. Sebelum matahari terbenam
   
b. Setelah imsak
    
c. Sebelum terbit fajar
 
d. Setelah salat subuh
7.        Puasa Ramadhan mempunyai ketentuan-ketentuan yang harus dipenuhi agar puasanya menjadi ….
a. Batal
   
b. Khusuk
   
c. Sah
    
d. Keren
8.        Dalam bahasa Indonesia, kata puasa berasal dari bahasa Sanskerta yaitu Upawasa yang mempuyai arti ….
a. Menahan makan
 
b. Tidak minum
  
c. Pengendalian diri
 
d. Berdoa
9.         Dalam bahsa Arab, puasa disebut ….
a. Salat
   
b. Siyam
   
c. Ridho 
  
d. Tarawih
10.      Hal-hal yang harus dipenuhi untuk kesempurnaan puasa, namun berada di luar pelaksanaan puasa dinamakan ….
a. Syarat puasa
  
b. Rukun puasa
 
c. Fadilah puasa
  
d. Hikmah puas
a
11.     Waktu untuk berpuasa yaitu sejak terbitnya fajar sidik sampai dengan ….
a. Terdengar bedug
 
b. Terdengar azan
  
c. Terbenam matahari
d. Waktu Ashar
12.     . Puasa dapat melatih seorang mukmin untuk mengendalikan ….
a. Orang lain
  
b. Hawa nafsunya
  
c. Kekuasaan
 
d. Harta rejekinya
13.      Di bawah ini yang termasuk syarat puasa adalah ….
a. Sahur
   
b. Berbuka
   
c. Baligh
   
d. Salat tarawih
14.      Membicarakan keburukan orang lain dapat ….
a. Menambah pahala puasa
    
b. Menghilangkan pahala puasa
 
c.Menyulitkan saat puasa
d. Mempermudah menjalani puasa
15.     Puasa dapat bermanfaat bagi ….
a. Kekayaan
  
b. Kesehatan
   
c. Kecantikan
  
d. Ketampanan
16.     Di bawah ini adalah orang-orang yang dibolehkan tidak melakukan puasa, kecuali ….
a. Orang yang gemuk
  
b. Ibu hamil
   
c. Musafir
  
d. Orang sakit
17.     Waktu berbuka puasa adalah saat ….
a. Terbit fajar
  
b. Bunyi imsak
  
c. Matahari terbit
 
d. Matahari terbenam
18.     Seseorang boleh meninggalkan puasa karena ia tidak kuat lagi berpuasa disebabkan lanjut usia yang sudah tua atau sakit yang berkepanjangan, namun ia wajib membayar ….
a. Fidyah
   
b. Zakat
   
c. Pajak
  
d. Mahar
19.     Berikut di bawah ini termasuk puasa wajib, kecuali ….
a. Puasa Rajab
  
b. Puasa Ramadhan
 
c. Puasa Nazar
  
d. Puasa Kifarat
20.     Diantara manfaat puasa dalam segi kesehatan adalah memberi kesempatan pada alat pencernaan yang kita miliki untuk..
a. Semakin bekerja
  
b. Beristirahat
 
c. Tidak berfungsi
  
d. Berhenti
21.     Orang-orang di bawah ini tidak wajib menjalankan puasa, kecuali ….
a. Orang gila
  
b. Orang islam
 
c. Wanita haid
  
d. Orang yang bekerja
22.     Puasa dapat melatih seorang untuk ….
a. Pintar memilih baju lebaran
   
b. Terlihat lebih bertakwa
   
c. Sabar dalam menghadapi cobaan
d. Menjadi lebih kaya raya
23.     Di antara sarat sah puasa adalah mumayis, yaitu seseorang itu mempu membedakan antara ….
a. Makanan dan minuman
   
b. Sesuatu yang baik dan buruk
  
c. Siang dan malam
d. Surga dan neraka
24.     Umat islam diperintahkan puasa agar ia bisa menjadi semakin ….
a. Kurus
   
b. Bertakwa
   
c. Kaya
  
d. Pintar
25.     Salat sunah yang dilakukan di bulan Ramadhan adalah salat ….
a. Idul fitri
  
b. Rawatib
  
c. Idul adha
   
d. Salat Tarawih
B. JAWABLAH PERTANYAAN-PERTANYAAN BERIKUT INI DENGAN BENAR!
1. Niat puasa yang dilakukan di malam hari termasuk bagian dari …. puasa.
2. Puasa melatih kita untuk tidak melakukan perbuatan yang ….
3. Jika tidak menjalankan puasa akan mendapatkan ….
4. Puasa Nazar hukumnya adalah ….
5. Seorang wanita yang haid atau nifas boleh tidak menjalankan puasa Ramadhan namun ia wajib untuk …. di lain hari.
6. Puasa dapat memupuk rasa kepedulian kepada ….
7. Fidyah atau pengganti ketika tidak berpuasa dilakukan dengan cara ….
8. Orang yang melakukan perjalanan jauh dinamakan ….
9. Jika orang yang berpuasa lupa atau tidak sengaja makan dan minum, maka puasanya menjadi ….
10. Seorang yang berhasil menjalankan puasa maka dirinya akan menjadi ….
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
·         Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
·         Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru :
·         Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
·         Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
·         Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
·         Mengagendakan pekerjaan rumah.
·         Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jum'at Materi Ajar Praktek Agama kelas 3

  Hari/Tanggal   :   Jum'at 22 November  2024 Tema                 :    Praktek Wudhu Kelas                 :    3 Tujuan Pembelajaran :...