أَهْلًا وَسَهْلًا MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM أُمِّيّ Peni Nopitasari,S.Pd.I Pendidikan Agama Islam: SENIN, 30 SEPTEMBER 2019 MATERI AJAR KELAS 2D

Senin, 30 September 2019

SENIN, 30 SEPTEMBER 2019 MATERI AJAR KELAS 2D

MATERI AJAR

MATA PELAJARAN          : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KELAS/SEMESTER           : II/SATU
ALOKASI WAKTU            : PERTEMUAN KE 5
TAHUN PELAJARAN        : 2019/2020
TANGGAL                            : 30 SEPTEMBER 2019
GURU                                    : Peni Nopitasari,S.Pd.I
TEMA                                    : MENGULANG MATERI DARI SUB BAB AWAL

Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
1) Pembelajaran dimulai dengan guru mengucapkan salam dan berdoabersama.
2) Memeriksa kehadiran, kerapihan berpakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
3) Menyapa peserta didik dengan ramah.
4) Menyampaikan tujuan pembelajaran
Apersepsi
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya. 

MATERI AJAR


MINGGU KE-I
TEMA         :   Nabi Muhammad saw Teladanku
KD              :   3.15 Memahami Kisah Keteladanan Nabi Muhammad



A.  Sikap Jujur Nabi Muhammad saw.
Nabi Muhammad saw. terkenal jujur
dalam setiap perkataan dan perbuatannya.
Dengan kejujurannya, beliau mendapat gelar al-Amin.
Sejak kecil, Nabi Muhammad saw.
memiliki sifat jujur.
Beliau dikenal sebagai pedagang yang jujur, juga sebagai
pemimpin yang jujur.
Nabi Muhammad saw. menyuruh kita selalu bersikap jujur.
Jujur kepada Allah Swt., kepada diri sendiri, kepada orang tua, guru, dan semua orang.

Lagu:
Aku Anak Jujur

(Nada lagu: Pelangi-pelangi)
Jadi anak jujur dicintai Allah
Jadi anak jujur kebanggaan Rasul
Janganlah kau ragu dan janganlah bingung
Jadi anak jujur pasti beruntung

B.   Keuntungan Bersikap Jujur
Orang jujur disayang Allah Swt.
disenangi orang tua dan guru,
dan punya banyak teman.
Jujur akan membawa kebaikan.


MATERI AJAR

MINGGU KE- I
TEMA :   Kasih Sayang Nabi Muhammad saw.
KD      :   3. 2  Memahami Kisah Keteladanan Nabi Muhammad saw





MATERI AJAR

MINGGU KE- 2
TEMA :   Kasih Sayang Allah SWT
KD      :   3. 2  Memahami Makna Asmaul Husna; ar-Rahman, ar-   Rahim, dan al-Malik


MATERI AJAR


MINGGU KE-2
TEMA         :   Q.S. An-Naas
KD              :   3.1 Memahami Pesan-Pesan Pokok Q.S. an-Naas

Membaca  al-Qur’±n mendapat pahala dari Allah Swt. Setiap hari aku selalu membacanya. Aku bangga dan senang bisa membaca al-Qur’±n dengan benar.




















Al-Khāliq artinya Allah Mahapencipta.
Ciptaan Allah Swt. disebut makhluk.
Allah Swt. yang menciptakan alam semesta ini beserta isinya.
Allah Maha Pencipta segala hal karena Allah berkuasa atas segalanya
Allah menciptakan yang tidak ada menjadi ada
Allah menciptakan dunia ini
dari yang tidak ada menjadi ada
.
Al-Khāliq artinya Allah Maha pencipta.
Ciptaan Allah Swt. disebut makhluk. 
Allah Swt. yang menciptakan alam semesta ini beserta isinya
Al-QUDUS artinya Allah Maha Suci
Allah Maha Suci dari segala apapun.
As-Salam artinya Allah Maha Sejahtera
As-Salam semua hal tentang kesejahteraan milik Allah
Dan bukankah (Allah) yang menciptakan langit dan bumi mampu menciptakan kembali yang serupa itu (jasad mereka yang sudah hancur itu) benar dan Dia Maha Pencipta Maha Mengetahui

(Q.S.Yasin/36 : 8
)
Allah sangat berkuasa menciptakan makhluk-Nyadari bentuk rupa warna kulit dan lain lainkamu berbeda mukanya dengan kakakmu kamu lebih pendek dari kakakmu kulit bapakmu lebih putih darimu semua adalah ciptaan Allah
Allah sangat berkuasa menciptakan makhluk-Nya dari bentuk rupa warna kulit dan lain lain kamu berbeda mukanya dengan kakakmu kamu lebih pendek dari kakakmu kulit bapakmu lebih putih darimu itu semua adalah ciptaan Allah kita harus menghormati perbedaan yang ada semua makhluk yang ada di dunia ini diciptakan semuanya oleh Allah manusia binatang dan tumbuhan diciptakan oleh Allah begitu juga dengan langit bumi laut darat jangan sampai kamu mengerjakan salat karena ingin dilihat orang lain karena ingin dipandang rajin dan salih karena ingin dipuji oleh guru atau orangtua.
hikmah
Allah Maha Penyayang
Allah Maha Penyayang
Allah Maha Pengasih
tanpa membeda bedakan manusia
alh amdulillah
aku sekarang paham asmaul husna
aku akan menyayangi sesama
aku akan menolong sesama

Penilaian
Pertemuan ke 3
Penilaian 1
Guru melakukan penilaian terhadap peserta didik dalam kegiatan individu mengerjakan pada rubrik “Ayo Berlatih”, dengan cara mencocokkan soal dan jawaban dengan membuat garis penghubung

Kunci jawaban
1. al-Khāliq
2. Makhluk
3. Tugas manusia
4. Yang mengatur makhluk
5. Matahari dan bulan

Memelihara lingkungan
Ciptaan Allah di langit
Allah Mahapencipta
Allah Swt.
Artinya Ciptaan Allah

Penskoran: 2=betul. 1=salah
Pilihhlah jawaban yang paling tepat A, B, C, D atau

1.    Nabi Muhammad dikenalsebagai orang yang jujur sejak….
a. Kecil     b. menjadi rosul   c.berdagang
2.    Berikut ini yang di beri gelar Al-Amin adalah…...
a.     Nabi Muhammad saw
b.    Abu Bakas As Shidiq     
c.      Umar bin Khatab
3.    Dagang Nabi Muhammad laris karena…
a.       Teliti      b. Jujur         c. Tekun
4.    Orang yang suka bohong akan…teman
a.       Disayang  b.Dibenci       c. Diakui
5.    Anak islam harus jujur dalam perkataan dan …..
a.     Perbuatan b.Pekerjaan c.Persatuan
6.    Istri Rosul sebagai kaya raya adalah…
a.    Aisyah  b. Khadijah      c. Aminah
7.    Uswatun Hasanah artinya….
a.    Sahabat yang baik
b.    Pemimpin yang baik
c.    Teladan yang baik
8.    Mengembalikan milik teman yang tertinggal di kelas termasuk jujur dalam…
a.    Perbuatan  b. Perkataan              c.Persatuan
9.    Nabi Muhammad mempunyai perilaku….    a. Tercela           b.Terpuji      c.Tertutup
10.          Orang yang mempunyai sikap jujur hatinya akan….
a.       Gelisah      b. Sakit    c. Tenang
11.           Tanda baca jika dibaca berbunyi "U" adalah.....
a. Fathah  b. Dommah     c. Kasrah
12.           يَذْهَبُ     bunyi bacaan kata disamping adalah
a. Yadzhabu         b. Yadhabu     c. Yaqrou
13.              Jumlah ayat dalam surat An-Nas adalah.......
a. 4 ayat      b. 5 ayat                      c. 6 ayat
14.               Pada surat An-Nas ayat terakhir berbunyi.......

a.                          النَّاسِ بِرَبِّ أَعُوذُ قُلْ
b                                    
مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ
c.               النَّاسِ صُدُورِ  فِي   يُوَسْوِسُ الَّذِي
15.              Q.S An-Nas merupakan surat dalam Al-Qur’an pada urutan ke…
a.       100    b.      109         c.   114
16.              An-Nas artinya…
a.  Manusia b. Tumbuhan   c. Hewan
17.              . Perbuatan membantu orang lain yang kesulitan disebut.......
a. berani       b. tolong menolong   c. rajin sekali
18.              Adab sebelum maka kita harus.......
a. bercanda b. berdo'a        c. Berlari
19.               "........fiima rozaqtana wakina 'azabannar". Kata awal pada do'a diatas adalah.......
a. Allohumma baarik lana
b. Allohumma inni as aluka
c. Robbi zidni 'ilma
20.              Membaca Huruf hijaiyah dimulai dari .....
a.       Kiri       b. Kanan          c. Depan
21.                   جَهَدَ  bila dibaca berbunyi ….
a.    Jahada
b.     Ja’ala
c.     Jahula
22.   Cara menulis huruf hijaiyah dimulai dari….
a.       Bawah ke atas
b.      Kiri ke kanan
c.       Kanan ke kiri
23.      Manusia yang mengingkari Nikmat Allah akan mendapatkan ….
a.       Pahala
b.      Azab Allah
c.       Keberuntungan
24.   Asmaul Husna artinya …
a.       Nama-nama yang biasa
b.      Nama-nama yang baik
c.       Nama-nama yang indah
25.   Asma’ul husna berjumlah ….
a.       88
b.      99
c.       111
26.   Allah memiliki nama Al-Khaliq artinya….
a.       Maha pencipta
b.      Maha penyayang
c.       Maha pemurah
27.   Jika kita mendapat nikmat, maka kita harus ….
a.       Bersedih
b.      Bersyukur
c.       Bersenang-senang
28.   Asma’ul husna yang artinya Maha pemberi rezeki adalah….
a.       Al-Basir
b.      Ar-Razaq
c.       As-Sami’
29.   Al-Basir artinya….
a.       Maha melihat
b.      Maha mendengar
c.       Maha pencipta
30.   Rezeki yang halalan tayyiban artinya rezeki yang…
a.       Berlimpah
b.      Tidak disangka-sangka
c.       Halal dan Baik
ESAY
1.      الغفور (al ghofur) Sebutkan huruf hijaiyah pada lafaz disamping !
  1. Tulislah bunyi surat An-Nas pada ayat kelima !
3.      حَسُنَ   dibaca ...
4.      رَشَ نَ طَ    Jika ditulis sambung menjadi . .
5.      Pisahkan huruf huruf nya pada kata نَشَطَ  ......

Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru 
  • Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru :   
·           Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek Dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
·           Memberikan penghargaan sebuah nilai yang terbaik kepada menghafal dan hafal dengan baik
·             Mengagendakan pekerjaan rumah
·            Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya

SEMOGA ANAK SHOLEH SHOLEHAH UMI KELAS IID BISA MENGERJAKAN UTS DENGAN BAIK ^__^
TETAP SELALU BELAJAR DAN JANGAN LUPA BERDOA YAA *__*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jum'at Materi Ajar Praktek Agama kelas 3

  Hari/Tanggal   :   Jum'at 22 November  2024 Tema                 :    Praktek Wudhu Kelas                 :    3 Tujuan Pembelajaran :...