MATERI AJAR
MATA PELAJARAN :
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KELAS/SEMESTER :
II/SATU
ALOKASI WAKTU :
PERTEMUAN KE 5
TAHUN PELAJARAN : 2019/2020
TANGGAL : 30 SEPTEMBER
2019
GURU
:
Peni Nopitasari,S.Pd.I
TEMA
: MENGULANG
MATERI DARI SUB BAB AWAL
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
1) Pembelajaran dimulai dengan guru mengucapkan salam
dan berdoabersama.
2) Memeriksa kehadiran, kerapihan berpakaian, posisi dan
tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
3)
Menyapa peserta didik dengan ramah.
4) Menyampaikan tujuan pembelajaran
Apersepsi
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan
pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya.
MATERI AJAR
MINGGU KE-I
TEMA : Nabi Muhammad saw
Teladanku
KD :
3.15 Memahami
Kisah Keteladanan Nabi Muhammad
A.
Sikap Jujur Nabi Muhammad saw.
Nabi Muhammad saw. terkenal jujur
dalam setiap perkataan dan perbuatannya.
Dengan kejujurannya, beliau mendapat gelar al-Amin.
Sejak kecil, Nabi Muhammad saw.
memiliki sifat jujur.
Beliau dikenal sebagai pedagang yang jujur,
juga sebagai
pemimpin yang jujur.
Nabi Muhammad saw. menyuruh kita selalu
bersikap jujur.
Jujur kepada Allah Swt., kepada diri
sendiri, kepada orang tua, guru, dan semua orang.
Lagu:
Aku Anak Jujur
(Nada lagu:
Pelangi-pelangi)
Jadi anak jujur dicintai Allah
Jadi anak jujur kebanggaan Rasul
Janganlah kau ragu dan janganlah bingung
Jadi anak jujur pasti beruntung
B.
Keuntungan Bersikap Jujur
Orang jujur disayang Allah Swt.
disenangi orang tua dan guru,
dan punya banyak teman.
Jujur akan membawa kebaikan.
MATERI AJAR
MINGGU KE- I
TEMA : Kasih Sayang Nabi Muhammad saw.
KD : 3.
2 Memahami Kisah Keteladanan Nabi
Muhammad saw
MATERI AJAR
MINGGU KE- 2
TEMA : Kasih Sayang Allah SWT
KD
:
3. 2 Memahami Makna Asmaul Husna;
ar-Rahman, ar- Rahim, dan al-Malik
MATERI AJAR
MINGGU KE-2
TEMA : Q.S. An-Naas
KD :
3.1 Memahami Pesan-Pesan Pokok Q.S. an-Naas
Membaca
al-Qur’±n mendapat pahala dari Allah Swt. Setiap hari aku selalu
membacanya. Aku bangga dan senang bisa membaca al-Qur’±n dengan benar.
Al-Khāliq artinya Allah Mahapencipta.
Ciptaan Allah Swt. disebut makhluk.
Allah Swt. yang menciptakan alam semesta ini
beserta isinya.
Allah Maha Pencipta segala hal karena Allah berkuasa atas
segalanya
Allah menciptakan yang tidak ada menjadi ada Allah menciptakan dunia ini
dari yang tidak ada menjadi ada.
Allah menciptakan yang tidak ada menjadi ada Allah menciptakan dunia ini
dari yang tidak ada menjadi ada.
Al-Khāliq artinya Allah Maha pencipta.
Ciptaan
Allah Swt. disebut makhluk.
Allah
Swt. yang menciptakan alam semesta ini beserta isinya
Al-QUDUS artinya Allah Maha Suci
Allah Maha Suci dari segala apapun.
As-Salam
artinya Allah Maha Sejahtera
As-Salam
semua hal tentang kesejahteraan milik Allah
Dan
bukankah (Allah) yang
menciptakan langit dan bumi mampu
menciptakan kembali yang
serupa itu (jasad mereka yang sudah hancur itu) benar dan Dia Maha Pencipta Maha
Mengetahui
–
(Q.S.Yasin/36 : 8)
–
(Q.S.Yasin/36 : 8)
Allah
sangat berkuasa menciptakan makhluk-Nyadari bentuk rupa warna kulit dan lain
lainkamu berbeda mukanya dengan kakakmu kamu
lebih pendek dari kakakmu kulit
bapakmu lebih putih darimu semua
adalah ciptaan Allah
Allah sangat berkuasa menciptakan
makhluk-Nya dari
bentuk rupa warna kulit dan lain lain kamu
berbeda mukanya dengan kakakmu kamu
lebih pendek dari kakakmu kulit
bapakmu lebih putih darimu itu
semua adalah ciptaan Allah kita
harus menghormati perbedaan yang ada semua
makhluk yang ada di dunia ini diciptakan
semuanya oleh Allah manusia
binatang dan tumbuhan diciptakan oleh Allah begitu juga dengan langit bumi laut
darat jangan sampai kamu mengerjakan
salat karena ingin dilihat orang lain karena ingin dipandang rajin dan
salih karena ingin dipuji oleh guru atau
orangtua.
hikmah
Allah Maha Penyayang
Allah Maha Penyayang
Allah Maha Pengasih
tanpa membeda bedakan manusia
alh amdulillah
aku sekarang paham asmaul husna
aku akan menyayangi sesama
aku akan menolong sesama
Allah Maha Penyayang
Allah Maha Penyayang
Allah Maha Pengasih
tanpa membeda bedakan manusia
alh amdulillah
aku sekarang paham asmaul husna
aku akan menyayangi sesama
aku akan menolong sesama
Penilaian
Pertemuan
ke 3
Penilaian 1
Guru melakukan penilaian terhadap
peserta didik dalam kegiatan individu mengerjakan pada rubrik “Ayo Berlatih”,
dengan cara mencocokkan soal dan jawaban dengan membuat garis penghubung
Kunci jawaban
1.
al-Khāliq
2.
Makhluk
3.
Tugas manusia
4.
Yang mengatur makhluk
5.
Matahari dan bulan
|
Memelihara
lingkungan
Ciptaan
Allah di langit
Allah
Mahapencipta
Allah
Swt.
Artinya
Ciptaan Allah
|
Penskoran: 2=betul. 1=salah
Pilihhlah
jawaban yang paling tepat A, B, C, D atau
1.
Nabi
Muhammad dikenalsebagai orang yang jujur sejak….
a. Kecil b. menjadi rosul c.berdagang
a. Kecil b. menjadi rosul c.berdagang
2.
Berikut ini
yang di beri gelar Al-Amin adalah…...
a.
Nabi
Muhammad saw
b.
Abu Bakas As
Shidiq
c.
Umar bin Khatab
3.
Dagang Nabi
Muhammad laris karena…
a.
Teliti b. Jujur c. Tekun
4.
Orang yang
suka bohong akan…teman
a.
Disayang b.Dibenci c. Diakui
5.
Anak islam
harus jujur dalam perkataan dan …..
a.
Perbuatan
b.Pekerjaan c.Persatuan
6.
Istri Rosul
sebagai kaya raya adalah…
a.
Aisyah b. Khadijah c. Aminah
7.
Uswatun
Hasanah artinya….
a.
Sahabat yang
baik
b.
Pemimpin
yang baik
c.
Teladan yang
baik
8.
Mengembalikan
milik teman yang tertinggal di kelas termasuk jujur dalam…
a.
Perbuatan b. Perkataan c.Persatuan
9.
Nabi
Muhammad mempunyai perilaku…. a.
Tercela b.Terpuji c.Tertutup
10.
Orang yang
mempunyai sikap jujur hatinya akan….
a.
Gelisah b. Sakit c. Tenang
11.
Tanda
baca jika dibaca berbunyi "U" adalah.....
a. Fathah b. Dommah c. Kasrah
a. Fathah b. Dommah c. Kasrah
12.
يَذْهَبُ bunyi bacaan
kata disamping adalah
a. Yadzhabu b. Yadhabu c. Yaqrou
a. Yadzhabu b. Yadhabu c. Yaqrou
13.
Jumlah
ayat dalam surat An-Nas adalah.......
a. 4 ayat b. 5 ayat c. 6 ayat
a. 4 ayat b. 5 ayat c. 6 ayat
14.
Pada surat An-Nas ayat terakhir
berbunyi.......
a. النَّاسِ بِرَبِّ أَعُوذُ قُلْ
b. مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ
a. النَّاسِ بِرَبِّ أَعُوذُ قُلْ
b. مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ
c.
النَّاسِ
صُدُورِ فِي يُوَسْوِسُ الَّذِي
15.
Q.S An-Nas
merupakan surat dalam Al-Qur’an pada urutan ke…
a. 100 b. 109 c. 114
16.
An-Nas artinya…
a. Manusia b. Tumbuhan c.
Hewan
17.
.
Perbuatan membantu orang lain yang kesulitan disebut.......
a. berani b. tolong menolong c. rajin sekali
a. berani b. tolong menolong c. rajin sekali
18.
Adab
sebelum maka kita harus.......
a. bercanda b. berdo'a c. Berlari
a. bercanda b. berdo'a c. Berlari
19.
"........fiima rozaqtana wakina
'azabannar". Kata awal pada do'a diatas adalah.......
a. Allohumma baarik lana
b. Allohumma inni as aluka
c. Robbi zidni 'ilma
a. Allohumma baarik lana
b. Allohumma inni as aluka
c. Robbi zidni 'ilma
20.
Membaca Huruf
hijaiyah dimulai dari .....
a.
Kiri b. Kanan c.
Depan
21.
جَهَدَ bila dibaca berbunyi ….
a. Jahada
b. Ja’ala
c. Jahula
22.
Cara menulis huruf hijaiyah dimulai dari….
a.
Bawah
ke atas
b.
Kiri ke kanan
c.
Kanan ke kiri
23.
Manusia yang mengingkari Nikmat Allah akan mendapatkan ….
a. Pahala
b. Azab Allah
c. Keberuntungan
24.
Asmaul Husna artinya …
a. Nama-nama yang biasa
b. Nama-nama yang baik
c. Nama-nama yang indah
25.
Asma’ul husna berjumlah ….
a. 88
b. 99
c. 111
26.
Allah memiliki nama Al-Khaliq artinya….
a. Maha pencipta
b. Maha penyayang
c. Maha pemurah
27. Jika kita mendapat nikmat, maka kita
harus ….
a. Bersedih
b. Bersyukur
c. Bersenang-senang
28.
Asma’ul husna yang artinya Maha pemberi rezeki adalah….
a. Al-Basir
b. Ar-Razaq
c. As-Sami’
29.
Al-Basir artinya….
a. Maha melihat
b. Maha mendengar
c. Maha pencipta
30.
Rezeki yang halalan tayyiban artinya rezeki yang…
a. Berlimpah
b. Tidak disangka-sangka
c. Halal dan Baik
ESAY
1.
الغفور (al ghofur) Sebutkan
huruf hijaiyah pada lafaz disamping !
- Tulislah bunyi surat An-Nas pada ayat kelima !
3.
حَسُنَ dibaca ...
4.
رَشَ نَ طَ Jika ditulis sambung menjadi . .
5.
Pisahkan huruf huruf nya pada kata نَشَطَ ......
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru
- Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru :
·
Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai
langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan projek Dengan
benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian
projek.
·
Memberikan penghargaan sebuah nilai yang
terbaik kepada menghafal dan hafal dengan baik
·
Mengagendakan pekerjaan rumah
·
Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan
berikutnya
SEMOGA
ANAK SHOLEH SHOLEHAH UMI KELAS IID BISA MENGERJAKAN UTS DENGAN BAIK ^__^
TETAP
SELALU BELAJAR DAN JANGAN LUPA BERDOA YAA *__*
Tidak ada komentar:
Posting Komentar