MATERI AJAR
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KELAS/SEMESTER : II/SATU
ALOKASI WAKTU : PERTEMUAN KE 1
TAHUN PELAJARAN : 2019/2020
TANGGAL :2 SEPTEBER 2019
GURU
: Peni Nopitasari,S.Pd.I
TEMA
: ALLAH MAHA PENCIPTA
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
1) Pembelajaran
dimulai dengan guru mengucapkan salam dan berdoabersama.
2) Memeriksa
kehadiran, kerapihan berpakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan
kegiatan pembelajaran.
3) Menyapa peserta didik dengan ramah.
4) Menyampaikan tujuan pembelajaran
Apersepsi
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran
yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya.
Mengetahui tujuan dari pembelajaran ini yaitu :
Peserta didik mampu melakukan hal-hal
sebagai berikut:
a. Menyebutkan bukti kebesaran ciptaan Allah Swt.
dengan benar.
b. Menyebutkan
cara memanfaatkan ciptaan Allah Swt. dengan benar.
c. Menjelaskan
bukti kebesaran ciptaan Allah Swt. dengan benar.
d. Bersyukur atas makhluk
ciptaan Allah Swt. yang Maha Penciptadengan benar.
e. Membiasakan
bersyukur atas pemberian Allah Swt. dengan benar.
- Pertemuan ke 1
1) Peserta didik
mengamati gambar/ilustrasi tentang kebesaran ciptaanAllah Swt. di dalam
buku teks dan guru memberikan petunjuk secara teknis proses observasi.
2) Peserta didik
diberi kesempatan bertanya tentang hal yang telah diamatinya, apabila
mengalami kesulitan guru
memberikan bimbingan
dan panduan (stimulus) agar peserta didik mencari tahu dengan cara menanya.
3) Pertanyaan
peserta didik yang diharapkan tidak saja apa atau siapa, tetapi mengapa dan bagaimana.
4) Pertanyaan
peserta didik diinventarisir guru.
5) Selanjutnya secara individu maupun
berkelompok diadakan diskusi untuk menanggapi dan menjawab beberapa pertanyaan.
6) Proses
mendapatkan tanggapan dan
jawaban atau pelaksanaan diskusi difasilitasi oleh guru sehingga
berjalan dengan baik.
7) Peserta
didik mengemukakan isi
gambar tersebut, baik
secara individu maupun hasil kerja kelompok.
8) Peserta didik atau kelompok
lain menanggapi beberapa pendapatnya.
9) Salah
satu peserta didik
atau perwakilan kelompok
diminta menyimpulkan maksud isi gambar tersebut.
10) Peserta didik diberi penjelasan tambahan
dan penguatan tentang maksud gambar tersebut.
11) Selanjutnya peserta
didik menyimak penjelasan
guru tentang beberapa bukti
ciptaan Allah Swt. sesuai konteks masalah yang telah dikemukakan.
12) Dari
hasil menyimak paparan
tersebut, peserta didik
diberikan kesempatan untuk bertanya
baik secara individu maupun secara berkelompok.
13) Peserta didik
membuat rumusan yaitu mengaitkan makna ciptaan Allah dengan persoalan kehidupan nyata
sehari-hari (kontekstual).
14) Menyampaikan hasil diskusi baik secara
individu maupun perwakilan kelompok dan menyampaikan kesimpulannya.
15) Peserta didik bernyanyi baris per baris
lagu Allah Maha Pencipta.
16) Pada rubrik
“Sikapku”, guru meminta peserta didik bersama-sama
mengagumi ciptaan Allah
dengan mengucapkan “Subhānallāh
walhamdulillāh walāilaha illallāh wallāhu akbar”.
17) Pada rubrik “Ayo Kerjakan”
a) Peserta didik secara bergiliran menyebutkan
sebanyak-banyaknya ciptaan Allah.
b) Lakukan secara
bergantian dengan teman sebangku atau teman lainnya.
18)
Pada rubrik “Insya Allah Aku Bisa” guru membimbing peserta didik untuk
memberikan tanda (√) pada rubrik ‘ya’ atau ‘tidak’.
Pertemuan ke 1
Guru melakukan penilaian terhadap peserta
didik dalam kegiatan individu menjawab pertanyaan
pada rubrik “Ayo Berlatih”
Penskoran
Benar dan lengkap =
4
Menjawab benar kurang lengkap = 3
Menjawab benar kurang tepat = 2
Menjawab tapi salah = 1
Kunci jawaban
Kunci jawaban ini dapat dikembangkan guru.
Maksudnya dimungkinkan siswa menjawab dengan jawaban lain. Apabila
jawabannya benar (tidak bergantung pada bacaan yang ada) maka
skornya tetap benar.
Nama
siswa: …………………………………..
Kunci Jawaban
|
Skor
|
1. Allah
|
1-
4
|
2. menciptakan
|
1- 4
|
Skor maksimum
|
8
|
Nilai siswa = (nilai perolehan : 8) x 10
atau 100
Kegiatan
Penutup
Peserta didik :
- Membuat kesimpulan dibantu dan
dibimbing guru
- Melakukan refleksi terhadap
kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru :
·
Memeriksa pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan
projek Dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk
penilaian projek.
·
Memberikan penghargaan sebuah nilai
yang terbaik kepada menghafal dan hafal dengan baik
·
Mengagendakan pekerjaan rumah
·
Menyampaikan rencana pembelajaran pada
pertemuan berikutnya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar