MATERI AJAR
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KELAS/SEMESTER : II/SATU
ALOKASI WAKTU : PERTEMUAN KE 2
TAHUN PELAJARAN : 2019/2020
TANGGAL : 16 SEPTEBER 2019
GURU : Peni Nopitasari,S.Pd.I
TEMA : ALLAH MAHA PENCIPTA
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
1) Pembelajaran dimulai dengan guru mengucapkan salam dan berdoabersama.
2) Memeriksa kehadiran, kerapihan berpakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
3) Menyapa peserta didik dengan ramah.
4) Menyampaikan tujuan pembelajaran
Peserta didik mampu melakukan hal-hal sebagai berikut:
a. Mendemonstrasikan pelafalan al-Khāliq dengan benar.
b. Menyebutkan arti al-Khāliq dengan benar.
Pertemuan ke 2
Proses melafalkan dilakukan dengan langkah berikut ini.
1) Peserta didik melafalkan secara berulang-ulang kata al-Khāliq berikut artinya. Yakinkan bahwa mereka sudah dapat menguasai pelafalan tersebut.
2) Pada rubrik "Kegiatanku”
a) Guru mengamati cara kerja peserta didik menyelenggarakan belajar kelompok. Guru mengarahkan jika diperlukan.
b) Biarkan individu memilih teman kelompok untuk mengamati dan menyebutkan ciptaan Allah. Guru merubahnya jika komposisi tidak seimbang (misalnya anak pintar hanya ada di satu kelompok).
c) Perhatikan cara peserta didik mengelola diskusi kelompok masing-masing, termasuk menentukan waktu dan tempat untuk melakukan pengamatan di luar kelas.
d) Masing-masing kelompok mencatat hasil pengamatannya.
e) Selanjutnya masuk ke ruangan kelas kembali, dan menyampaikan hasil diskusinya di depan kelas, sementara kelompok lain menyimak dan memberi tanggapan atas hasil diskusinya.
3) Pada rubrik “Sikapku”, peserta didik mewajibkan diri bersyukur atas nikmat Allah yang telah menciptakan hal yang banyak dimanfaatkan manusia. Dalam kerangka itu, manusia perlu menentukan sikap apa yang harus dilakukan dalam rangka bersyukur.
4) Pada rubrik “Ayo Kerjakan” peserta didik menentukan gambar yang berkaitan dengan ciptaan Allah di langit dan di bumi (diisi dalam tabel yang sudah disediakan). Selanjutnya peserta didik menjelaskan secara singkat maksud dari gambar masing-masing.
5) Pada rubrik “Insya Allah Aku Bisa” guru membimbing peserta didik untuk memberikan tanda (√) pada rubrik ‘ya’ atau ‘tidak’.
Pertemuan ke2
Al-Khāliq artinya Allah Mahapencipta.
Ciptaan Allah Swt. disebut makhluk.
Allah Swt. yang menciptakan alam semesta ini beserta isinya
Penilaian
Penilaian
Pertemuan ke2
Penilaian 1
Guru melakukan penilaian terhadap peserta didik dalam kegiatan individu mengerjakan pada rubrik “Ayo Berlatih”, dengan cara mencocokkan soal dan jawaban dengan membuat garis penghubung
Kunci jawaban
1. al-Khāliq
2. Makhluk
3. Tugas manusia
4. Yang mengatur makhluk
5. Matahari dan bulan
|
Memelihara lingkungan
Ciptaan Allah di langit
Allah Mahapencipta
Allah Swt.
Artinya Ciptaan Allah
|
Penskoran: 2=betul. 1=salah
LATIHAN SOAL-SOAL !
Pilihhlah jawaban yang paling tepat A, B, C, D atau E
1.
جَهَدَ bila dibaca berbunyi ….
a. Jahada
b. Ja’ala
c. Jahula
2.
Cara
menulis huruf hijaiyah dimulai dari….
a.
Bawah ke atas
b. Kiri ke kanan
c.
Kanan
ke kiri
3.
Manusia
yang mengingkari Nikmat Allah akan mendapatkan ….
a. Pahala
b. Azab
Allah
c. Keberuntungan
4.
Asmaul
Husna artinya …
a. Nama-nama yang biasa
b. Nama-nama
yang baik
c. Nama-nama yang indah
5.
Asma’ul
husna berjumlah ….
a. 88
b. 99
c. 111
6.
Allah
memiliki nama Al-Khaliq artinya….
a. Maha pencipta
b. Maha
penyayang
c. Maha pemurah
7. Jika kita mendapat nikmat, maka kita
harus ….
a. Bersedih
b. Bersyukur
c. Bersenang-senang
8.
Asma’ul
husna yang artinya Maha pemberi rezeki adalah….
a. Al-Basir
b. Ar-Razaq
c. As-Sami’
9.
Al-Basir
artinya….
a. Maha melihat
b. Maha
mendengar
c. Maha pencipta
10.
Rezeki
yang halalan tayyiban artinya rezeki yang…
a. Berlimpah
b. Tidak
disangka-sangka
c. Halal dan Baik
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru
- Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru :
· Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan projek Dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
· Memberikan penghargaan sebuah nilai yang terbaik kepada menghafal dan hafal dengan baik
· Mengagendakan pekerjaan rumah
· Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar