أَهْلًا وَسَهْلًا MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM أُمِّيّ Peni Nopitasari,S.Pd.I Pendidikan Agama Islam: KAMIS, 5 SEPTEMBER 2019 MATERI AJR KELAS 2 PRAKTEK

Rabu, 04 September 2019

KAMIS, 5 SEPTEMBER 2019 MATERI AJR KELAS 2 PRAKTEK

MATERI AJAR

MATA PELAJARAN          : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KELAS/SEMESTER           : II/SATU
ALOKASI WAKTU             : PERTEMUAN KE 1
TAHUN PELAJARAN        : 2019/2020
TANGGAL                             :5  SEPTEBER 2019
GURU                                    : Peni Nopitasari,S.Pd.I
TEMA                                     ALLAH MAHA PENCIPTA

Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
1) Pembelajaran dimulai dengan guru mengucapkan salam dan berdoabersama.
2) Memeriksa kehadiran, kerapihan berpakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
3) Menyapa peserta didik dengan ramah.
4) Menyampaikan tujuan pembelajaran
Apersepsi
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya. Mengetahui tujuan dari pembelajaran ini yaitu : 
Peserta didik mampu melakukan hal-hal sebagai berikut:
a. Menyebutkan bukti kebesaran ciptaan Allah Swt. dengan benar.
b.  Menyebutkan cara memanfaatkan ciptaan Allah Swt. dengan benar.
c.  Menjelaskan bukti kebesaran ciptaan Allah Swt. dengan benar.
d.  Bersyukur atas makhluk ciptaan Allah Swt. yang Maha Penciptadengan benar.
e.  Membiasakan bersyukur atas pemberian Allah Swt. dengan benar.


  • Pertemuan ke 1
1)  Peserta didik mengamati gambar/ilustrasi tentang kebesaran ciptaanAllah Swt. di dalam kelas atau pun di luar kelas dan di dalam buku teks dan guru memberikan petunjuk secara teknis proses observasi.
2)  Peserta didik diberi kesempatan bertanya tentang hal yang telah diamatinya,   apabila   mengalami   kesulitan   guru   memberikan bimbingan dan panduan (stimulus) agar peserta didik mencari tahu dengan cara menanya.
3) Pertanyaan peserta didik yang diharapkan tidak saja apa atau siapa, tetapi mengapa dan bagaimana. 
4)  Pertanyaan peserta didik diinventarisir guru.
5)  Selanjutnya secara individu maupun berkelompok diadakan diskusi untuk menanggapi dan menjawab beberapa pertanyaan.
6)  Proses  mendapatkan  tanggapan  dan  jawaban  atau  pelaksanaan diskusi difasilitasi oleh guru sehingga berjalan dengan baik.
7)  Peserta  didik  mengemukakan  isi  gambar  tersebut,  baik  secara individu maupun hasil kerja kelompok.
8)  Peserta didik atau kelompok lain menanggapi beberapa pendapatnya.
9)  Salah  satu  peserta  didik  atau  perwakilan  kelompok  diminta menyimpulkan maksud isi gambar tersebut.
10) Peserta didik diberi penjelasan tambahan dan penguatan tentang maksud gambar tersebut.
11) Selanjutnya  peserta  didik  menyimak  penjelasan  guru  tentang beberapa bukti ciptaan Allah Swt. sesuai konteks masalah yang telah dikemukakan.
12) Dari  hasil  menyimak  paparan  tersebut,  peserta  didik  diberikan kesempatan untuk bertanya baik secara individu maupun secara berkelompok.
13) Peserta didik membuat rumusan yaitu mengaitkan makna ciptaan Allah dengan persoalan kehidupan nyata sehari-hari (kontekstual).
14) Menyampaikan hasil diskusi baik secara individu maupun perwakilan kelompok dan menyampaikan kesimpulannya.
15) Peserta didik bernyanyi baris per baris lagu Allah Maha Pencipta.
16) Pada rubrik “Sikapku”, guru meminta peserta didik bersama-sama 

mengagumi  ciptaan  Allah  dengan  mengucapkan “Subhānallāh walhamdulillāh walāilaha illallāh wallāhu akbar”.

17) Pada rubrik   “Ayo Kerjakan”
a)  Peserta didik secara bergiliran menyebutkan sebanyak-banyaknya ciptaan Allah.
b) Lakukan secara bergantian dengan teman sebangku atau teman lainnya.


















18) Pada rubrik “Insya Allah Aku Bisa” guru membimbing peserta didik untuk memberikan tanda (√) pada rubrik ‘ya’ atau ‘tidak’.




 Penilaian
Pertemuan ke 1
Guru melakukan penilaian terhadap peserta didik dalam kegiatan individu menjawab pertanyaan pada rubrik “Ayo Berlatih”

Penskoran
Benar dan lengkap                                =   4
Menjawab benar kurang lengkap          =   3
Menjawab benar kurang tepat              =   2
Menjawab tapi salah                             =   1
Kunci jawaban
Kunci jawaban ini dapat dikembangkan guru. Maksudnya dimungkinkan siswa menjawab dengan jawaban lain. Apabila jawabannya benar (tidak bergantung pada bacaan yang ada) maka skornya tetap benar.
Nama siswa: …………………………………..
Kunci Jawaban
Skor
1. Allah
1- 4
2. menciptakan
1- 4
Skor maksimum
8
Nilai siswa = (nilai perolehan : 8) x 10 atau 100
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru 
  • Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru :   
·           Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek Dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
·           Memberikan penghargaan sebuah nilai yang terbaik kepada menghafal dan hafal dengan baik
·             Mengagendakan pekerjaan rumah
·            Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jum'at Materi Ajar Praktek Agama kelas 3

  Hari/Tanggal   :   Jum'at 22 November  2024 Tema                 :    Praktek Wudhu Kelas                 :    3 Tujuan Pembelajaran :...