MATERI AJAR
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KELAS/SEMESTER : II/SATU
ALOKASI WAKTU : PERTEMUAN KE 1
TAHUN PELAJARAN : 2019/2020
TANGGAL :5 SEPTEBER 2019
GURU : Peni Nopitasari,S.Pd.I
TEMA : ALLAH MAHA PENCIPTA
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
1) Pembelajaran dimulai dengan guru mengucapkan salam dan berdoabersama.
2) Memeriksa kehadiran, kerapihan berpakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
3) Menyapa peserta didik dengan ramah.
4) Menyampaikan tujuan pembelajaran
Apersepsi
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya. Mengetahui tujuan dari pembelajaran ini yaitu :
Peserta didik mampu melakukan hal-hal sebagai berikut:
a. Menyebutkan bukti kebesaran ciptaan Allah Swt. dengan benar.
b. Menyebutkan cara memanfaatkan ciptaan Allah Swt. dengan benar.
c. Menjelaskan bukti kebesaran ciptaan Allah Swt. dengan benar.
d. Bersyukur atas makhluk ciptaan Allah Swt. yang Maha Penciptadengan benar.
e. Membiasakan bersyukur atas pemberian Allah Swt. dengan benar.
- Pertemuan ke 1
1) Peserta didik mengamati gambar/ilustrasi tentang kebesaran ciptaanAllah Swt. di dalam kelas atau pun di luar kelas dan di dalam buku teks dan guru memberikan petunjuk secara teknis proses observasi.
2) Peserta didik diberi kesempatan bertanya tentang hal yang telah diamatinya, apabila mengalami kesulitan guru memberikan bimbingan dan panduan (stimulus) agar peserta didik mencari tahu dengan cara menanya.
3) Pertanyaan peserta didik yang diharapkan tidak saja apa atau siapa, tetapi mengapa dan bagaimana.
4) Pertanyaan peserta didik diinventarisir guru.
5) Selanjutnya secara individu maupun berkelompok diadakan diskusi untuk menanggapi dan menjawab beberapa pertanyaan.
6) Proses mendapatkan tanggapan dan jawaban atau pelaksanaan diskusi difasilitasi oleh guru sehingga berjalan dengan baik.
7) Peserta didik mengemukakan isi gambar tersebut, baik secara individu maupun hasil kerja kelompok.
8) Peserta didik atau kelompok lain menanggapi beberapa pendapatnya.
9) Salah satu peserta didik atau perwakilan kelompok diminta menyimpulkan maksud isi gambar tersebut.
10) Peserta didik diberi penjelasan tambahan dan penguatan tentang maksud gambar tersebut.
11) Selanjutnya peserta didik menyimak penjelasan guru tentang beberapa bukti ciptaan Allah Swt. sesuai konteks masalah yang telah dikemukakan.
12) Dari hasil menyimak paparan tersebut, peserta didik diberikan kesempatan untuk bertanya baik secara individu maupun secara berkelompok.
13) Peserta didik membuat rumusan yaitu mengaitkan makna ciptaan Allah dengan persoalan kehidupan nyata sehari-hari (kontekstual).
14) Menyampaikan hasil diskusi baik secara individu maupun perwakilan kelompok dan menyampaikan kesimpulannya.
15) Peserta didik bernyanyi baris per baris lagu Allah Maha Pencipta.
16) Pada rubrik “Sikapku”, guru meminta peserta didik bersama-sama
mengagumi ciptaan Allah dengan mengucapkan “Subhānallāh walhamdulillāh walāilaha illallāh wallāhu akbar”.
17) Pada rubrik “Ayo Kerjakan”
a) Peserta didik secara bergiliran menyebutkan sebanyak-banyaknya ciptaan Allah.
b) Lakukan secara bergantian dengan teman sebangku atau teman lainnya.
18) Pada rubrik “Insya Allah Aku Bisa” guru membimbing peserta didik untuk memberikan tanda (√) pada rubrik ‘ya’ atau ‘tidak’.
Penilaian
Pertemuan ke 1
Guru melakukan penilaian terhadap peserta didik dalam kegiatan individu menjawab pertanyaan pada rubrik “Ayo Berlatih”
Penskoran
Benar dan lengkap = 4
Menjawab benar kurang lengkap = 3
Menjawab benar kurang tepat = 2
Menjawab tapi salah = 1
Kunci jawaban
Kunci jawaban ini dapat dikembangkan guru. Maksudnya dimungkinkan siswa menjawab dengan jawaban lain. Apabila jawabannya benar (tidak bergantung pada bacaan yang ada) maka skornya tetap benar.
Nama siswa: …………………………………..
Kunci Jawaban
|
Skor
|
1. Allah
|
1- 4
|
2. menciptakan
|
1- 4
|
Skor maksimum
|
8
|
Nilai siswa = (nilai perolehan : 8) x 10 atau 100
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru
- Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru :
· Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan projek Dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
· Memberikan penghargaan sebuah nilai yang terbaik kepada menghafal dan hafal dengan baik
· Mengagendakan pekerjaan rumah
· Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar