أَهْلًا وَسَهْلًا MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM أُمِّيّ Peni Nopitasari,S.Pd.I Pendidikan Agama Islam: KAMIS, 26 SEPTEMBER 2019 MATERI AJAR KELAS V PRAKTEK DI MUSOLA

Kamis, 26 September 2019

KAMIS, 26 SEPTEMBER 2019 MATERI AJAR KELAS V PRAKTEK DI MUSOLA


MATERI AJAR

MATA PELAJARAN          : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KELAS/SEMESTER           : V/SATU
TAHUN PELAJARAN        : 2019/2020
TANGGAL                            : 26 September 2019
ALOKASI WAKTU             : PERTEMUAN KE 5
GURU                                    : Peni Nopitasari,S.Pd.I
TEMA                                    : Mengenal Kitab Suci Melalui Rosul-Nya


 Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran

v  Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v  Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,
-          Perintah Beriman Kepada Kitab-kitab Allah Swt.
v  Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v  Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v  Apabila materi/tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik,Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran   mengamati, menanya, mengeksplorasi, menganalisis dan mengkomunikasikan peserta didik diharapkan dapat:
·         Mencermati nama-nama Kitab Allah dan para rasul
·         Memahami makna adanya kitab-kitab suci melalui rasul-rasul-Nya
·         Memahami makna diturunkannya kitab-kitab suci melalui rasul-rasul-Nya sebagai implementasi rukun iman
·         Memahami makna implementasi rukun iman
·          
Karakter siswa yang diharapkan :             Religius
                                                                         Nasionalis
                                                                        Mandiri
                                                                        Gotong-royong
                                                                        Integritas
Pemberian Acuan
v  Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu
AKTIVITAS

PRAKTIK BACA TULIS AL QUR AN

PRAKTIK SHALAT

A.     Materi Pembelajaran
1.      Fakta:
ª  Kitab Taurat diturunkan kepada Nabi Musa a.s.
ª  Kitab Zabur diturunkan kepada Nabi Dāwūd a.s.
ª  Kitab Injil diturunkan kepada Nabi isā a.s.
ª  Kitab al-Qur’ān mulai diturunkan kepada Nabi Muhammad saw
ª  Al-Qur’ān terdiri dari 114 surah, terbagi dalam 30 juz dan 6666 ayat. al-Qur’āndiwahyukan selama 22 tahun 2 bulan dan 22 hari.
2.      Konsep
ª  al-Qur’ān menyempurnakan seluruh hukum-hukum Allah Swt. yang terdapat dalam kitab-kitab yang diturunkan sebelumnya.
3.      Prinsip
ª  Ia diturunkan untuk seluruh umat manusia sebagai rahmat bagi semesta alam atau disebut juga Rahmatan lil‘Ālam³n.
4.      Prosedur
ª  Menjelaskan makna diturunkannya kitab-kitab suci melalui rasul-rasul-Nya sebagai implementasi rukun iman

Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
Mengamati
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
-          Nama-nama Kitab Allah Swt.
-          Kitab Allah Swt. Membawa  Ajaran Terpuji
dengan cara :
v  Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini
-          Nama-nama Kitab Allah Swt.
-          Kitab Allah Swt. Membawa  Ajaran Terpuji
·         Gambar 2.4 Gambar anak sedang melakukan ibadah salat




·         Gambar 2.5 Gambar sedang berdoa kepada Allah Swt. Dengan mengangkat tangan

PRAKTEK SHOLAT






PERHATIKAN GERAKAN SHALAT BERIKUT !









Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru 
  • Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru :   
·           Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek Dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
·           Memberikan penghargaan sebuah nilai yang terbaik kepada menghafal dan hafal dengan baik
·             Mengagendakan pekerjaan rumah

·            Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jum'at Materi Ajar Praktek Agama kelas 3

  Hari/Tanggal   :   Jum'at 22 November  2024 Tema                 :    Praktek Wudhu Kelas                 :    3 Tujuan Pembelajaran :...