MATERI AJAR
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KELAS/SEMESTER : V/SATU
TAHUN PELAJARAN : 2019/2020
TANGGAL : 26 September 2019
ALOKASI WAKTU : PERTEMUAN KE 5
GURU : Peni Nopitasari,S.Pd.I
TEMA : Mengenal Kitab Suci Melalui Rosul-Nya
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,
- Perintah Beriman Kepada Kitab-kitab Allah Swt.
v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik,Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran mengamati, menanya, mengeksplorasi, menganalisis dan mengkomunikasikan peserta didik diharapkan dapat:
· Mencermati nama-nama Kitab Allah dan para rasul
· Memahami makna adanya kitab-kitab suci melalui rasul-rasul-Nya
· Memahami makna diturunkannya kitab-kitab suci melalui rasul-rasul-Nya sebagai implementasi rukun iman
· Memahami makna implementasi rukun iman
·
Karakter siswa yang diharapkan : Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong-royong
Integritas
Pemberian Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu
AKTIVITAS
PRAKTIK BACA TULIS AL QUR AN
PRAKTIK SHALAT
A. Materi Pembelajaran
1. Fakta:
ª Kitab Taurat diturunkan kepada Nabi Musa a.s.
ª Kitab Zabur diturunkan kepada Nabi Dāwūd a.s.
ª Kitab Injil diturunkan kepada Nabi isā a.s.
ª Kitab al-Qur’ān mulai diturunkan kepada Nabi Muhammad saw
ª Al-Qur’ān terdiri dari 114 surah, terbagi dalam 30 juz dan 6666 ayat. al-Qur’āndiwahyukan selama 22 tahun 2 bulan dan 22 hari.
2. Konsep
ª al-Qur’ān menyempurnakan seluruh hukum-hukum Allah Swt. yang terdapat dalam kitab-kitab yang diturunkan sebelumnya.
3. Prinsip
ª Ia diturunkan untuk seluruh umat manusia sebagai rahmat bagi semesta alam atau disebut juga Rahmatan lil‘Ālam³n.
4. Prosedur
ª Menjelaskan makna diturunkannya kitab-kitab suci melalui rasul-rasul-Nya sebagai implementasi rukun iman
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
Mengamati
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
- Nama-nama Kitab Allah Swt.
- Kitab Allah Swt. Membawa Ajaran Terpuji
dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini
- Nama-nama Kitab Allah Swt.
- Kitab Allah Swt. Membawa Ajaran Terpuji
· Gambar 2.4 Gambar anak sedang melakukan ibadah salat
· Gambar 2.5 Gambar sedang berdoa kepada Allah Swt. Dengan mengangkat tangan
PRAKTEK SHOLAT
PERHATIKAN GERAKAN SHALAT BERIKUT !
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru
- Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru :
· Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang
selesai mengerjakan projek Dengan benar diberi paraf serta diberi nomor
urut peringkat, untuk penilaian projek.
· Memberikan penghargaan sebuah nilai yang terbaik kepada menghafal dan hafal dengan baik
· Mengagendakan pekerjaan rumah
· Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar