MATERI AJAR
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KELAS/SEMESTER : II/SATU
ALOKASI WAKTU : PERTEMUAN KE 3
TAHUN PELAJARAN :2019/2020
TANGGAL : 8 AGUSTUS 2019
GURU : Peni Nopitasari,S.Pd.I
TEMA : KETELADANAN NABI MUHAMMAD SAW
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
v Sebelum memulai pelajaran, guru mengajak peserta didik untuk bernyanyi bersama yang ada pada buku siswa, guru juga bisa mengajak peserta didik menyanyikan lagu KEJUJURAN NABI MUHAMMAD SAW dan lagu lain yang sesuai dengan tema pelajaran.
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran
Apersepsi
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya. Mengetahui tujuan dari pembelajaran ini yaitu :
Peserta didik mampu:
- Berperilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari
- Menyebutkan sikap jujur Nabi Muhammad saw dengan benar
- Menunjukkan sikap jujur dengan benar
Nabi Muhammad saw. teladan bagi seluruh umat manusia.
Nabi Muhammad saw. terkenal jujur
dalam setiap perkataan dan perbuatannya.
Dengan kejujurannya, beliau mendapat gelar al-Amīn.
Sejak kecil, Nabi Muhammad saw memiliki sifat jujur. Beliau dikenal sebagai pedagang yang jujur, juga sebagai pemimpin yang jujur.
Nabi Muhammad saw. menyuruh kita
selalu bersikap jujur.
Jujur kepada Allah, kepada diri sendiri, kepada orang tua, guru, dan semua orang .
AKTIVITAS
Hari ini PRAKTEK di mushola,
dengan praktek :
SHALAWAT KISAH ROSUL
PRAKTEK WUDHU
MENGHAFAL DOA-DOA SEHARI-HARI
PRAKTEK BACAAN SHALAT
PRAKTEK GERAKAN SHALAT
dengan praktek :
SHALAWAT KISAH ROSUL
PRAKTEK WUDHU
MENGHAFAL DOA-DOA SEHARI-HARI
PRAKTEK BACAAN SHALAT
PRAKTEK GERAKAN SHALAT
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berprilaku terpuji berperilaku jujur, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat rangkuman/simpulan pelajaran. tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
- Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
- Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
- Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar